rahasia manfaat minyak zaitun bagi kecantikan

Berbagai macam manfaat dan khasiat minyak zaitun bagi kecantikan - Minyak Zaitun atau sering disebut juga dengan Olive oil merupakan buah dari pohon tradisional yang berasal dari basin Mediterania yang bisa digunakan untuk memasak, obat herbal, sabun, maupun sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Selain itu minyak zaitun juga mempunyai kandungan asam lemak baik dan antioksidan yang tinggi yang bisa digunakan untuk kesehatan.

*. Pelembab Kulit. Baik digunakan untuk kulit wajah dan tubuh. Minyak zaitun akan menembus ke dalam jaringan kulit memberikan kelembaban untuk menjaga kulit tetap halus dan kencang. Manfaat minyak zaitun ini bisa digunakan sebagai krim malam atau pelembab setiap hari. Ini adalah bahan alami yang banyak digunakan oleh produk kecantikan, apalagi khasiat minyak zaitun ini tahan lebih lama.

*. Masalah kulit kering. Jika kulit mengalami masalah kekeringan yang parah atau bersisik, disarankan untuk mencampurkan minyak zaitun dengan garam laut lalu digosok ke daerah kulit yang kering. Cara ini berfungsi untuk mengelupas kulit mati dan menyehatkan lapisan kulit bawah. Bisa juga dengan menambahkkan beberapa sendok minyak zaitun dicampur dengan satu atau dua tetes minyak esensial lavender lalu tuang ke dalam bak mandi. Ini adalah cara mewah untuk rileks, menenangkan pikiran sambil melembabkan kulit seluruh tubuh.

* Penyumbur Rambut
Khasiat minyak zaitun bagi rambut dapat menyuburkan rambut sehingga rambut menjadi sehat, hitam dan lebat. Caranya adalah teteskanlah minyak zaitun secukupnya setelah keramas dan bungkuslah rambut dengan handuk selama 20 menit. Setelah itu bilaslah menggunakan air bersih.

* Tangan dan Kuku
Mau mempunyai kulit tangan dan kuku yang lembut ? Pakailah minyak zaitun caranya adalah campurkanlah 1 sendok makan minyak zaitun dengan air hangat dan rendamkan tangan 1 minggu sekali, dan rasakan kulit tangan yang lembut.

* Tubuh
Khasiat minyak zaitun untuk tubuh adalah dapat membuat kulit menjadi lebih cerah alami dan membantu pengelupasan sel-sel kulit mata. Caranya campurkanlah minyak zaitun dengan garam kasar untuk menciptakan scrub alami umtuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat.

Pengurangan Selulit
Menggunakan minyak esensial membantu menyingkirkan selulit dan memperbaiki warna kulit secara keseluruhan. Gunakan minyak esensial dalam bak mandi karena minyak ini dapat bekerja secara osmosis.

Perawatan Rambut
Minyak esensial juga dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Banyak produk yang dibuat secara komersial meninggalkan sisa (residu) pada rambut sehingga rambut nampak kusam. Produk yang biasanya dijual secara bebas mungkin saja mengandung racun seperti phthalates yang merugikan kesehatan rambut.

Perawatan Wajah
Minyak alami membuat kulit berkilau, bercahaya dan sehat secara alami. Selain itu, penggunaan minyak esensial tanpa zat aditif, bahan kimia atau parfum sintetis. Herbal alami dapat membantu memperlambat munculnya keriput dan garis kerutan pada kulit wajah.

Deodoran/Parfum
Hydrosols atau beberapa tetes minyak esensial membuat keseimbangan yang baik dan memberi aroma parfum yang harum. Dengan menggunakan minyak esensial, anda bisa terhindar dari bahan kimia dan tidak kalah efektifnya dari deodoran di pasaran.


Berikut ini ada beberapa cara / tips memanfaatkan minyak zaitun (olive oil) untuk kecantikan:

1. Jika dioleskan ke mahkota kepala, minyak zaitun akan membantu menyuburkan rambut sehingga membuatnya hitam dan lebat.

Hal ini pulalah yang, konon, dipraktikkan oleh Cleopatra di masa lalu. Caranya bisa dicampurkan dengan penggunaan sampo yang biasa dipakai sehari-hari kemudian bilas hingga bersih.

2. Bukan hanya untuk rambut, minyak zaitun pun memberi manfaat tersendiri jika diaplikasikan di wajah, khususnya untuk wajah kering dan mulai berkeriput.

Hal tersebut tak lain karena buah zaitun yang mengandung minyak sebesar 15 persen sehingga mampu melembabkan kulit dengan baik. Di sisi lain, kelembapan tersebut akan menjaga elastisitas kulit sehingga meminimalkan munculnya keriput dini. Ada yang melakukannya dicampur dengan bahan lain, seperti buah alpukat dan ada pula yang langsung mengoleskan minyak zaitun murni ke wajah.

Oleskan secara merata di permukaan wajah hingga leher setiap malam dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, bilaslah hingga bersih. Sembari mengoleskan ke wajah, berilah sedikit pijatan karena minyak tersebut juga dapat membantu mengendurkan ketegangan otot di wajah setelah lelah beraktivitas. Apabila dilakukan secara teratur, kulit wajah pun akan terlihat lebh segar.

3. Demikian pula untuk merawat kesehatan kulit di tubuh secara keseluruhan, yang bisa dioleskan ketika mandi.
Kulit tubuh pun akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih bercahaya. Dengan beragam manfaat ini, tak heran jika minyak zaitun juga banyak ditemui sebagai salah satu bahan formula yang digunakan dalam sebuah produk kecantikan.[byn]

1 komentar

makasih informasinya tentang rahasia minyak zaitun