7 Cara Mengatasi Kartu Internet Yang Tidak Muncul Jaringan Data Koneksi

Pada era teknologi ini, jaringan data atau koneksi internet merupakan hal penting yang tidak dapat lepas dari kehidupan modern. Apabila jaringan data hilang, maka secara otomatis perangkat Android Anda tidak dapat terkoneksi dengan internet. Hal ini mengakibatkan jaringan internet tidak dapat digunakan atau mati secara total. Padahal saat ini berbagai provider telah mengeluarkan beberapa sinyal paket data tercepat, contohnya 4G LTE.

Pasti sangat disayangkan apabila Anda tidak dapat mengakses internet dengan menggunakan jaringan data. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengetahui tentang penyebab hilangnya jaringan data serta beberapa cara mengatasi kartu internet yang tidak muncul jaringan data/koneksi. Silahkan simak ulasan berikut ini!
Kartu Internet Yang Tidak Muncul Jaringan Data Koneksi
ilustrasi Kartu Internet Yang Tidak Muncul Jaringan Data Koneksi
Penyebab Jaringan Data/ Koneksi Kartu Internet Tidak Muncul

1. Gangguan Dari Pihak Operator

Pada umumnya, kartu internet yang tidak muncul jaringan data/ koneksi disebabkan karena adanya gangguan dari pihak operator. Biasanya masalah seperti ini akan normal kembali selama kurang lebih satu jam, sehingga Anda tidak perlu kuatir atau melakukan apapun.

2. Kartu Terkena Begal atau Biblokir

Yang dimaksud dengan terkena begal disini adalah diblokir oleh pihak operator. Umumnya hal ini terjadi karena terlalu sering memakai internet gratis atau ilegal. Pemakaian yang tidak wajar dalam menggunakan data internet ini akan membuat pihak operator memblokir kartu sehingga Anda tak akan dapat mengaktifkan data/ koneksi kartu internet.

3. Perangkat Android bermasalah

Kemungkinan terakhir penyebab dari hilangnya data/ koneksi kartu internet adalah karena ada masalah pada perangkat Android itu sendiri. Biasanya hal ini terjadi akibat seringnya mengutak-atik smartphone Android, misalnya mengganti custom rom sehingga membuat jaringan data/ koneksi kartu internet tidak muncul.

Namun, terkadang walaupun Anda tak pernah mengutak-atik perangkat Android, kejadian seperti hilangnya jaringan data/ koneksi kartu internet juga bisa terjadi.

Cara Mengatasi Kartu Internet Yang Tidak Muncul Jaringan Data/Koneksi

1. Restart Perangkat Android

Merestart perangkat Android merupakan cara pertama yang dapat Anda lakukan. Cara ini tergolong cara yang paling mudah dan sederhana dalam mengatasi kartu internet yang tidak muncul jaringan data/ koneksi.

2. Mencentang Paket Data

Pertama yang harus dilakukan ialah memastikan jika kartu telah terpasang dengan baik pada perangkat Android. Setelah itu, perhatikan apakah Anda telah mencentang tanda sinyal paket datanya.

Caranya dengan membuka menu Settings. Langkah berikutnya adalah masuk pada Mobile Networks dan jangan lupa untuk mencentang Use Packet Data. Kemudian silahkan cek apakah jaringan data atau koneksi sudah muncul atau belum.

3. Menggunakan Mode Pesawat

Apabila cara pertama belum berhasil, Anda bisa menggunakan mode pesawat (Flight Mode) sebagai salah satu cara mengatasi kartu internet yang tidak muncul jaringan data/koneksi.

Menggunakan mode pesawat berguna dalam me-refresh atau mengembalikan koneksi internet seperti semula, saat Anda mengaktifkannya kembali.

4. Membeli Kartu Baru

Apabila hilangnya jaringan data atau koneksi disebabkan oleh diblokirnya kartu Anda oleh operator, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan membeli kartu baru. Dan pastikan untuk tidak terlalu sering menggunakan internet gratisan agar tidak terkena blokir kembali.

5. Membuat APN Baru

Cara selanjutnya yang patut Anda coba dalam mengatasi hilangnya jaringan data/ koneksi adalah dengan membuat APN baru. Cara ini terbilang ampuh dan mudah dilakukan.

Pertama, silahkan masuk ke menu Settings. Kemudian pilih Mobile Networks. Setelah itu, Anda diperkenankan untuk menekan Access Point Names. Selanjutnya, silahkan buat New APN. Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk memasukan APN internet, yang berbeda-beda settingannya tergantung dari setiap kartu.

Apabila Anda telah mengisi APN dengan benar, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menekan tombol Back, lalu Exit. Setelah itu, Anda akan melihat jaringan data/ koneksi kartu internet Anda akan muncul kembali.

6. Melakukan Hard Reset

Apabila cara-cara di atas belum membuahkan hasil dan jaringan data atau koneksi internet Anda masih belum muncul juga, maka langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah hard reset.

Namun, melakukan hard reset terbilang beresiko karena akan menghilangkan data-data Anda. Oleh karena itu, sebelum melakukan langkah ini, pastikan Anda telah menyimpan atau membackup seluruh data-data yang ada dalam perangkat Android ke eksternal memori atau laptop/ komputer.

Tahap pertama untuk melakukan hard reset adalah dengan masuk menuju menu Mode Recovery, dengan cara menahan tombol Volume Bawah serta Power secara bersamaan. Selanjutnya silahkan tekan Clear All Data And Cache. Kemudian tahap terakhir, Anda cukup me-reboot perangkat Android Anda. Setelah itu, silahkan Anda cek kembali jaringan data atau koneksi kartu internet pada Android Anda.

Nah, itulah ulasan singkat tentang penyebab hilangnya jaringan data serta beberapa cara mengatasi kartu internet yang tidak muncul jaringan data/koneksi. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Tidak ada komentar