tips memilih nama domain yang baik dan bagus

1. Nama domain yang pendek
Nama domain yang baik adalah pendek.
Adapun jumlah kata, satu kata domain adalah emas, dua kata : baik, domain tiga kata : rata-rata, dan lebih dari itu termasuk jelek.

Contoh: Quotes.com adalah domain hebat dan mungkin jutaan dolar. ProQuotes.com adalah domain dua kata baik senilai ribuan dolar. ProQuotesNow.com merupakan domain rata-rata dan dapat digunakan untuk website. YourProQuotesNow.com adalah jelas tidak berharga.

2. Nama domain yang mudah untuk diingat
Banyak pengguna internet tidak menggunakan bookmark. Mereka hanya menghafal domain situs web. Coba tebak, jika domain anda tidak mudah untuk diingat maka anda akan kehilangan ini pengunjung Contoh: Brcwr.com adalah nama domain yang singkat, tetapi tidak mudah diingat sama sekali.
3. Nama yang mudah untuk untuk dieja
Hindari kata-kata asing yang tidak biasa, kata-kata yang memiliki pengucapan yang kompleks, kombinasi huruf yang aneh dan hal lainnya.

Contoh: CappuccinoBar.com mungkin bermasalah bagi pengunjung. Cappuccino adalah bahasaItalia, dan tidak semua orang menyadari dimana huruf ganda ditempatkan. Misalnya huruf p dan c di dalam kata Cappuccino.

4. Nama yang memiliki ekstensi com.
Nama menggunakan domain .com , memang sudah lekat di dunia internet.
Contoh: puisi.com lebih dikenal dibanding puisi.net
tapi di ingat sekarang di sarankan memakai ekstensi co.id yang merupakan domain aslin indonesia 
berikut penjelasanya :
Domain co.id lebih aman dibanding .com
Dalam memilih domain, kita dapat memilih domain dengan coid atau com.
Membeli domain .com lebih mudah karena siapa saja dapat membeli domain dengan mudah dengan membayar sekitar seratus ribu rupiah tanpa persyaratan apapun. Pembelian domain .com tidak melalui verifikasi dokumen apapun, di satu sisi membuat kemudahan, di satu sisi membuat kesulitan andaikata ada suatu domain sudah didaftarkan oleh orang lain yang tidak terkait dengan nama tersebut, dan ada perusahaan yang lebih berhak menggunakan domain tersebut dan tidak bisa menggunakannya karena sudah diambil alih orang lain. Jika sudah demikian maka akan sulit suatu perusahaan memiliki domain tersebut.

Perusahaan hanya bisa mengambil domain .com tersebut dari pendaftar sebelumnya, beruntung jika perusahaan dapat menghubunginya. Jika perusahaan tidak dapat menghubungi pendaftar domain sebelumnya maka akan sulit bagi perusahaan memiliki domain tersebut.

Berbeda dengan domain .co.id . Pendaftaran .co.id memerlukan suatu persyaratan dokumen berupa SIUP, NPWP dan KTP. Jika dokumen sesuai dengan nama domain, maka domain bisa didaftarkan. Pengelola domain id yaitu Pandi (www.pandi.or.id) juga memiliki mekanisme untuk pengalihan domain kepada yang berhak jika pihak yang baru menyertakan domain legal yaitu SIUP, NPWP dan KTP. Dengan demikian maka perusahaan tidak tergantung kepada jasa pendaftar sebelumnya karena perusahaan dapat mengambil alih sendiri domain tersebut selama secara hukum perusahaan tersebut berhak atas domain tersebut.

Keuntungan domain .co.id adalah meningkatnya citra perusahaan. Domain .co.id adalah domain yang pasti dimiliki oleh perusahaan dan bukan perseorangan, berbeda dengan .com dimana perorangan dapat memiliki domain tersebut.

Demi kemanan jangka panjang perusahaan, maka perusahaan disarankan membeli domain .co.id

5. Nama yang deskriptif (cari arti deskriptif di sini
Banyak pengunjung akan datang ke situs anda melalui mesin pencari dan melalui link langsung. Artinya, mereka akan datang jika domain menarik.
Memiliki nama domain deskriptif akan memberikan pengunjung gambaran tentang situs anda . Jika kata kunci terkait ,ada dalam domain juga maka akan mungkin membantu peringkat mesin pencari anda.
Contoh: gudangmakalah.com , berarti web tentang makalah, contoh makalah dan lain-lain.

6. Nama domain yang brandable
Sebuah domain brandable akan memiliki lafal yang bagus, kombinasi yang menarik atau hanya efek visual menarik. Kadang-kadang tidak deskriptif, tetapi bisa sama-sama efisien.
Contoh: Mycity.com adalah salah satu blog game paling populer di Internet. Domain tersebut tidak deskriptif sama sekali, tetapi merek ini begitu kuat sehingga gamer segera mengenalinya di seluruh web.

7. Nama yang tidak ada tanda penghubung atau angka
Nama domain yang mengandung tanda baca dan angka akan mengurangi keberhasilan.

Tidak ada komentar