bayi kembar dalam kandungan ibu

Kehamilan Anak Kembar
Kehamilan adalah sebuah proses yang normal dan fisiologis bagi seorang ibu. Karena tentunya seorang anak atau pun bayi lahir di dunia ini atas ijin dan kehendak Allah serta melalui perantara seorang ibu yang hamil. Bila ibu mengandung bayi janin yang kembar, adakah tanda dan ciri khusus mempunyai kehamilan anak kembar ini.

Ada beberapa tanda ibu hamil bayi kembar dalam kandungannya. Pengertian kehamilan adalah sebuah proses yang diawali dengan keluarnya sel telur yang matang pada saluran telur yang kemudian bertemu dengan sperma dan keduanya menyatu membentuk sel yang akan bertumbuh (BKKBN, 2004). Nah pada anak atau bayi yang kembar maka sel telur yang dibuahi berjumlah dua sehingga terjadilah proses kehamilan bayi kembar.

Kehamilan kembar adalah suatu kehamilan dimana terdapat dua atau lebih janin dalam rahim seorang ibu hamil. Kehamilan kembar ini bisa terjadi karena terjadi pembuahan dua atau lebih sel telur. Atau bisa juga terjadi karena satu sel telur yang dibuahi membelah diri secara dini hingga terbentuk dua embrio ( calon bayi ) yang sama pada tahap awal kehamilan. Dan inilah yang dimaksud fisiologis bayi dalam kandungan seorang ibu akan menjadi kembar 1, 2 bahkan bisa sampai 4 kembar bayi.

Apa tanda-tanda seorang ibu mengalami hamil kembar?
Kehamilan kembar sesuai dengan penyebab salah satunya  adalah keturunan. Pada ibu hamil yang mempunyai keturunan kehamilan kembar, merasakan pembesaran perut tidak sesuai dengan usia kehamilan, merasakan gerakan anak lebih banyak,  mual dan muntah yang berlebihan akibat tingginya hormon kehamilan, kenaikan berat badan yang berlebihan dibandingkan kehamilan tunggal.

Tanda  -tanda yang disebutkan oleh ibu hamil ini tidak cukup menjadi jaminan bahwa ia memang hamil kembar. Pemeriksaan tenaga kesehatan diperlukan untuk menentukan diagnosa pasti. Bidan dapat menemukan dua detak jantung janin di dua tempat saat memeriksa perut ibu hamil, teraba ada bagian bagian yang menunjukkan dua atau lebih janin dalam rahim ibu, lalu disimpulkan dengan pemeriksaan alat USG untuk memastikan bahwa ibu tersebut memang hamil kembar. Dengan bantuan alat USG kehamilan kembar sudah bisa dideteksi lebih awal pada kehamilan 12 minggu.

Apa yang harus dilakukan ibu dengan kehamilan  kembar?

Sebagaimana kehamilan tunggal maka kehamilan kembar juga membutuhkan pemantauan  yang baik sejak dini. Pemeriksaan kehamilan kembar secara rutin dan teratur diperlukan untuk menghindari komplikasi atau penyulit yang bisa timbul pada kehamilan kembar. Ibu hamil kembar disarankan memeriksakan kehamilan kepada bidan atau dokter kandungan sedikitnya 4 kali pemeriksaan selama kehamilan.

Pada kehamilan kembar kunjungan Antenatal Care akan lebih sering dijadwalkan, ikuti semua saran dan petunjuk dari bidan atau dokter agar kehamilan berlangsung aman. Memperhatikan perubahan-perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan, meningkatkan asupan makanan bergisi terutama yang mengandung asam folat dan zat besi, memenuhi kebutuhan istirahat dan tidur yang cukup, relaksasi dan mengikuti senam hamil seijin dokter atau bidan yang merawat.


Mengapa bisa kembar ?

  • Kembar dizigotik / fraternal / binovuler / heterolog
  •     Berasal dari dua sel telur yang dibuahi oleh dua sperma.
  •     Jenis kelamin bisa sama, bisa berbeda.
  • Kembar monozigotik / identik / uni-ovuler / homolog
  •     Berasal dari satu sel telur yang dibuahi oleh satu sel sperma, kemudian dalam perkembangan selanjutnya terjadi segmentasi/pemisahan menjadi dua janin.
  •     Proses segmentasi/pemisahan ini terjadi dalam 12 hari pertama umur janin. Jika terjadi setelah umur 12 hari, biasanya menghasilkan kembar dempet (kembar Siam).
  •     Kembar monozigotik tumbuh dan berkembang menjadi dua individu dengan jenis kelamin yang sama, penampilan (wajah) yang sama atau ’seperti pantulan cermin’.

Bayi Kembar yang belum lahir telah difilmkan berdasarkan interaksinya dengan masing-masing selama 14 minggu kehamilan oleh para peneliti di Italia. Para peneliti, dipimpin oleh Dr. Umberto Castiello dari University of Padova, mereka mendokumentasikan perilaku bayi kembar di dalam kandungan pada 14 samapi 18 masa kehamilan sang ibu menggunakan teknologi USG 4D.
mereka membagi 3 frase berbeda dalam penelitian ini,sentuhan,pergerakan,dan fantastis atau luar biasa.

sentuhan, Mereka menemukan bahwa, mulai dari minggu ke 14 dimasakehamilan, si kembar melakukan sentuhan khusus kepada saudaranya didalam rahimnya.

Pada minggu ke-18 Bayi Kembar Dalam Kandungan melakukan lebih banyak kontak dengan satu sama lain dan peneliti menyimpulkan bahwa mereka “menghabiskan hingga 30 persen waktu mereka untuk menjangkau dan membelai masing masing dari mereka”

Hal ini juga menyimpulkan bahwa pada minggu ke 18 di masa kehamilan, Janin Bayi Kembar Dalam Kandungan tidak hanya menampilkan gerakan yang diarahkan pada dinding rahim, tetapi juga gerakan-gerakan khusus ditujukan untuk rekan-kembarnya didalam rahim

Penelitian ini didasarkan pada studi yang melibatkan lima pasang ibu yang mengandung Bayi Kembar Dalam Kandungannya, yang dipantau selama dua sesi investigasi dan di rekam direkam selama 14 minggu dan 18 kehamilan. (baca juga asal usul bayi kembar)

Pada bulan Oktober seorang dokter menemukan suatu hasil yang sangat fantastis dalam penelitianya,dia telah menangkap gambar sepasang Bayi Kembar Dalam Kandungan yang baru berusia 17 minggu yang tersenyum dalam rahim ibunya.

Gambar yang luar biasa tersebut disambut bahagia oleh keorang tua bayi tersebut, Sam dan Louise Henry.
Prof. Stuart Campbell, yang mengambil gambar, mengatakan: “Ini adalah ekspresi gembira dari kemanusiaan janin.”

Prof. Campbell, mantan kepala kebidanan dan ginekologi di King College dan rumah sakit St George di London, menambahkan: “Saya telah melihat wajah seorang bayi didalam rahim ibunya menangis sekitar 18 atau 19 minggu
Dia mengatakan bahwa dia tidak tahu apa yang menyebabkan ekspresi wajah pada bayi tersebut namun “Ini adalah bagian dari urutan pergerakan sang bayi mulai dari menguap, membuat gerakan pernapasan, membuka kelopak mata dan, mungkin saja, itulah hal yang membuat wajah seoarang bayi seperti menangis

Tidak ada komentar