Arti Kata Perspektif Menurut Kamus Bahasa Indonesia Adalah

Pernahkan anda mendengar kata perspektif?

Perspektif sering kali terdengar disebutkan dalam berita diberbagai media masa seperti tv dan koran. Atau juga sering disebutkan dalam hal yang berhubungan dengan seni.

Tapi tahukan anda apa arti kata perspektif tersebut?

Arti kata perspektif menurut kamus besar bahasa Indonesia

Menurut kamus benar bahasa Indonesia perspektif adalah cara melukiskan suatu benda di permukaan yang mendatar sebagaimana yang tampak oleh mata dengan 3 dimensi (panjang, lebar, dan tinggi).

Namun selain itu, dalam kamus besar bahasa Indonesia perspektif bisa juga diartikan sebagai sudut pandang atau pandangan.

Perspektif sebenarnya berasal dari bahasa latin, yaitu per dan spectare. Dimana, Per berarti melalui dan Spectare berarti memandang. Jadi, bila digabungkan perspektif dapat diartikan sebagai suatu media yang merupakan milik seorang pribadi dan melalui media tersebut ia memandang suatu obyek. Oleh karena itu, jika medianya beda maka pandangannya pun juga beda dari yang lain.

Secara garis besar, perspektif biasanya merupakan suatu kumpulan dari asumsi atau keyakinan tentang suatu hal. Dengan perspektif yang dimiliki, orang akan memandang suatu hal dengan berdasarkan pada cara-cara tertentu, dan cara-cara itu berhubungan dengan asumsi yang mendasarinya, yaitu unsur pembentuknya dan ruang lingkup dari apa yang dipandangnya.

Sehingga perspektif dapat membimbing setiap orang dalam menentukan bagian yang relevan dengan fenomena sesuai yang terpilih dari konsep tertentu untuk dipandang secara rasional.

Contoh perspektif adalah

Contoh 1:
Misalnya ada sebuah lautan luas.
Saya memandang lautan tersebut melalui kaca mata berwarna merah, maka bagi saya laut tersebut adalah laut merah. Tapi, anda memandang laut tersebut dengan kacamata berwarna hijau, maka anda akan mengatakan laut tersebut adalah laut hijau.

Dalam hal ini, maka media membuat cara pandang atau sudut pandang kita berbeda. Perbedaan cara pandang tersebut bisa dikarenakan perbedaan cita-cita, agama, ideologi, umur, profesi ataupun latar belakang kehidupan. Sehingga menurut cara pandang kita objek yang sama itu bisa jadi berbeda.

Contoh 2:
misalnya ada dua orang yang tiba-tiba mendapat hadiah dari sebuah undian masing masing 500.000 rupiah. Salah seorang adalah tukang becak, dan seorang yang lainnya adalah pengusaha sukses.

Saat mendapat hadiah uang tersebut, sang tukang becak bersorak bahagia dan menganggapnya sebagai pemberian dari Tuhannya. Sementara yang dilakuakn seorang pengusaha sukses adalah mungkin tidak mengabil hadiah uang tersebut, dan pasti juga tidak akan sampai berpikir kalau hadian tersebut adalah pemberian dari Tuhannya

Dalam hal ini, latar belakang ekonomi membuat perspektif kedua orang tersebut beda walau objeknya sama.

Demikianlah arti kata perspektif menurut bahasa Indonesia dan beberapa contohnya. Semoga membantu. :D
Wid--

Tidak ada komentar