contoh naskah teks pidato tentang cintai produk dalam negeri

Selamat siang/malam/ pagi Semuanya, yang saya hormati adalah bapak ibu sekalian, bapak dan ibu yang saya sangat banggakan pertama-tama saya mengucapkan puji syukur kepada tuhan yang maha kuasa karena dia sudah memberikan kita kesehatan sampai saat ini kita dapat secerah ini sampai melaksanakan kegiatan yang menurut saya sangat penting untuk keberlangsungan dan rencana kita kedepanya, topik pidato yang saya pilih pagi ini adalah tentang cinta produk dalam negeri made indonesia. Kenapa saya memilih topik tersebut karena menurut saya ini sangat menarik untuk di bahas untuk hari ini selain itu ini juga sangat penting demi kemajuan bersama rakyat indonesia. karena denga mencintai dahulu kita akan menimbulkan rasa bangga yang otomatis dan membuat kita akan lebih menghargainya.

Dihari yang semakin modern ini, dan perdagangan bebas yang sudah tercipta sampai sekarang banyak produk luar negeri yang membanjiri masuk ke indonesiada, contohnya saja dengan buah apel, akhir-akhir ini buah ini merajai penjualan buah di tanah air, saya tidak habis pikir kepada kita semua. secara giji sebenarnya apel tidaklah beda gijinya dengan buah-buah yang ada di dalam negeri bahkan lebih bagus yang dimiliki dalam negeri kita bisa memilih banyak pilihan seperti pisang, pisang juga banyak jenisnya barangan, kepok dan lainya  yang mutunya sudah terjamin untuk kita konsumsi dan bahkan kita menanmnya di lahan kita akan mudah kita memamenya. dan tidak telalu susah juga kita mencarinya.

Kenapa saya bilang buah dalam negeri itu lebih baik daripada buah impor, kemarin saya mendengar di sebuah stasiun televisi ada seorang dokter mengatakan bahwa makanan yang kita konsumsi itu akan lebih baik jika belum terkontaminasi, atau dalam keadaan segar, maka jika kita menilik bagaimana buah yang diimpor teresebut dari luar negeri dimana kita tahu contonhnya apel yang diimpor dari amerika serikat yang begitu jauhnya. tidak mungkin di dalam perjalanan jika di biarkan begitu saja itu buahnya udah kurang bagus kondisinya. maka buahnya itu sudha di poles dengan sesuatu yang menyebabkan mengurangi kealamian dari buah tersebut.
Oleh karena itu mulai sekarang kamu sudah mulai pintarlah memilih mana yang terbaik kamu konsumsi yang masih lebih segar dan banyak pilihan atau yang sudah di poles-poles.
Balik lagi kepada kenapakah kita harus mencitai dan membeli produk lokal dalam negeri, dari survei mengatakan kita mengetahui bahwa penopang terbesar dalam kekuatan ekonomi indonesia adalah  UKM ( Usaha Kecil Mengeha) yang sekarang ini sangat berkembang pesat dimana dengan didorongnya pemerintah supaya cepat berkembang, dimana yang kita tahu juga AFTA sudah dekat di mata yang harus kita hadapi bersama ekonomi bebas ASEAN. jadi jika kita tidak bangga terhadap produk indonesia maka nantinya kita hanya bisa jadi konsumen saja tidak bisa menjadi produsen

Oleh karena itu teman marilah kita belajar untuk mencintai produk dalam negeri kita, dari segi kwalitas kita juga bagus kok kenapa kita haru membeli atau bangga terhadap dengan orang lain kalau kita bisa membanggakan terhaap diri kita sendiri. ada beberapa kita harus bangga terhadap bangsa kita ini yang kwalitas keunikan dan kekenakanya juga kecantikanya sudah diakui oleh dunia adalah kita jelaskan di bawha ini :

1. Batik Indonesia
batik merupakan pakaian fashion yang mulai digandrumi oleh dunia fashion di dunia, keberadaan batik sudah mulai di perhitungkan sebagai pakaian yang modern bisa di pakain untuk kehidupan sehari-hari. kita harus bangga memakai batik sebagaimana negera kita adalah sudah tetapkan oleh UNESCO sebagai sumber asal batik pertama di dunia. atas kebanggaan ini mari lah kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari mari kita memakai batik , jika perlu mari kita berinovasi supaya lebih berkembangnya dunia batik kita ke depanya. kita adalah anak mudah penerus bangsa, ditangan kita semuanya akan berkembang bersama-sama

2. Budaya Dan Bahasa Indonesia yang begitu beragam
Indonesia adalah mempunyai paling banayk budaya dan bahasa terbanyak di dunia, dalam hal ini budaya lokal janganlah kita anggap sepel, kita adalah bansa berbudaya semuanya, bahkan jika ada yang mengatakan kita tidak mempunyai adat/buadaya kamu itu menjadi sesuatu hinaan tersendiri bagi kita, dikarenakan itu tandanya betapa pentingnya budaya itu untuk diri kita sendiri. bahasa itu merupakan melambangkan diri kita sendiri. oleh karenanya lebih baik kita mempelajari bahasa daerah kita selain bahasa indonsia sebagai pemersatu kita indonesia yang beragam tersebut.

3. Kekayaan alam Laut Terluas di Dunia dan kekayaan hewan dan tanah hutan yang melimpah
ada pepatah mengatakan dengan melamparkan batang aja di tanah kita kita sudah dapat memanen pangan dari situ, itu adalah lambang ksuburan tanah air kita ini, ini sesuatu yang patut kita syukuri dan hal disangakan jika ada yang mengatakan indonesia masih mengalami kelaparan, itu sudah keterlaluan sangat orangnya karena di lingkungan kita sendiri banyak yang bisa kita kerjakan untuk menghasilkan bagi perut kita ini supaya tidak kelaparan

Dan masih banyak lagi yang bisa kita banggakan dari keberadaan kita sebagai masyarakat indonesia, namun karena berhubung waktu yang mengatkan sudah hampir selesai , saya harapkan pidato saya pada saat ini dapat menubuhkan kecintaan kita terhadap produk dalam negeri kita sendiri, kalau bukan kita yang mencintai siapa lagi. ayu dengan mencintai dan mengkonsumsi barang dalam negeri berarti kita sudah ikut bersumbangsih tehadap perkembangan negeri ini. sekian saya ucapkan terimakasih pidato ini dan sampai jumpa lagi di pidato saya yang akan datang. selmat siang dan sampai juma !!!

Tidak ada komentar