Arti Dejavu Dalam Bahasa Gaul dan Pengertianya

Suatu ketika diberitakan bahwa seorang warga negara Inggris yang masih muda mengalami sensasi Dejavu dalam hidupnya. Kondisi orang tersebut sangat parah hingga tidak mau menonton tayangan televisi dan mendengarkan radio. Kemudian Dr Chris Moulin, salah seorang peneliti mengatakan bahwa, orang tersebut mengalami gangguan kecemasan yang parah saat masa kuliah.


Dalam kehidupan kita sehari-hari mungkin juga kerap mendengar atau bahkan mengalami sensasi dejavu seperti itu. Tapi masih banyak diantara kita yang belum mengetahui apa itu dejavu sebenarnya. Nah, untuk itu pada kesempatan ini kami akan mengupas mengenai dejavu ini.

Arti kata dejavu

Dejavu diambil dari bahasa Perancis yang bermakna ‘pernah melihat’ atau ‘pernah mengalami sesuatu’. Dejavu ini berhubungan dengan kejadian psikologis, dimana apa yang sedang kita hadapi atau alami saat ini, seolah-olah seperti sudah pernah terjadi dimasa lalu. Akan tetapi, kita tidak bisa mengingat secara keseluruhan kejadian di masa lalu tersebut. sederhananya, dejavu adalah kondisi dimana kita merasa melakukan hal yang sama seperti dulu, tapi tidak ingat sepenuhnya.

Kodisi dejavu ini biasa terjadi kepada manusia, dan bukan sesuatu yang tidak normal. Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa, dejavu bisa terjadi karena pengaruh psikologis seseorang. Misalnya seseorang sedang mengalami depresi dan kecemasan yang tinggi, bisa merasakan dejavu seperti ini.

Macam-macam Dejavu

Jamais vu yang berati ‘tidak pernah melihat’. Biasanya hal ini terjadi ketika kita merasa mampu menjelaskan sesuatu yang biasa terjadi, tapi menjadi sulit dan aneh. Misalnya, kita sudah akrab dengan kata tertentu tapi sulit sekali untuk menjelaskannya dan terasa ganjil.


Deja entendu yang berarti ‘sudah pernah mendengar’. Jenis yang kedua ini terjadi ketika kita merasa yakin pernah mendengarkan hal-hal tertentu sebelumnya. Misalnya, kita sedang mendengarkan musik lalu merasa bahwa lirik lagu tersebut pernah didengar sebelumnya, tapi kita tidak bisa menjelaskannya.

Presque vu yang berarati ‘hampir melihat’, adalah suatu kondisi persaan dimana kita merasa berada di tepi sebuah pencerahan. Misalnya, saat kita sedang berusaha mengingat sesuatu, kemudian sudah seperti mendapat pencerahan tapi tidak bisa dikeluarkan dalam kata-kata.

Penggunaan kata Dejavu dalam kehidupan sehari-hari:

X: kayaknya dulu aku pernah dengar lirik lagu ini deh, tapi dimana ya??
Y: ah perasaanmu saja, ini kan lagu baru
X: hm... aku rasanya seperti dejavu


X: jangan kebanyakan mikir, nanti cepat kusut otakmu itu
Y: duh aku jadi dejavu, kayak pernah dengar orang bilang gitu sama aku sebelumnya

X: nongkrong bareng gini jadi bikin dejavu
Y: tapi ini kan baru pertama kali kita nongkrong bareng
X: ya, tapi aku rasanya pernah seperti ini sebelumnya

Demikianlah tadi penjelasan singkat tentang dejavu, semoga bisa membantu untuk memahami makna dari kata dejavu. Jangan salah menggunakan kata dejavu lagi yaa.:)

lihat juga arti kata ALONe

Tidak ada komentar