Alasan Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas

Kebutuhan Manusia bersumber dari Alam
Dalam proses pengolahan atau penciptaan benda, sehingga menjadi lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia diperlukan suatu usaha atau aktivitas produksi. Aktivitas produksi dilakukan dengan mencurahkan beragam bahan dasar, pikiran, tenaga, peralatan, waktu, keahlian dan uang. Kesemuanya itu disebut sumber daya produksi.

Sumber daya produksi bersifat terbatas namun kebutuhan manusia tidak terbatas. Hal ini terbukti dari kondisi bagaimana manusia sulit mendapatkan sumber alam, modal maupun tenaga kerja dalam berwirausaha. Bahkan, seseorang dapat berhasil mendapatkan sumber daya tersebut sesudah mengeluarkan beragam pengorbanan. Namun, masih ada juga yang ternyata tidak mampu mendapatkannya. Hal ini bisa disebabkan karena jumlah alat pemuas kebutuhan yang sedikit sehingga sangat terbatas memenuhi kebutuhan manusia.

Lalu, mengapa alas pemuas kebutuhan sifatnya terbatas? Mengapa kelangkaan benda pemuas kebutuhan tersebut dapat terjadi? Berikut ini penyebab-penyebabnya:
  • Persediaan sumber alam yang terbatas. Hal ini ditandai dengan kondisi dimana minyak bumi sulit ditemukan. Hanya beberapa negara saja yang memiliki kekayan sumber daya alam berupa minyak bumi melimpah. Sebagian besar negara di dunia mengalami kondisi dimana cadangan minyak bumi semakin menipis.
  • Ketrampilan manusia dalam melakukan pengolahan alam yang sangat terbatas. Teknologi berperan dalam membantu proses percepatan produksi. Namun, saat ini peran teknologi masih belum sebanding dengan kebutuhan manusia yang terus mengalami peningkatan.
  • Kecerobohan dan keserakahan manusia karena kekurangan benda pemuas kebutuhan. Hal ini mengakibatkan segala sumber daya pemuas kebutuhan menjadi cepat habis. Misalnya: melakukan penebangan secara liar di hutan yang mengakibatkan hutan gundul.
  • Kebutuhan manusia yang terus meningkat namun tidak diimbangi dengan kemampuan manusia yang mampu menghasilkan sumber-sumber baru.
Kondisi dimana kelangkaan terus terjadi dengan ditandai alat pemuas kebutuhan yang sangat terbatas dialami oleh setiap orang di berbagai bangsa. Meski kondisi dan situasi pada tiap bangsa berbeda namun pokok permasalahannya tetap sama.

Lihat juga: Alasan Bahasa Merupakan Alat Komunikasi yang Penting

Nah, demikianlah ulasan tentang alasan alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas. Semoga ulasan di atas bermanfaat dapat membuka wawasan Anda tentang beberapa penyebab terjadi kelangkaan alat pemuas kebutuhan manusia.

Tidak ada komentar