Capek Mengetik Ulang? Tulisan Hasil Scan Bisa diubah ke Word BENARAN!!!!

Pernahkan Anda merasa capek mengetik ulang suatu dokumen pada Microsoft Word? Apalagi kalau dokumen yang harus diketik sampai berlembar-lembar, pasti akan sangat melelahkan. Nah, ini sekarang benaran!!! untuk itu sebaiknya Anda mengetahui beberapa cara mengubah tulisan hasil scan ke bentuk Word berikut ini.

Cara Mengubah Tulisan Hasil Scan ke Bentuk Word

1. Mengubah Hasil Scan ke Bentuk Word dengan Menggunakan Microsoft Office OneNote

• Scan Dokumen Dalam Bentuk JPEG atau Gambar

Pertama kali yang harus Anda lakukan untuk menyalin dokumen dalam bentuk word adalah dengan terlebih dahulu men-scan dokumen yang Anda perlukan ke dalam scanner atau pun printer yang terdapat mesin scan-nya. Silahkan Anda scan dokumen tersebut ke dalam bentuk JPEG atau gambar.

• Buka Microsoft Office OneNote

Setelah Anda berhasil men-scan semua dokumen yang diperlukan, maka langkah berikutnya adalah dengan membuka Microsoft Office OneNote. Kemudian, dokumen hasil scan tersebut dapat Anda tarik ke dalam aplikasi Microsoft Office OneNote.

Anda juga dapat memasukan dokumen hasil scan ke dalam aplikasi Microsoft Office OneNote dengan menggunakan cara manual, yaitu dengan menekan Menu, lalu pilih Insert. Setelah itu, Anda tekan Picture dan klik From Files. Kemudian silahkan cari dan pilih dokumen hasil scan Anda, lalu klik OK.

Apabila dokumen hasil scan sudah muncul pada layar laptop atau komputer Anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan meng-klik gambar atau dokumen tersebut hingga semuanya ter-block dengan sempurna. Kemudian, Anda klik kanan dan tekan Copy Text From Picture.

• Buka Microsoft Office Word

Untuk menyalin dokumen dalam bentuk Word, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuka Microsoft Office Word. Setelah itu, jangan lupa untuk menyalin atau paste hasil copy-an teks dari Microsoft Office OneNote. Nah, agar semakin enak dipandang, Anda dapat mengedit tulisan hasil copy-an tersebut dengan baik dan rapi pada Microsoft Office Word. Selesai.

2. Mengubah Hasil Scan ke Bentuk Word dengan Menggunakan Program Konversi Daring

Buka Situs Web OnlineOCR

Langkah pertama, silahkan Anda mengunjungi laman OnlineOCR atau https://www.onlineocr.net via peramban website. Kemudian, Anda dipersilahkan untuk menekan tombol Select File, yang berada pada sisi kiri halaman, berwarna biru.

Setelah itu, tampilan jendela penelusuran berkas atau dokumen akan muncul pada layar Anda. Silahkan Anda pilih berkas atau dokumen yang telah dipindai tersebut.

• Pilih Dokumen atau Berkas Hasil Scan

Setelah Anda selesai memilih dokumen atau berkas hasil scan pada jendela penelusuran berkas, maka tahap selanjutnya adalah memilih Open. Tak lama kemudian, berkas atau dokumen Anda akan diunggah pada situs web.

• Tekan Convert

Apabila berkas atau dokumen Anda telah sukses diunggah pada situs web, tahap berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol Convert. Hal ini bertujuan untuk mengubah format dokumen atau berkas Anda tersebut.

Apabila Anda melihat tombol Convert yang ditampilkan pada layar masih berwarna abu-abu atau tampak pudar, maka hal itu pertanda jika dokumen Anda masih dalam tahap loading, dengan kata lain masih belum selesai diunggah.

Setelah selesai diunggah, silahkan Anda menekan tombol Download Output File. Kemudian, dokumen hasil konversi Anda dalam bentuk Word pun akan segera diunduh.

• Buka Dokumen

Jika proses mengunduh dokumen word telah selesai, tahap selanjutnya Anda cukup meng-klik dua kali dokumen tersebut agar dapat dibuka pada Microsoft Office Word.

Nah, sekarang gambar atau dokumen Anda pun sudah berubah menjadi dokumen Word. Jika dokumen Anda terkunci secara bawaan, yang harus Anda lakukan adalah cukup dengan menekan pilihan Enable Editing.

Selanjutnya tentang ini : Cara merubah pdf ke word online tanpa Aplikasi Free

3. Mengubah Hasil Scan ke Bentuk Word dengan Menggunakan Office Lens Untuk Ponsel

Buka Aplikasi Office Lens

Sebelumnya, silahkan Anda mengunduh aplikasi Office Lens pada Play Store. Setelah itu, silahkan buka aplikasi ini dan tekan Aloow Access untuk dapat mengakses galeri ponsel atau kamera. Selanjutnya, Anda klik icon titik tiga dan pilih Document.

Tahap selanjutnya silahkan Anda klik Capture pada gambar dokumen yang akan dipindai. Pastikan pencahayaan cukup terang sehingga dokumen terlihat jelas. Setelah selesai mengambil gambar, silahkan tekan Done atau Save. Lalu pada bagian atas layar, silahkan Anda ketikkan judul.

• Pilih Word

Langkah selanjutnya, pilih Word untuk mengirim dokumen menuju folder Word pada akun OneDrive. Lalu masuklah pada akun Microsoft dengan mengetikkan alamat email akun Microsoft Anda beserta passwordnya. Kemudian, dokumen Word Anda akan diunggah menuju akun One Drive.

• Buka Microsoft Office Word dengan Komputer

Tahap terakhir, silahkan buka Microsoft Office Word pada komputer, kemudian klik Open Other Documents, lanjutkan dengan menekan OneDrive, lalu Personal.

Silahkan Anda tekan “+ Add a Place”, langkah selanjutnya pilih “OneDrive”, lalu masuklah pada akun Microsoft. Setelah itu, pilih folder Documents, lalu Office Lens. Langkah paling akhir adalah menekan dua kali pada dokumen Word yang Anda inginkan. Tak lama kemudian, dokumen tersebut
akan muncul pada Microsoft Word.


Demikianlah diatas beberapa cara mengubah tulisan hasil scan ke bentuk word. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar