Alasan Bahasa Melayu Cepat Berkembang di Indonesia

Indonesia tidak hanya kaya akan budaya namun juga bahasa. Dan dari sekian banyak bahasa yang ada, salah satu bahasa yang sangat cepat berkembang di Indonesia ialah Bahasa Melayu. Kata Melayu bersumber dari kata “Malaya” yakni berarti tempat yang diselimuti salju pegunungan Himalaya. Di antara kedua kata Malaya dan Melayu munculah kata “mlayu” yang bermakna mengungsi atau mengembara. Sejarahnya, dahulu orang-orang Melayu melakukan pengembaraan yakni mengungsi hingga ke selat Malaka dan mendarat di Pulau Sumatra selanjutnya mereka menyebar dan menempati salah satu dataran di Pulau tersebut.

Bahasa Melayu


Peristiwa tersebut merupakan cikal bakal perkembangan Bahasa Melayu di Indonesia.

Lalu, mengapa Bahasa Melayu mengalami perkembangan yang sangat cepat di Indonesia? Berikut penjelasan lengkapnya:

Alasan Bahasa Melayu Cepat Berkembang di Indonesia

Bahasa Melayu dapat berkembang cepat di Indonesia disebabkan beberapa alasan, apa saja alasannya?

• Bahasa Melayu Memiliki Banyak Kesamaan dengan Bahasa Indonesia
Dari segi bunyi dan pengucapannya, Bahasa Melayu memiliki kesamaan dengan Bahasa Indonesia. Demikian pula makna kata yang diucapkan dalam Bahasa Melayu juga memiliki banyak kesamaan dengan Bahasa Indonesia.

• Bahasa Melayu Memiliki Sifat Sederhana dan Mudah Dipelajari
Bahasa Melayu dapat berkembang secara cepat di Indonesia karena jenis bahasa ini sangat mudah dipelajari. Ditinjau dari segi sintaksis, morfologi dan fonologi, Bahasa Melayu memiliki sistem yang sangat sederhana. Bahkan perkembangan Bahasa Melayu terus mengalami kemajuan yakni Bahasa Melayu Kuno- Melayu Klasik- Bahasa Indonesia.

• Bahasa Melayu Mudah Melebur dan Berkerabat dengan Aneka Bahasa Nusantara Lainnya
Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Bahasa Melayu dijadikan sebagai bahasa persatuan bangsa dalam ikrar sumpah pemuda 28 Oktober 1928 di Jakarta. Peristiwa tersebut dicetuskan oleh para pejuang bangsa meliputi seluruh pemuda dari berbagai penjuru nusantara. Pada momen itulah, Bahasa Indonesia lahir sebagai Bahasa Nusantara yakni bahasa pemersatu bangsa.

• Faktor Psikologis Bangsa Indonesia yang Mendukung Penyebaran Bahasa Melayu Sehingga Cepat Berkembang di Berbagai Suku Bangsa Indonesia
Dengan faktor psikologi bangsa Indonesia khususnya suku Jawa dan Sunda yang dengan sukarela menerima Bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan, hal ini mempercepat perkembangan Bahasa Melayu di Indonesia.

Nah, demikianlah ulasan tentang alasan Bahasa Melayu cepat berkembang di Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat membuka wawasan Anda tentang proses perkembangan serta sejarah perkembangan Bahasa Melayu di Indonesia.

Tidak ada komentar