pandauan gimana cara membuat video streaming


Tutorial ini mencakup berbagai jenis video streaming di internet dan memperkenalkan dua metode utama dari video streaming: Streaming server (benar streaming) dan streaming HTTP. Tutorial ini cocok untuk orang yang terbiasa dengan konsep dasar video digital, dan yang memahami bagaimana situs web bekerja (lihat kami video tutorial dan tutorial internet untuk informasi lebih lanjut).Ketika membuat video streaming, ada dua hal yang perlu Anda mengerti: File format video dan metode streaming.

Format Berkas

Ada banyak format file video untuk memilih dari saat membuat video stream. Format yang paling umum adalah:
  1. Windows Media
  2. RealMedia
  3. Quicktime
  4. MPEG (khususnya MPEG-4)
  5. Adobe Flash
  6. Ada pro dan kontra untuk setiap format tetapi pada akhirnya turun ke preferensi pribadi. Sadarilah bahwa banyak pengguna Anda akan memiliki preferensi mereka sendiri dan beberapa pengguna hanya akan menggunakan format tertentu, jadi jika Anda ingin mencapai khalayak seluas mungkin Anda harus membuat file terpisah untuk setiap format. Pada kenyataannya hal ini tidak biasanya praktis sehingga Anda perlu membuat panggilan penilaian yang format untuk menyediakan.Jelas semakin baik Anda memahami semua pilihan, semakin baik keputusan Anda adalah mungkin.
Pada tahap ini kita tidak akan terlalu khawatir tentang format individu (kita akan kembali kepada mereka dalam format yang tutorial).

Streaming Metode

Ada dua cara untuk melihat media di internet (seperti video, audio, animasi, dll): Men-download dan streaming.

Men-download

Bila Anda men-download file seluruh file disimpan pada komputer Anda (biasanya di folder sementara), yang kemudian membuka dan melihat. Ini memiliki beberapa keuntungan (seperti akses cepat ke berbagai bagian file) tetapi memiliki kelemahan besar harus menunggu seluruh file untuk men-download sebelum semua itu dapat dilihat. Jika file yang cukup kecil ini mungkin tidak terlalu banyak merepotkan, tapi untuk file presentasi besar dan panjang itu bisa sangat tidak menyenangkan.
Cara termudah untuk memberikan file video didownload adalah dengan menggunakan hyperlink sederhana untuk file. Sebuah metode yang sedikit lebih maju adalah untuk menanamkan file dalam sebuah halaman web menggunakan kode HTML khusus.
Menyampaikan file video dengan cara ini dikenal sebagai HTTP streaming atau pengiriman HTTP. HTTP berarti Hyper Teks Transfer Protocol, dan merupakan protokol yang sama digunakan untuk mengirimkan halaman web. Untuk alasan ini sangat mudah untuk membuat dan digunakan pada hampir setiap situs web, tanpa memerlukan software tambahan atau paket hosting khusus.
Catatan: Ini bukan teknis "true" streaming video - yang terbaik yang bisa lakukan adalah imitasi dilalui.

Streaming

Media streaming bekerja sedikit berbeda - pengguna akhir dapat mulai menonton file segera setelah ia mulai men-download. Akibatnya, file tersebut akan dikirim ke pengguna dalam aliran (lebih kurang) konstan, dan pengguna jam tangan itu setelah diterima. Keuntungan yang jelas dengan metode ini adalah bahwa menunggu tidak ada yang terlibat. Media streaming memiliki keuntungan tambahan seperti mampu untuk menyiarkan acara live (kadang-kadang disebut sebagai webcast ataunetcast).
Streaming video yang benar harus disampaikan dari streaming server khusus.

Men-download progresif

Ada juga metode hibrida dikenal sebagai download progresif. Dalam metode ini klip video-download tapi mulai bermain segera sebagai bagian dari file telah diterima.Ini mensimulasikan benar streaming, tetapi tidak memiliki semua keuntungan.

Yang Metode untuk Gunakan?

Metode yang Anda pilih akan bergantung pada situasi Anda, tetapi kebanyakan orang akan memilih untuk HTTP streaming (download atau progresif). Ini adalah cara termudah dan termurah untuk memulai. Jika perlu Anda dapat meng-upgrade ke streaming server kemudian.
Namun, Anda akan ingin memahami kedua pilihan sehingga dua halaman berikutnya dari tampilan tutorial di masing-masing secara rinci sedikit lebih. Setelah itu kita akan berbicara tentang bagaimana untuk membuat file video yang sebenarnya.

3 komentar

Tidak sesuai judul.
mana caranya?

oon.... radonk sek nulis

Untuk cara membuat video streaming yang mudah, cepat dan tepat bisa dilihat disini : http://www.arie.pro/blog/cara-membuat-video-streaming-untuk-website-dan-blog/