gunung tertinggi di indonesia dunia jawa amerika afrika

di indonesia
Gunung Jaya/Ngapulu mempunyai ketinggian sekitar 5.030 meter,  dan terletak di Papua.
Puncak ini pernah dinamai Poentjak Soekarno dan merupakan gunung yang tertinggi di Oceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia.
Nama-nama/ejaan lain:
  1. Nemangkawi
  2. Ngga Pulu ("Ngga" berarti gunung)
  3. Gunung Carstensz
  4. Piramida Carstensz
  5. Puncak Carstensz
  6. Puncak Jayadikesuma
  7. Puncak Piramida Carstensz
  8. Ndugundugu
di jawa .
Gunung Semeru atau dikenal juga dengan nama Mahameru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa terletak 7°51’ – 8°11’ LS, 112°47’ – 113°10’ BT dan merupakan salah satu gunung berapi teraktif yang ada di Indonesia.


Salah satu keunikan dari gunung ini ialah kawahnya selalu mengeluarkan letupan secara berkala setiap 15 – 20 menit sekali, menimbulkan kepulan asap abu bahkan kadang - kadang bercampur batu kerikil ke udara. Jalur pendakiannya yang sering dilalui adalah Ranupani. 

di benua amerika  
 Gunung Aconcagua (6.900 mdpl). 

Gunung ini merupakan gunung tertinggi yang ada di benua Amerika.


Letak persisnya sekitar 15 km dari perbatasan dengan Chile atau sekitar 75 km arah timur laut dari Santiago, ibukota Chile. Di sekeliling gunung ini terdapat "Aconcagua Provincial Park" dan di puncak gunung terdapat salju abadi yang sangat luas terbentang sekitar 10 km.

Tertarik mendengar nama Gunung Aconcagua yang terkenal dan menjadi idaman para pendaki gunung untuk mengunjunginya, Dubes RI untuk Argentina SZ Manurung beserta Ibu Herawaty Manurung tergoda untuk melihat dari dekat gunung ini. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, demikian kata pepatah. Karena mendapat undangan dari Gubernur Mendoza untuk menghadiri Festival Anggur, maka kunjungan ke Mendoza dipakai juga untuk mendaki gunung Aconcagua

di afrika .
everest.
Inilah gunung paling tinggi di dunia, dengan ketinggian 8.848 Meter. Dengan membentuk salah satu pegunungan Himalaya di daerah antara Tibet dan Nepal sebelah utaranya India. Everest selalu menjadi acuan pendakian bagi para pendaki senior termasuk Norman Edwin kala itu.

Tinggi Everest juga sering menjadi perdebatan di dunia, karena bermunculan teori - teori tentang ketinggian, tetapi yang resmi dari India, ketinggian Everest adalah 8.848 mdpl.
Tetapi tetap kabar tentang tinggi Everest ada saingannya pasti muncul, seperti artikel lalu yang menulis tentang ternyata Everest bukan gunung tertinggi , ya itu sah saja karena tak ada yang giat mengukur pakai penggaris sendirian ke Everest! Nama gunung ini diambil dari nama seorang peneliti berkebangsaan Inggris Sir George Everest yang hidup pada tahun 1790 – 1866. 

Penduduk Tibet menyebut gunung ini dengan sebutan Gunung Chomolungma yang berarti “Dewi Bumi”, sedangkan orang Nepal menyebutnya dengan nama Gunung Sagarmatha. Banyak pendaki yang telah mencoba untuk menaklukkan Gunung Everest ini, dimulai sejak pertama kali orang Inggris melihatnya pada tahun 1953. Kombinasi antara longsoran salju, retakan tanah yang tertutup salju, angin kencang ditambah dengan kecuraman dan udara yang sangat tipis, semakin mempersulit para pendaki. 

 Pada tanggal 29 mei 1953, Sir Edmund Hillary dari New Zealand dan Tenzing Norgay seorang penduduk asli Nepal, menjadi orang pertama yang berhasil mencapai puncak.

Tidak ada komentar