Cara menghitung luas dan keliling Persegi pajang, Rumus dan conton soal pengerjaanya

Persegi panjang merupakan bangun datar yang mempunyai 2 panjang yang sama dan 2 lebar yang sama. Persegi panjang di contohkan seperti atas meja, Buku tulis, papan tulis, dan lain-lain.  Yang harus kita ketahui di dalam menghitung luas dan keliling persegi panjang adalah ukuran dari Panjang dan ukuran lebar dari keduanya.

Untuk lebih lengkapnya supaya teman-teman mengerti mana panjang dan mana lebar adalah lebih baik nya kita mempelajari ciri-ciri persegi panjang di gambar di bawah sebagai berikut :

1. Persegi panjang memiliki 2 Panjang seperti gambar di bawah merupakan persegi panjang ABCD. yang termasuk panjangnya di gambar ini adalah AB dan Panjang DC. Sedangkan lebarnya adalah AD, dan BC. kedua panjang berbentuk sejajar dan kedua lebar juga demikian.
 2. Persegi mempunyai 4 sudut yang sama yaitu mempunyai besar 90 derajat setiap sudutnya.

Rumus :
L ( Luas ) = panjang ( P) x lebar ( L)
K ( Keliling) = 2 x ( P + L) atau sama dengan 2xP + 2 x L

Contoh soal dan penyelesaianya :
1. sebuah meja yang berbentuk persegi panjang mempunyai Panjang 8 m dan Lebar 4 m berapakah Luas dan keliling persegi panjang tersebut ?
jawaban :
Panjang = 8 meter Lebar = 4 Meter
Luasnya = 8 x 4 = 32 meter
keliling = 2 (P+L) = 24 meter

2. Sebuah kursi di ketahui mempunyai Luas 35 m dan lebar 5 m berapakah panjang dan keliling dari  persegi panjang kursi tersebut ?
jawaban :
dari keterangan yang diambil telah di kethaui L = 35 m dan L = 5
Jadi  : L = PxL
35 = P x 5
P = 35 dibagi 5 = 7
setelah diketahi Panjangnya sama dengan 7 lalu kita mencari kelilingnya dengan mudah yaitu
K = 2 (7+5) = 24 meer

Bagaimana Mudah bukan cara pengerjaanya. Namun dalam beberapa kasus untuk mecari Keliling dan Lebar , Panjang dan luas di persulit tanpa memberitahu panjang dan lebarnya. Misalnya hanya memberitahu besar sudut-sudutnya saja yaitu sebesar 90 derajat yang merupakan sudut siku-siku.

Kalau kita perhatikan gambar di atas, setip sudutnya jika di belah sampai membentuk x akan menghasilkan 4 sudut yang bersamaan. jika ada soal-soal Agak sukar di berikan maka kamu bisa memahami dan mendeteksi sudut-sudut apakah saja yang di hasilkan keempat sudut tersebut.

atau Jika anda menemukan soal-soal demikian silahkan tuliskan di komentar biar kita bersma-sama untuk mengerjakanya. Demikian salam kenal

"Cara menghitung luas dan keliling Persegi pajang, Rumus dan conton soal pengerjaanya"

Tidak ada komentar