Arti Kata Boikot dan Penjelasannya

Pernah mendengar kata boikot? Tentu saja pernah, karena kata ini sudah sangat sering terdengar dan terlihat di berbagai berita dari berbagai media masa., bahkan tak jarang di TV atau radiopun kita mendengarnya.


Tapi tentunya tidak semua orang tahu apa arti dari kata boikot ini, karena dalam berita yang disampaikan tidak pernah dijelaskan apa artinya. Oleh karena itu bagui anda yang belum paham bahasa tersebut, berikut ini kami akan ulas dan uraikan secara lengkap supaya anda paham maksudnya.

Pengertian dan penjelasan dari kata “boikot”
Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, boikot adalah merupakan suatu tindakan untuk tidak menggunakan, membeli, dan berurusan dengan orang atau suatu lembaga organisasi sebagai bentuk protes atau sebagai bentuk suatu pemaksaan.

Istilah kata boikot bukan berasal dari bahasa Indonesia, melainkan berasal dari kata serapan bahasa Inggris boycott. Dimana kata tersebut mulai digunakan sejak saat "Perang Tanah" yang terjadi di Irlandia sekitar pada tahun1880 yang berasal dari nama seseorang yaitu Charles Boycott yang merupakan seorang agen lahan atau estate agent untuk urusan tuan tanah Earl Erne.

Sebenarnya kata boikot merupakan istilah yang sudah sangat sering digunakan di zaman-zaman dulu sebagai bentuk kata untuk melakukan mogok atau berhenti sesaat dalam bekerja, terutama dalam bidang pekerjaan industri. Istilah ini biasanya dipakai sebagai bentuk protes atas perlakuan pemimpin perusahaan atau suatulembaga yang bersikap sewenang-wenangan pada pekerjanya atau pada seseorang.

Contoh bentuk boikot dalam pergaulan
Salah satu contoh bentuk boikot dalam pergaulan yang dapat terlihat adalah saat ada salah satu orang dari kelompok pertemanan atau kelompok persahabatan dalam pergaulan tiba-tiba memiliki sebuah permasalahan yang mengakibatkan orang tersebut merasa dikucilkan oleh teman kelompoknya yang lain.

Dalam permasalahan yang terjadi di atas, sering kali hal tersebut dianggap sebagai suatu bentuk kamarahan mereka atas apa yang terjadi Sebetulnya gejala sosial seperti ini lebih sering kita maknai sebagai suatu bentuk kemarahan atau kekecewaan atas apa yang sudah dilakukan temannya. Hal itulah yang dimaksud boikot. Dimana orang memiliki masalah tersebut merasa dikucilkan dan seperti sudah tidak lagi dianggap oleh teman kelompoknya yang lain.

Saat ini banyak sekali terjadi boikot dimana-mana, yang bahkan hingga mengakibatkan terjadinya demo besar-besaran. Seperti yang sudah banyak kita ketahui.

Tapi, selain seperti yang sudah disebutkan diatas, boikot bisa juga diartikan sebagai bentuk penolakan kerja sama. Namun, istilah boikot dalam hal ini sangat jarang digunakan, karena istilah boikot yang diunakan sudah sangat identik dengan bentuk protes protes pada seseorang atau lembanga karena kesewenag-wenangan merepka pada bawahan.

Demikianlah arti kata boikot berdasarkan pengertian dan penjelasannya. Semoga dapat membantu dan memberi wawasan tambahan untuk anda. :D

Tidak ada komentar