Arti Kata Sange dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa

Kata-kata gaul kini sering kita jumpai tak hanya dalam percakapan sehari-hari namun juga berbagai komunikasi berbasis aplikasi chat baik facebook, instagram, twitter, line, bbm dan lainnya. Dan salah satu kata gaul yang sering kita temui ialah istilah sange. Nah, tahukah Anda apa definisi kata gaul sange tersebut?
Sange saat menonton
Arti Kata Sange dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa

Dalam bahasa Jawa kata sange berasal dari singkatan 2 kata yakni sa= sakaw dan nge=ngewe. Sakaw dalam Bahasa Indonesia berarti kecanduan, ketergantungan dan perasaan sangat menginginkan. Sementara kata ngewe dalam Bahasa Indonesia bermakna suka bersenggama, bercinta atau bersetubuh.

Penggunaan kata sange dalam bahasa gaul merujuk pada keinginan untuk melakukan hal cabul. Bahkan kata sange dalam percakapan media sosial sangat identik dengan hal yang berkaitan dengan nafsu.

Contoh penggunaan kata sange dalam percakapan-percakapan berikut ini:

A: Gile bener lu kalo liat cewe…
B: Iya, gue jadi sange ni liat tuh cewe…
A: Dingin banget ni cuaca…jadi sange ni
B: Busyet.. cabul yuks, sange berat …

Percakapan tersebut menggunakan kata sange sebagai cara untuk mengungkapkan keinginan yang terkait dengan hal cabul dan nafsu. Kata sange bertujuan menjelaskan perasaan sangat menginginkan akan aktivitas bercinta, bersetubuh atau bersenggama.

Dalam percakapan sehari-hari kata sange cenderung digunakan untuk mengungkapkan hal yang bersifat pribadi. Kata sange biasanya digunakan dalam percakapan orang-orang dewasa. Kita hendaknya berhati-hati dalam menggunakan kata tersebut. Oleh karena pengguna media sosial di dunia maya berasal dari berbagai usia, sebaiknya penggunaan kata sange digunakan dalam percakapan secara pribadi yang tidak secara langsung dapat dilihat secara masal di dunia maya. Ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itu dia diatas penjelasan mendetail tentang arti kata sange dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat membuka wawasan kita tentang makna bahasa gaul yang banyak dipakai saat ini.

2 komentar

jadi seperti itu thanks gan nice inpo banyak ditempat ane kata sange dipake anak anak kecil parah wkwk

Bocah jaman sekarang bilang kata² sange itu menjadi mainan sehari hari haha parah