Pengertian Barang Bebas dan Barang Ekonomi Disertai Contohnya

Barang Bebas
Kebutuhan manusia sangat beranekaragam jenisnya dan jumlahnya tak terbatas. Oleh sebab itu, alat pemuas kebutuhan manusia memiliki jenis yang beranekaragam. Alat pemuas kebutuhan manusia dapat berupa jasa maupun barang. Barang ialah alat pemuas kebutuhan yang berupa benda berwujud. Sementara jasa adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak memiliki wujud namun dapat dirasakan kegunaannya.

Pengertian Barang Bebas dan Barang Ekonomi Disertai Contohnya

Berdasarkan cara memperolehnya jenis barang dibedakan menjadi Barang Bebas dan Barang Ekonomi. Apa pengertian barang bebas dan barang ekonomi? Berikut penjelasan singkatnya:


• Barang Ekonomi

Barang Ekonomi merupakan barang yang tersedia dengan jumlah lebih sedikit dibandingkan jumlah maksimum kebutuhan masyarakat. Jenis barang ini memiliki sifat dan nilai jual yang sangat terbatas. Untuk mendapatkan jenis barang ekonomi kita memerlukan pengorbanan.

Produksi barang ekonomi membutuhkan sumber daya ekonomi dengan jumlah yang terbatas. Hal ini berarti jumlah produksi barang tersebut memiliki batasan tertentu. Contoh barang ekonomi antara lain: pakaian, rumah, makanan, beras, dll.

• Barang Bebas

Barang bebas merupakan barang yang tersedia dengan jumlah maksimum melebihi kebutuhan manusia. Hal ini berarti barang tersebut tidak memiliki nilai ekonomis sehingga tidak membutuhkan pengorbanan untuk memperolehnya.
Dalam ilmu ekonomi, jenis barang bebas jarang diperbincangkan karena tidak memiliki problem ekonomi. Contoh barang bebas antara lain: pasir di padang pasir dan udara di alam terbuka

Berdasarkan urain di atas dapat disimpulkan beberapa perbedaan Barang Bebas dan Barang Ekonomi yakni:


No

Barang Bebas

Barang Ekonomi

1.     

Tersedia dalam jumlah tak terbatas

Tersedia dalam jumlah terbatas

2.     

Tidak memiliki nilai ekonomis

Memiliki nilai ekonomis

3.     

Tidak membutuhkan pengorbanan untuk
memperolehnya

Membutuhkan pengorbanan untuk
memperolehnya

.     4.

Contoh: pasir di padang pasir dan udara di
alam terbuka


Contoh: pakaian,
rumah, makanan dan beras


Nah, demikianlah ulasan tentang pengertian Barang Bebas dan Barang Ekonomi disertai contohnya. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat membuka wawasan Anda tentang perbedaan barang bebas dan barang ekonomi.

Tidak ada komentar