memperkuat daya ingat otak

Tips mempertajam daya ingat otak anda :
   1. Disela-seka padatnya aktivitas anda, usahakan melakukan senam otak. Senam otak dapat dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan yang anda harus jawab sendiri. Seperti, menyebutkan 10 barang yang ada di dapur, 10 barang yang ada di ruang kerja atau ruang sekolah, atau pertanyaan lainnya.
   2. Seperti tubuh, otak juga membutuhkan nutrisi atau makanan untuk daya ingat yang lebih baik. Jenis makanan yang baik untuk nutrisi atau makanan otak yaitu sayuran yang berwarna hijau (Bayam dan sayuran yang berwarna hijau lainnya) serta ikan (dalam hal ini ikan tuna dan ikan salmon).
   3. Semua organ tubuh kita tidak terkecuali otak memerlukan air untuk menunjang kinerjanya agar lebih optimal. Dalam  hal ini, minum air putih yang cukup merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk mempertajam daya ingat otak anda. Idealnya kita harus minum air putih 8 gelas air putih setiap harinya.
   4. Usahakan mengistirahatkan otak anda ketika sudah bekerja seharian. Tidur merupakan cara yang paling efektif untuk mengistirahatkan otak dan pikiran anda. Agar saat bangun, otak lebih fresh serta mampu bekerja optimal dalam membantu aktivias kita sehari-hari yang sangat membutuhkan kerja otak disamping fisik kita. Dengan istirahat atau tidur dapat mempertajam daya ingat otak kita.
   5. Bagi anda yang melakukan aktivitas yang sangat membutuhkan daya ingat otak anda. Ada baiknya, ada mengistirahatkan otak anda selama beberapa menit. Agar otak anda lebih fresh lagi dalam mengingat berbagai hal dalam pekerjaaan anda.
   6. Mengisi kata-kata yang tersembunyi di teka-teki silang merupakan cara yang sangat ampuh untuk melatih mempertajam daya ingat otak anda.
   7. Berusaha mengingat kenangan masa lalu yang indah merupakan salah satu tips mempertajam daya ingat otak anda. Seperti kenangan dengan teman-teman anda waktu disekolah maupun di bangku kuliah maupun kenangan indah lainnya.
   8. Usahakan mengolahragakan tubuh anda setiap pagi. Karena olahraga sangat baik untuk kesehatan dan memperlancar peredaran darah di tubuh termasuk otak anda. Sehingga akan mampu mempertajam daya ingat otak anda.

baca juga :http://tutorialterkini.blogspot.com/2013/02/memperkut-daya-ingat-pikir-otak-anak.html

tips lainya :

TERAPI GELOMBANG OTAK UNTUK KECERDASAN
Anda harus mampu bersaing. Anda harus mempunyai keahlian yang tidak banyak orang mempunyai keahlian seperti keahlian Anda. Dalam dunia yang kompetitif dan global ini, banyak orang dapat melakukan pekerjaan yang Anda lakukan, karena itu, Anda harus mampu bersaing, berbuat sesuatu yang menjadikan Anda di atas dalam persaingan pendidikan atau pekerjaan Anda. Salah satu cara untuk membedakan diri dari orang lain adalah melalui peningkatan kecerdasan Anda. Bayangkan apa yang dapat Anda lakukan dengan IQ yang lebih tinggi: mendapatkan nilai yang lebih baik, pergi ke sebuah universitas yang lebih baik, mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, dipromosikan lebih cepat, dll. Dalam artikel ini, saya ingin memberi tahu Anda cara mudah untuk meningkatkan kecerdasan Anda dengan bantuan Terapi Gelombang Otak, suara terapi kusus untuk meningkatkan kecerdasan Anda.\
Perlu dicatat bahwa IQ adalah dinamis tidak statis. Skor pada tes IQ dapat berfluktuasi berdasarkan pada banyak faktor: kesehatan umum, tingkat stres, kecemasan, kondisi seperti Hiperaktif atau ADD atau ADHD, keteraturan tidur, dll. Bahkan lebih dari itu, studi terbaru menunjukkan bahwa banyak IQ dapat meningkat secara signifikan dengan menggunakan metode pengobatan/terapi tertentu. Dengan kata lain, Anda benar-benar dapat meningkatkan tingkat IQ Anda.
Salah satu cara untuk meningkatkan IQ adalah dengan Terapi Gelombang Otak dengan pengaturan/modulasi kusus, kombinasi antara Alpha, SMR dan Low Beta. Efek yang dihasilkan dari terapi ini dapat MENINGKATKAN KECERDASAN Anda, DAN BANYAK LAGI FUNGSI LAINNYA. Bahkan, sesi ini bertindak seperti "latihan mental", meningkatkan dan mempercepat aktivitas listrik dan aliran darah ke otak.
Melakukan Terapi Gelombang Otak adalah mudah dan benar-benar terjangkau. Cukup mendengarkan audio yang dirancang untuk meningkatkan kecerdasan dalam format MP3 dan WAV  dalam suasana santai.
Perhatikan bahwa waktu pertama penggunaan Anda bisa mendapatkan sakit kepala ringan karena Terapi Gelombang Otak meningkatkan aliran darah dan metabolisme.

TERAPI GELOMBANG OTAK UNTUK KONSENTRASI/FOKUS

Dalam dunia modern ada banyak gangguan dan tekanan, dalam bisnis dan kesenangan, yang menyebabkan kita kadang-kadang kehilangan konsentrasi dan fokus. Ketika pikiran penuh kekhawatiran kita merasa terganggu, kita menjadi lebih sulit untuk fokus pada apa yang harus kita lakukan. Bahkan di waktu senggang, kehawatiran ini dapat menyebabkan kesulitan karena dapat menempatkan kita dalam bahaya, dan lebih kacaunya lagi, jam kerja kita menjadi tidak efisien.
Banyak orang mengalami kesulitan berkonsentrasi. Ini tidak mengherankan dalam dunia modern yang serba cepat ini. Banyak tugan yang mengantri tiap harinya. Mempertahankan fokus sepanjang hari hampir tidak mungkin, tetapi jika Anda menjadi lebih waspada terhadap faktor-faktor yang menyebabkan Anda kehilangan fokus, Anda dapat mempertahankan fokus/konsentrasi dalam waktu yang lama.

Coba Anda perhatikan hal-hal yang menyebabkan hilangnya fokus berikut. Faktor yang mempengaruhi fokus dan konsentrasi antara lain adalah:\
1.     Suara-suara mengganggu di sekitar Anda.
2.     Kesehatan Anda
3.     Kondisi tubuh dan pikiran Anda,seperti kekhawatiran dan kecemasan
4.     Bosan dan lelah
5.     Stress
6.     Pengaruh obat
7.     Faktor-faktor lingkungan

Untuk menjadi sukses dalam pekerjaan Anda, Anda harus mampu untuk  fokus pada tugas. Anda harus mampu tetap fokus pada apa yang ada kerjakan walaupun banyak tugas-tugas lainnya yang mengantri. Ketika dunia menjadi lebih teknis, ada tuntutan lebih bagi Anda untuk tetap fokus. Agar bisa melakukan ini, Anda harus melihat pada hal yang dapat Anda kontrol dan mencoba untuk tidak terpengaruh oleh orang-orang dan faktor lain yang di luar kendali Anda.



BERILAH OKSIGEN LEBIH UNTUK OTAK

Berjalan-jalan, atau latihan kardio lainnya selama 30 menit setidaknya lima hari dalam seminggu dapat meningkatkan aliran darah yang membantu memperbaiki fungsi otak. Cobalah untuk melakukan peregangan begitu bangun di pagi hari, kemudian duduklah di tepi tempat tidur dan angkat lutut ke dada beberapa kali, kemudian lakukan latihan kardio atau berjalan selama 15-20 menit. Memulai hari dengan cara ini akan membuat darah beredar dengan baik, menghilangkan perasaan berkabut, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan energi untuk memulai hari.

Saat sedang berolahraga dan bahkan ketika sedang tidak berolahraga, aturlah pola pernapasan. Pastikan untuk mengambil napas yang penuh dan dalam untuk meningkatkan aliran oksigen dan darah yang merangsang fungsi otak. Jika memungkinkan, lakukan meditasi, yoga, Tai chi atau Qi gong pernapasan dan latihan gerakan lainnya.

“MENGINGAT” MEMBANTU MENINGKATKAN DAYA INGAT

Otak berlaku seperti otot, jika jarang digunakan, maka akan melemah dari waktu ke waktu dan menurunkan fungsinya. Latihlah otak dengan menghafal lagu, puisi, do’a, atau satu bagian dari buku.

Mengingat kembali kenangan masa lalu, orang-orang, serta kejadian di masa lalu akan memperkuat kinerja daya ingat.Sering membaca, mengerjakan matematika, dan memecahkan teka-teki, seperti teka-teki silang dan sudoku, bermain kubus rubik, dan puzzle dapat juga dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.

Rajin-rajinlah mengambil gambaran secara visual memori,  seperti mengingat di mana meletakkan kunci, kacamata, memarkir mobil, dll. Pendekatan lainnya adalah melafalkan kepada diri sendiri mengenai rincian seputar hal-hal tersebut untuk meningkatkan kinerja memori.

GUNAKANLAH TANGAN

Coba gunakan pekerjaan tangan untuk meningkatkan fungsi otak, seperti menggunakan tangan non-dominan untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari.Lakukan tugas-tugas yang melibatkan menggunakan jari-jari, seperti kerajinan tangan, menjahit, melukis, permainan tali jari, membangun model, menyusun puzzle. Apa pun yang utamanya melibatkan gerakan jari untuk menyelesaikannya, akan meningkatkan memori otak Anda.

BERI OTAK MAKAN YANG MEMADAI

Makanlah makanan yang meningkatkan daya ingat, seperti ubi jalar, labu, brokoli, kacang okra, kecambah, bayam, wortel, kubis, kacang kedelai, kacang hitam, kacang merah, kacang tanah, biji-bijian, jeruk, aprikot dan beri. Teh hijau juga diketahui dapat menangkal Alzheimers dan meningkatkan fungsi otak.

Gunakan herbal seperti sage, mugwort, rosemary, gingko, ginseng, brahmi, dan goto kola untuk meningkatkan kinerja daya ingat.Suplemen, seperti L-Acetylcarnitine, L-Carnitine, L-theanine, L-glutamin, vitamin E, Omega 3, dan tiamin / Vitamin B-1 juga bermanfaat untuk meningkatkan ingatan otak.

WASPADALAH TERHADAP BAHAN KIMIA YANG DAPAT MENGIKIS INGATAN

Bahan kimia dalam kemasan yang dibuat dari aluminum, plastik, dan teflon diyakini memiliki pengaruh negatif pada kinerja meori serta kesehatan Anda. Pelajari tentang kemasan pada makanan dan minum serta potensi bahaya yang mungkin timbul darinya. Kemudian cari tahu bagaimana untuk mengurangi bahaya tersebut dan kemasan apa saja yang dapat digunakan yang bebas racun (seperti kaca, bambu dan stainless steel) untuk menjaga memori kuat dan tubuh sehat.

Pestisida dan barang yang mengandung formalin ditemukan dalam pelarut, kasur, asap rokok, insulasi busa, papan partikel, dan knalpot mobil juga diyakini memiliki pengaruh negatif pada fungsi otak dan kesehatan.

Tidak ada komentar