Iklan

loading...

Arti Kata C O D Cash On Delivery Dalam Online Shop

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, memberikan dampak yang cukup besar terhadap proses berjualan. Salah satu bukti nayat dari fenomena tersebut, adalah menjamurnya toko online saat ini. Dan tentunya cara berjualan ini banyak digemari karena proses jual beli menjadi lebih mudah dan praktis.

Lalu kemudian munculah beragam istilah yang digunakan dalam proses jual beli secara online, yang mana salah satunya yang sangat populer adalah kata COD. Mungkin kita kerap mendengar istilah tersebut di gunakan oleh teman-teman yang sedang membeli barang secara online. Nah tahukah anda apa arti kata COD tersebut?


Arti kata COD (cash on delivery)

Cash on delivery atau COD merupakan sebuah layanan dari sistem jualan online, dimana pihak pembeli dapat membayar barang apabila sudah diantar sampai alamat tujuan oleh pihak penjual. Pihak pembeli dapat menentukan alamat tujuan seperti kantor, rumah atau alamat lain yang diinginkan.

Meski layanan ini ditawarkan untuk memberikan kemudahan bagi pembeli, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah cakupan area COD sendiri. Meski sudah tercantum keterangan COD, namun sebagai pembeli juga harus bijak menetukan alamatnya, supaya tetap bisa menggunakan layanan bayar di tempat ini.

Berikutnya, pembeli juga harus melihat keterangan COD dengan baik. Biasanya, meski sudah ada keterangan COD, namun pembeli harus membayar biaya jasa pengiriman. Kondisi tersebut bisa terjadi jika area COD berada di luar cakupan yang telah ditentukan. Untuk biaya jasa antar sendiri biasanya berbeda-beda, tapi rata-rata berada di atas 20.000.

Bagi konsumen, tentu adanya layanan COD ini sangat membantu. Dimana para konsumen tersbut tidak perlu khawatir lagi akan adanya praktek penipuan. Karena pembayaran dilakukan jika barang yang dipesan sudah sampai di tempat tujuan.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan kata COD dalam kehidupan sehari-hari

A: Aku mau beli baju baru ni, tapi nggak ada waktu ke mall. Gimana ya??
B: beli baju online aja, bisa COD-an juga. Lebih praktis

A: gan bayarnya bisa COD nggak ya?
B: boleh gan, tapi ada ongkos kirimnya ya. Karna alamatnya diluar area kami.
A: oke gan

A: sist kalau beli kosmetik online gitu bisa COD nggak ya??
B: bisa banget sist, tapi minimal pembelian harus Rp 50.000

A: Cod aja gimana?
B: boleh, minta alamat lengkapnya ya?
A: Jl Damai Sejahtera no 12, Jakarta Selatan.

Nah, demikianlah di atas beberapa contoh penggunaan kata COD dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa memahami dengan jelas penggunaan kata COD yang benar. Sehingga kita tidak perlu khawatir salah saat menemukan kata tersebut ketika melakukan transaksi jual beli secara online. masih banyak istilah-istilah lain dalam proses jual beli online yang perlu untuk kita ketahui lebih lanjut.

Tidak ada komentar