koneksi modem bermasalah

Assalaamu'alaikum. Sudah empat hari ini rasanya kalau tidak posting sesuatu yang bermanfaat untuk sobat kok terasa ada yang kurang di hati saya. Nah, Sebagai pengisi kekosongan post disela-sela kesibukan saya mencari 'rumput', saya teringat ada sahabat saya yang suka mengeluh koneksi internet-nya sering putus kalau tidak digunakan dalam waktu yang agak lama. Disini Postingan enaknya saya kasih judul dulu yaituMengatasi modem Smart disconnect sendiri .

Walau sudah banyak bertebaran trik-trik yang mengulas cara mengatasi modem yang sering disconnect sendiri waktu tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu tetapi saya akan sedikit mengulas sisi khusus tentang modem smart. seperti kita ketahui bahwa akhir akhir ini sangat santer sekali pengguna modem smart yang memang digadang-gadang providernya sebagai leader internet anti leletnya, dan saya liat dimana-mana bertebaran pengguna internet rumahan yang beralih ke modem ini. Sebelumnya maaf, ini bukan kontes seo atau promosi smart lho...hehehe.

Dari sekian banyak pengguna saya sebagai pengguna modem smart juga, sering mendengar keluhan bahwa modem ini sering disconnect sendiri bila tidak digunakan dalam waktu tertentu. walau dalam kenyataannya seri modem-modem yang lain juga mengalami hal-hal yang demikian. Untuk modem smart yang saya ketahui dan saya pernah coba sendiri, modem smart yang sering mengalami kondisi disconnect yaitu tipe EC 1261-x dan EC 1260-x. untuk yang aman dari proses disconnect yaitu tipe Modem AC682 dan AC2726. mengapa saya menyimpulkan demikian ?, karena saya buktikan sendiri dan saya punya keempat tipe modem tersebut... hehehe.

Menurut saya, Tipe yang sering mengalami disconnect dalam jangka waktu idle disitu software-nya tidak tertanam anti idle-nya. dengan bahasa yang mudah, bila kondisi modem sudah connect ke internet maka seharusnya algoritma software haruslah menjaga kondisi kestabilan koneksi agar tidak terputus walau tidak digunakan dalam waktu yang lama. disitulah fungsi software mengatur agar selalu dilakukan Ping suatu data over internet agar terjaga dari proses disconnect.

Proses Modem disconnect otomatis pada waktu idle sebenarnya ada segi untung dan ruginya, semua tergantung pada keinginan masing-masing pengguna tentunya. Nah, bagi yang merasa tidak nyaman dengan adanya proses koneksi putus, saya biasanya menggunakan salah satu tips di bawah ini.

Tips Pertama

  • 1. Buka command prompt, bagi yang belum tahu caranya klik Start -  Run - ketik cmd - enter
  • 2. Setelah candela command prompt terbuka, silahkan ketik ' ping google.com -t '  ( tanpa tanda petik ), ping disini bisa menggunakan google atau yahoo atau server sejenisnya yang sekiranya nilai unduh data tidak memberatkan koneksi.
  • 3. biarkan jendela terbuka terus selama proses ping sampai anda memutus koneksi internet.
Tips Kedua
  • 1. Silahkan Unduh dulu software antiidle ( link unduh ada di bawah postingan )
  • 2. Install software
  • 3. Jalankan Antiidle dan rubah webpage menjadi 'http://www.google.co.id' atau biarkan saja seperti defaultnya.
  • 4. Sobat semua bisa setting berapa jangka waktu software ini melakukan ping ke server yang ditunjuk, nilai defaultnya setiap 300 detik akan melakukan ping, dibiarkan saja seperti defaultnya juga tak mengapa.
Sebenarnya masih ada lagi cara lainnya seperti mengubah settingan registry, tapi saya tidak akan menjelaskan untuk sesi kali ini. Namun cara diatas adalah yang paling mudah dan tidak mengakibatkan efek apapun pada komputer sobat. Bila tidak ingin setiap kali mengetik di command prompt seperti cara pertama silahkan menggunakan cara yang kedua yang simple.

Semoga Tips Mengatasi modem smart disconnect sendiri diatas dapat memberi manfaat pada sobat semua. Bila ada pertanyaan silahkan ditumpahkan uneg-unegnya di kotak komentar ya, Insya Allah saya balas Komen sobat semua. Terimakasih dan terus semangat, Wassalaamu'alaikum.

Tidak ada komentar