negara yang pernah menjajah indonesia beserta tahunnya secara berurutan

Indonesia adalah sebuah negara yang dulunya dijajah oleh bangsa lain, bahkan indonesia dijajah oleh beberapa negara secara bergantian. Ini lah mungkin alasanya kenapa indonesia ketinggalan berkembangnya daripada negara-negara lainya yang sudah maju duluan seperti amerika ingris dan lainya yang merupakan negara sudah tua di dunia. secara berurutan indonesia adalah dijajah oleh portugis, spanyol, belanda, ingris jepang. tujuan dari pada kelima negara tersebut ke indonesia tentunya karena indonesia merupakan negara yang strategis penghubung negara yang satu dengan yang lainya, kaya akan rempah-rempah dan banyak lain tujuan berdasakan masing-masing negara.

Negara Portugis:
Negara portugis merupakan negara yang pertama kalinya menduduki/menjajah indonesia, pada abad ke enam belas dahulunya seaktu eropa sedang gencar-gencarnya memajukan sistem teknologi mereka, portugis tidak ketinggalan dalam kemajuan teknologi tersebut, mereka sudah bisa membuat kapal, dan perenjataan yang dibilang sudah sangat mumpuni atau disegani pada jaman itu, dan karena itulah mereka sudah mulai berani ekspansi dan melakukan penjelasahan kewilayah-wilayah lain.

 Tujuan mereka ke Indonesia ada tiga tujuan utama yang paling penting yaitu menyebarkan agama katolik roma, mencari/menguasai rempah-rempah, dan menguasai wilayah tersebut. namun kedatangan mereka tidak lah berjalan mulus karena menuai pemberontakan dari berbagai kalangan di indonesia khususnya dari pihak yang beragama muslim di indonesia yang bisa anda lihat seperti kerajaan demak di pulau jawa, dan juga banten. dan akibatnya dari penolakan tersebut mereka berpindah tempat ke ke sebelah timur indonesia seperti ternate, ambon maluku dan kota lainya. dan di tangan kerajaan ternate pada dahulunya mereka takhluk dan berpindah tempat jajahan seperti ke asia timur( jepang, makau dan tiongkok), karena mereka melihat adanya peluang besar untuk mereka kuasai di daerah tersebut seperti pabrik gula yang berlokasi di tiongkok(cina).

Peninggalan mereka berpengaruh juga terhadap masyarakat indonesia yang bisa kita lihat sekarang ini seperti nama-nama di sebagian orang di indonesia timur, ambon maluku, atau ternate.

spanyol menjajah indonesia selama 171 tahun. sampai tahun seribu enam ratus sembilan puluh dua (1692) dari tahun 1521.

Keberadaanya sendiri di indoensia adalah mengajarkan agama khatolik di indonesia bagian timur, pada saat tersebut juga terjadi perjanjian yang dinamakan thordessilas dan saragosa. dan terkhir mereka diusir dan ri minahasa sulawesi utara oleh penduduk setempat.

Belanda menjajah indonesia selama 350 tahun.

jepang menjajah indonesia selama tiga setengah tahun ( 3, 5)  - yang paling santer diingat kita sampai saat ini adalah tentang bom hirosima dan nagasaki yang merupakan cikal bakal dari kemerdakan penuduk/ rakyat indonesia dari penjajahan.

Tidak ada komentar