Alasan Bahasa Merupakan Alat Komunikasi yang Penting

Gambar orang berbicara melalui bahasa
Bahasa adalah sebuah sistem komunikasi yang menggunakan beberapa simbol berupa vocal, dan dalam bahasa, rangkaian bunyi yang dihasilkan memiliki makna tertentu. Seperti yang kita tahu, setiap negara pasti punya bahasa nasional, yang menjadi bahasa resmi, dan digunakan sebagai pemersatu di tengah-tengah keberagaman suku yang ada, yang biasanya setiap suku tersebut mempunyai bahasa masing-masing.

Alasan Bahasa Merupakan Alat Komunikasi yang Penting :

Bahasa merupakan salah satu media yang sangat penting dalam proses komunikasi. Hal ini disebabkan karena beberapa alasan berikut ini:
  • Bahasa merupakan wujud dari bentuk ekspresi diri.
  • Proses komunikasi tidak akan terjadi secara sempurna jika ekspresi diri tidak dipahami atau diterima.
  • Sebagai alat komunikasi, penggunaan bahasa mengandung tujuan tertentu yakni agar kita semakin dipahami orang lain.
  • Melalui proses komunikasi, kita dapat secara langsung menyampaikan berbagai hal yang kita pikirkan, rasakan dan ketahui kepada orang lain.
  • Dengan berkomunikasi, kita dapat mempelajari semua yang telah diwarisi nenek moyang kita dan apa yang telah berhasil dicapai oleh banyak orang di sekitar kita.
  • Bahasa merupakan sarana komunikasi yang berperan menyampaikan makna atau pesan oleh seseorang pada orang lain. Keterkaitan dan keterikatan bahasa dengan manusia mengakibatkan bahasa bersifat tidak tetap dan selalu berubah diiringi kegiatan manusia yang senantiasa berubah dalam kehidupan bermasyarakat.
Fungsi Bahasa Sebagai Alat Komunikasi:
Santosa seorang ahli di bidang sastra mengungkapkan 4 fungsi bahasa sebagai media komunikasi penting yakni:
  • Fungsi Informasi
Bahasa berperan sebagai alat untuk menyampaikan informasi dalam proses komunikasi. Melalui fungsi ini, bahasa menjadi bagian faktor penting bagaimana proses penyampaian pesan/informasi dapat berhasil disampaikan pada penerimanya.
  • Fungsi Ekspresi Diri
Dalam proses komunikasi bahasa berperan sebagau penyalur ekspresi diri atau media untuk menginterpretasikan berbagai hal baik ide, gagasan maupun perasaan pada orang lain.
  •  Fungsi Integrasi dan Adaptasi
Fungsi ini merujuk pada pemahaman bahwa bahasa mampu menyatukan diri kita dalam masyarakat. Bahasa merupakan modal penting bagi seseorang dalam proses adaptasi menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
  • Fungsi Kontrol Sosial
Fungsi ini mengandung makna bahwa bahasa dapat berperan mempengaruhi pendapat maupun sikap orang lain. Kemampuan dalam mempengaruhi pendapat maupun sikap tersebut dapat berguna sebagai alat untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang yang lebih baik.

Tidak ada komentar