cara memperkenalkan diri dalam bahasa mandarin

Belajar bahasa Mandarin itu sama pentingnya dengan belajar bahasa lain, yaitu bisa anda jadikan sebagai investasi di masa depan. Perkembangan ekonomi di china yang semakin meningkat tajam adalah salah satu alasan kenapa semakin banyak orang tertarik untuk belajar bahasa Mandarin dan mendalaminya.

Akan tetapi, diawal akan selalu muncul sebuah pertanyaan dipikiran mereka apakah belajar bahasa Mandarin itu hal yang sulit? Semua ini pun tergantung cara pikir orangnya masing-masing.

Mereka yang menganggap belajar bahasa Mandarin itu adalah hal yang mudah dan menyenangkan akan dapat dengan cepat mendalaminya. Sebaliknya mereka yang berpikiran belajar bahasa Mandarin itu adalah hal yang sangat sulit, dengan pastinya akan terasa sulit dan akan mudah putus asa disaat mendapat sedikit kesulitan. Untuk itu diperlukan strategi khusus agar dapat dengan mudah belajar bahasa Mandarin dan mendalaminya.


ingin tau cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang ?
Silahkan anda perhatikan 3 kalimat berikut ;

    Hajimemashite はじめまして
    Watashi wa hana desu  私は hana です
    Yoroshiku onegaishimasu よろしくおねがいします

Mari kita bahas satu persatu, kalimat pertama saya tulis hajimemashite, atau  はじめまして , banyak yang mengartikan kalimat ini seperti "how do you do" dalam bahasa Inggris, namun saya lebih menganggap kalimat ini berarti "salam kenal", kita ucapkan di awal perkenalan, atau jika lawan bicara anda yang pertama mengucapkannya, maka anda bisa menjawabnya dengan kalimat "hajimemashite" juga.

Pada kalimat ke dua, saya tulis watashi wa(ha) hana desu, 私は hana です , , berikut urutan arti dari kalimat tersebut ;
watashi  私 = saya
wa (ha)  は = partikel wa, dalam hal ini bisa berarti "adalah" atau "is" dalam bahasa Inggris, penjelasan lengkapnya akan saya tulis di artikel mengenai partikel wa.
hana desu hanaです = dalam kalimat ini saya menjelaskan bahwa nama saya adalah hana, untuk orang non Jepang, menulis nama harus menggunakan huruf katakana, walaupun kalimat sebelum dan atau sesudahnya menggunakan huruf hiragana ataupun kanji.
Kata desu sendiri tidak mempunyai arti, namun hanya merupakan partikel yang biasanya digunakan untuk memperlihatkan kesopanan, dan selalu berada di akhir kalimat mengikuti subjek, kata benda, kata kerja, ataupun kata sifat, baik itu kata sifat na maupun kata sifat i.

Yoroshiku onegaishimasu よろしくおねがいします , mempunyai arti "senang bertemu dengan anda" atau "nice to meet you". Jika anda membutuhkan kalimat yang lebih sopan, misalnya saat menghadapi atasan atau pejabat, maka gunakan tambahan douzo, menjadi Douzo yoroshiku onegaishimasu,どうぞよろしくおねがいします

Maka kalimat di atas,
Hajimemashite, watashi wa hana desu, yoroshiku onegaishimasu. berarti,
salam kenal, nama saya hana, senang berkenalan dengan anda.

Mudah bukan cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang ?


pertanyaan yang sering muncul ketika anda sedang mau memperkenalkan diri :

请问您贵姓?* Qǐng wèn nín guì xìng ? : Apa marga anda?

你叫什么名字?nǐ jiào shénme míngzì? : Siapakah nama kamu?

我叫 Wǒ jiào………. : Nama saya………………

认识你,我很高兴 Rènshí nǐ wǒ hěn gāoxìng : Senang berkenalan dengan kamu

我怎么称呼您?* Wǒ zěnme chēnghū nín? : Bagaimana saya harus memanggil anda (siapa nama anda?)

他是谁? Tā shì shéi ? : Siapakah dia?

我来介绍一下儿 Wǒ lái jièshào yī xiàr : Saya perkenalkan
Catatan :

*请问您贵姓?(Qǐng wèn nín guì xìng) merupakan kalimat yang sangat sopan dan penuh penghormatan untuk menanyakan marga seseorang. Kata贵(guì) dalam kalimat ini berarti menandakan sesuatu yang mahal, berharga, dan sangat terhormat. Untuk menjawab kalimat ini adalah dengan langsung mengatakan我姓……..( wǒ xìng……).

*我怎么称呼您? (Wǒ zěnme chēnghū nín?) adalah kalimat yang sangat sopan dan formal untuk menanyakan nama seseorang. Kalimat ini biasa digunakan untuk menyanyakan nama seseorang yang belum dikenal sebelumnya, seperti menanyakan nama rekan sekerja, atau rekan bisnis. 你叫什么名字?(nǐ jiào shénme míngzì?) adalah kalimat untuk menanyakan nama seseorang namun tingkatannya tidak terlalu formal. Kalimat ini digunakan untuk menanyakan nama kepada orang yang lebih muda atau teman sebaya. Dalam percakapan sehari-hari, kalimat你叫什么名字?(nǐ jiào shénme míngzì?) dapat disingkat menjadi 你叫什么? (nǐ jiào shénme?), jawaban kalimat ini adalah我叫+nama (Wǒ jiào+nama).
demikian cara memperkenalkan diri dalam bahasa mandarin untuk anda semoga bermaknya by admin
+rinaldhie purba siboro +Rinal Purba .

Tidak ada komentar