peran bangsa indonesia dalam globalisasi

Istilah globalisasi berasal dari bahasa Ingris yakni "globe" yang berarti dunia atau bola dunia. Apakah yang dimaksud globalisasi?
Globalisasi merupakan suatu proses menuju lingkup dunia. Dengan demikian globalisasi dapat diartikan sebagai proses mendunia, dimana semua peristiwa baik ekonomi, politik maupun budaya yang terjadi disatu belahan dunia dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh dunia.. Atau dapat disebut globalisasi merupakan suatu proses di mana hubungan sosial dan saling ketergantungan antarmanusia di dunia ini semakin besar.
Hal ini seperti yang dikatakan seorang ahli bernama R. Robertson bahwa globalisasi adalah proses mengecilnya dunia dan meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, saling ketergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu.
Ahli lain bernama Martin Albrow mengatakan globalisasi menyangkut seluruh proses di mana penduduk dunia terhubung kedalam komunitas dunia yang tunggal, komunitas global.

Posisi Indonesia
Menghadapi krisis keamanan dunia, termasuk terorisme dan situasi Timur Tengah, Indonesia memiliki positioning tepat untuk menyumbang pada resolusi konflik. Perkembangan Islam secara internasional bukan satu-satunya wilayah potensi untuk pembaruan peran Indonesia dalam dunia internasional. Krisis ekonomi dunia tidak melukai Indonesia sekeras negara Asia lain.
Respons dunia bisnis dan Pemerintah Indonesia cukup rasional dan membuktikan resistensi kita terhadap pasar modal dan utang internasional. Indonesia memiliki sistem dan ahli ekonomi yang lama berjuang dalam penyesuaian ilmu baku kepada realitas negara berkembang. Hubungan keuangan internasional secara bilateral dan internasional menunjukkan rekam jejak positif. Posisi Indonesia kokoh untuk membuka dialog baru antara negara berkembang dan penguasa sumber dana internasional.
Sebagian besar postur defensif Indonesia terhadap dunia internasional merupakan akibat dari konsentrasi Indonesia pada friksi dalam negeri yang menyita konsentrasi dan energi. Akibatnya terjadi kelambanan pada mekanisme respons internasional kita. Apabila kita tidak terpancing untuk meninggalkan orientasi pada kestabilan jangka panjang, kestabilan Indonesia akan memberi wibawa yang layak dimiliki negara besar seperti Indonesia. Terutama di kawasan ASEAN, Indonesia diperlukan untuk mengimbangi goyahnya keadaan beberapa negara tetangga.
Diharapkan presiden terpilih dapat lebih memercayakan soal dalam negeri pada kabinet yang kompak dan mengambil inisiatif luar negeri. Memanfaatkan potensi luar negeri untuk martabat Indonesia tidak berarti mengecilkan masalah dalam negeri. Dengan perangkat institusional di kantor kepresidenan, presiden baru dapat tercatat sebagai negarawan yang berhasil memperbarui peran Indonesia di dunia.

Memiliki hutan bakau terbesar di dunia

Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut / abrasi.
Binatang purba yang masih hidup
Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

Rafflesia Arnoldii yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia

Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter .

Memiliki primata terkecil di dunia

Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya di atas pohon ini terdapat di Sulawesi.

di era sby :
Dalam kurun waktu tahun 2004-2014 Indonesia dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan dalam kepemimpinan beliau Indonesia banyak menorehkan catatan keberhasilan dan Indonesia menjadi sorotan dunia. diantaranya Indonesia masuk ke dalam 15 besar ekonomi dunia dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia setelah Tiongkok. dan Indonesia juga dipercaya sebagai Pemimpin dan Tuan Rumah even dunia seperti APEC, East Asia Summit, ASEAN, High Level Panel, dan Bali Democracy Forum (BDF).

Indonesia juga tumbuh dan berkembang sehingga menjadi bangsa yang dihormati dan dihargai dunia dalam pergaulannya di dunia internasional. Negara-negara Internasional mengakui dan mengapresiasi keberhasilan Indonesia yang terus bertransformasi, dari negara otoritarian menjadi negara yang demokrasi, dari negara yang dinilai pelanggar HAM menjadi negara yang menjunjung tinggi HAM, dari negara yang mengekang pers menjadi negara yang menjunjung kebebasan pers.

kultural, peradaban bangsa kita yang dikenal sangat santun, rendah hati, ramah, dan luhur budi, juga semakin mendapatkan pengakuan dunia. Diakui atau tidak, akibat lemahnya dialog budaya dan upaya diplomasi bangsa kita dalam memperkenalkan produk-produk budaya bangsa di tengah kancah pergaulan masyarakat dunia, termasuk bahasa Indonesia, nilai-nilai kearifan dan keluhuran budi bangsa kita semakin tenggelam, bahkan sama sekali tidak dikenal oleh warga negara asing. Dengan diakuinya bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional, potret budaya bangsa yang sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal akan semakin dikenal secara luas oleh masyarakat internasional

hal yang lainya :
1. Batik indonesia disukai dan sering kali dipakai oleh Ratu elizabeth II, Ratu Sophie, Ratu Juliana bahkan Bill Clinton.
2. Hasil kerajinan batik kayu indonesia di Desa Sendangsari, Bantul, telah menembus pasar mancanegara, yaitu Asia, eropa, dan Timur Tengah.
3. Bahasa minions dalam film animasi 'Despicable Me
2' adalah campuran bahasa Spanyol, Italia, Inggris, Yunani, dan Indonesia.
4. Bahasa Indonesia ada di peringkat 4 sebagai bahasa terbanyak yang digunakan di platform penerbitan konten internet wordPress.
5. Masakan seperti Ayan Penyet, Nasi Padang, Pisang Goreng, Cendol, masuk sebagai '40 singapore food
we can't live without' versi CNNGo.
6. Timah dari Pulau Bangka Belitung mempunyai peranan penting dalam bahan baku pembuatan smartphone di seluruh dunia.
7. Lagu tradisional Indonesia seperti Nina Bobo dan Benggawan solo sudah terkenal di dunia.
8. Michael Reynold Tagore adalah orang Indonesia yang menjadi animator dalam film The Hobbit, The
Avenger, dan Iron Man 3.
9. Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia dengan jumlah pulau yaitu 17.508 buah.

sebelumnya : pematang siantar simalungun universitas dan logo

Tidak ada komentar