Cara memasang (MEMBUAT) kode iklan Adsense di blog (blogger, BLogspot) Dengan Mudah

Iklan merupakan pendapatan paling besar dari setiap Blogger atau pemiliki website, yang ada di seluruh dunia dan begitu juga di indonesia. Iklan sering juga di sebut dengan Adsense (bahasa inggris) yang sudah sering di sebut oleh orang indonesia dan kebiasaan mengatakan adsense. Sankin biasanya adsense sebenarnya sudah seperti bahasa indonesia yang diadopsi dari bahasa asing.

Pada Bahasan Ini saya akan membahas cara memasang kode iklan adsense yang spesial untuk blogger (blogspot) yang dimana paltform Blog cms dari google ini merupakan blog paling banyak di pakai di indonesia.

Apakah cara ini bisa di terapkan di platform blog yang lain? tentu saja bisa jika ada kesamaan dengan platform blog lain Namun Perlu di ingat pengkodean dari semua platform blog itu adalah berbeda. lalu apakah susah memasang iklan di blogger? Jawabanya tentu saja tergantung posisi iklanya dimana akan di tempatkan.

Penempatan Iklan di berbagai blogger itu bisa sesuka seperti yang kita inginkan, asalkan kita tahu cara memasangnya. Namun untuk yang biasa saja sebenarnya sangat gampang untuk memasangnya jika kita memasangnya hanya mengatur dari Widget HTML/JAVASCRIPT saja. Itu pun saya bilang gampang banyak juga yang baru belajar blogger menanyakanya, Maklum masih belajar. Makanya saya memberikan tutorial ini mulai dari yang gampang sampai dengan yang susah. Dan kita akan membahas yang Mudah dahulu dan Baru belajar ke yang Sulit.

1. Cara memasang (MEMBUAT) kode iklan Adsense di blog (blogger, BLogspot) Dengan Mudah Melalui Tata Letak:

  •  Siapkan dahulu kode iklan kamu ( bisa Kode iklan apa saja asalkan berbentuk HTML/JAVASCTRIPT)
  • Masuk ke dasboard blogspot kamu
  • dibawah ini adalah gambar contoh kemana harus anda pergi
  •  Nomor satu adalah posisi tata letak dan No 2 (tambahkan gadget) adalah membuat (memilih widget baru). Silahkan tekan yang no 2 untuk memilih kode widget HTML/Javascript
Memilih widget Html/javascript
Memilih widget Html/javascript
Seperti yang di tunjukan pada gambar diatas silahkan ikuti petunjuk yang ditunjukan oleh panah Merah (Memilih HTML/JAVASCRIPT)

memastekan kode iklan adsense
memastekan kode iklan adsense
Setelah itu akan muncul Jendela seperti diatas. Silahkan buat judul iklan ANda agar Pengunjung blog kamu mengetahui bahwa itu adalah iklan atau tidak merasa tertipu. Seperti saya saya membuat judulnya "Iklan" Atau Bisa juga "Patner" "Sponsor".

Lalu pastekan Kode iklan yang kamu inginkan, Catatan penting dimana jika kamu membuat iklanya ingin sejarjar maka kamu bisa meletakkan beberapa iklan di dalam satu widget tersebut tanpa menambahi widget lain. Namun jika kamu tidak ingin menampilkan iklan sejajar maka kamu harus membuat widget baru agar bisa kamu pindah-pindah posisi Iklanya. Jika sudah selesati mempastekan Kode iklanya lalu Tekan SIMPAN.

sampai disitu iklan kamu sudah berhasil tayang. Tinggal Untuk merapikanya kamu bisa menambahin, menggeser posisi iklan atau mengurangi gadget di blog kamu. Namun jika kamu ingin iklanya tampil melayang kamu hanya memerlukan sedikit CSS di blog HTML/Javascriptnya. Kodenya bisa kamu cari di internet banyak yang memberikan kodenya.

Namun sayang Iklan Yang kita pasang di Wideget/Gadget tak akan bisa tampil di dalam artikel blog kita. Karena cara Pemasanganya adalah beda. Oleh karena itu berikut saya berikan tutorialnya agar kamu megerti atau bisa mengikutinya.

MEMBUAT / Memasang Iklan Di dalam Postingan blogspot

Kenapa orang ingin sekali memasang iklan di dalam Postingan blog, Tentu nya alasan itu adalah agar CPM atau tingkat kenampakan dari iklan kita itu agar lebih jelas lagi di lihat oleh pengunjung. Jika kita memasang Google Adsense Di blog kita Maka Tips agar kamu memapunyai besar penghasilan ialah dirimu harus memasang Iklan di dalam artikel. maka jumlah Klik Iklan atau kenampakan iklan tersebut akan menjadi lebih besar.

Biasanya Iklan yang di pasang di Postingan blog (didalam Artikel) itu adalah berada di 3 posisi Favorit seperti Di bawah ARTIKEL, Sehabis Judul Postingan, Dan di tengah-tengah ARtikel, Lalu bagaimanakah memasangya? berikut dibawah ini kami ajarkan:

1. Persiapkan Kode iklan kamu:
2. Pastikan kode iklan Kamu sudah Terparse dahulu Jika kamu belum memparsenya silahkan lakukan di converter kami di bawah ini!

ALAT KOVERSI (CONVERTER) KODE HTML/JAVASCRIPT:








  • Konversi & menjadi &



  • Konversi ' menjadi '



  • Konversi " menjadi "



  • Konversi < menjadi &lt;



  • Konversi > menjadi &gt;

Contoh iklan yang memerlukan converter atau Dikompresi dahulu untuk di letakan di dalam artikel postingan adalah Iklan GOogle adsense. JIka sudah selesai di parse lanjutkan ke berikutnya

3.  Pergi Ke Template > Edit HTML

4. Jika kamu sudah pada sampai diatas lalu Cari Kode <data:post.body/> blogger

Untuk mempermudah pencarian kode tersebut silahkan Gunakan CRTL F. Dan biasanya Kode <data:post.body/> mempunyai lebih dari satu. Oleh karenannya silahkan cari kodenya pada Posisi ke 2 atau yang ketiga. Umpanya nanti iklanya tidak muncul maka kamu pindah Posisia contohnya dari Posisi 2 pindah ke posisi 3. atau sebaliknya dengan posisi2 lain sampai muncul kode iklanya.

Untuk selengkapnya mengenai  <data:post.body/> Silahkan lihat DISINI

Penempatan Iklan

Setelah di konversi kode iklan lalu mencari kode <data:post.body/> Silahkan Pastekan kode iklan kamu tepatnya Diatas kode <data:post.body/> Untuk iklan tepatnya di atas artikel atau di bawah judul. Untuk membuatnya di bawah artikel cukup membuatnya di bawah data post bodinya.

Contoh Tertera pada gambar :



Untuk membuat iklanya tampil di dalam POstingan atau di tengah-tengah artikel:

Silahkan ganti kode <data:post.body/> Dengan Kode yang kami berikan di bawah ini;

<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
<div style='margin:10px auto'>
Simpan Kode Iklan KAMU Disini (YANG UDAH DI PARSE YAHH)

</div>
</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

NB: Jika kamu sebelumnya sudah Meletakkan kode iklan diatas atau dibawah artikel dan Ingin menambah di tengah postingan, Itu tidak apa-apa jika kamu menghapus kode <data:post.body/> IKlan di atas artkel dan dibabawah artikel kamu muncul seperti biasa. atau tidak terganggu.

Namun disarankan kamu menyimpan kode diatas atau mengingatnya mana tahu anda tidak ingin memasang iklan lagi. Maka kamu akan mengantinya menjadi <data:post.body/> Juga. Silahkan guanakan catatan kamua tau Pintar-pintar kamu mengingatnya.

Demikian Mudah bukan. Semga bermanfaat dan dirimu berhasil memasangnya. 

Tidak ada komentar