Fungsi dan Contoh Remove Formatting Dalam Entry Blog

Fungsi dan Contoh Remove Formatting Dalam Entry Blog
ilustrasi Fungsi dan Contoh Remove Formatting Dalam Entry Blog
Banyak orang melupakan adanya fitur Remove Formatting pada Entry Blog, entah karena terlalu sibuk merangkai kata demi kata untuk mendapatkan pengunjung, atau bisa juga karena enggan mencari tahu satu per satu fitur yang ada pada Entry Blog. Sebenarnya fitur yang jarang dibicarakan orang ini memiliki fungsi yang dapat memudahkan para blogger dalam mengatur tulisan.
Penggunaan fitur Remove Formatting pada Entry blog tergolong sangat perlu karena dapat mempercepat kegiatan blogging Anda khususnya saat menulis postingan pada laman Entry Blog. Nah, apakah Anda penasaran dengan kegunaan dari fitur Remove Formatting? Jika iya, silahkan baca ulasan mengenai fungsi dan contoh Remove Formatting dalam Entry Blog berikut ini. Yuk, disimak!

Fungsi serta Contoh Remove Formatting Dalam Entry Blog

1. Fungsi Dari Remove Formatting Pada Entry Blog

Apabila Anda telah mengetik sebuah teks dengan menggunakan format Bold atau huruf tebal. Kemudian Anda sudah membedakan kata demi kata dengan menggunakan warna. Singkatnya, teks tersebut sudah Anda atur sedemikian rupa agar terlihat cantik, namun nyatanya malah semakin amburadul. Tentu saja, hal ini membuat Anda jengkel dan kesal.

Tapi, tenang saja, jangan bermuram durja karena Anda masih dapat kembali pada pengaturan awal, dimana semua teks serta kata belum dimodifikasi. Caranya adalah dengan menggunakan fitur Remove Formatting atau tanda huruf T yang di silang pada Entry Blog.

Penggunaan Remove Formatting, terbilang sangat amat mudah dan cepat, cukup dengan menekan sekali klik, maka sekejab mata, pengaturang yang tadinya amburadul tidak karuan, kini secara serentak kembali ke pengaturan awal atau normal lagi.

Pada dasarnya fitur Remove Formatting pada Entry Blog ini memang berfungsi untuk menghapus jenis format yang berada pada tulisan blog. Contohnya seperti tulisan blog dengan format Underline, Italic, Bold, Berwarna, Bercoret, Tulisan dengan Font Size Besar, Kecil, Tulisan dengan Background Warna, Bullets and Numbering.

Jadi, jika Anda menghapus format pada tulisan tersebut, maka tulisan akan kembali pada default atau normal pada laman Entry Blog, sehingga Anda pun tidak perlu repot mengembalikannya secara manual satu per satu. Cara sederhana dan mudai ini dapat Anda terapkan pada semua postingan, mulai dari postingan lama hingga yang telah terpublish.

2. Contoh Dari Remove Formatting Pada Entry Blog
Remove Formatting Dalam Entry Blog
Remove Formatting Dalam Entry Blog

Kurang lengkap jika Anda hanya mengetahui fungsi dari Remove Formatting tanpa di dukung dengan contohnya juga. Nah untuk itu, kami akan memberikan salah satu contoh dalam menggunakan Remove Formatting pada Entry Blog.

Pertama Anda dapat meng-copy paste judul blog postingan Anda terdahulu lalu sisipkan pada Entry Blog serta jangan lupa untuk menggunakan Remove Formatting atau tanda huruf T yang disilang. Maka, format serta bentuk tulisan akan normal dan jelas.

Apabila tidak ada akses internet, Anda cukup menulis pada Microsoft Word kemudian salin tulisan tersebut pada laman Entry Blog. Tahap selanjutnya, silahkan tekan Remove Formatting, maka dalam sekejab semuannya menjadi beres.

Dengan menggunakan fitur Remove Formatting, aktivitas blogging Anda pun akan menjadi lebih mudah dan cepat, apabila dibandingkan dengan mengetik atau menulis secara manual postingan terdahulu yang Anda inginkan.

Fungsi Menu Pada Postingan Blog
Selain mengetahui fungsi dan contoh remove Formatting dalam Entry Blog, ada baiknya Anda juga tahu tentang fungsi menu lainnya pada postingan blog berikut ini.

1. Undo

Undo merupakan fitur dalam Entry Blog yang berfungsi untuk mengembalikan atau membatalkan perubahan pada artikel atau teks

2. Redo

Apabila Anda ingin mengembalikan teks atau artikel yang sudah di-undo, maka cukup gunakan saja Redo

3. Font

Salah satu menu yang sering digunakan saat menulis blog adalah Font. Dengan menggunakan Font Anda dapat memilih karakter huruf atau merubah jenis huruf sesuai dengan keinginan Anda, seperti Courier dan Ariel. Selain itu, Font memiliki beberapa jenis ukuran, mulai dari Largest, Large, Normal, Small, hingga Smallest.

4. Normal

Menu normal adalah fitur yang digunakan untuk mengatur jenis heading huruf, misalnya seperti Minor Heading, Sub Heading hingga Heading

5. Bold

Anda dapat mencetak huruf tebal dengan memanfaatkan menu Bold. Umumnya fitur ini digunakan untuk menekankan kata atau kalimat terpenting pada artikel.

6. Underline

Sama seperti Bold, Underline juga kerap dipakai untuk menekankan kalimat yang penting, namun dengan cara memberi garis bawah pada kata atau kalimat tersebut.

7. Strikethrough

Salah satu menu pada postingan blog yang sering digunakan adalah menu Strikethrough. Fitur ini berfungsi mencoret kata atau huruf.

Lihat juga Merubah bahasa di blogger

Nah, itulah ulasan mengenai fungsi dan contoh Remove Formatting dalam Entry Blog beserta dengan beberapa fungsi menu pada postingan blog yang dapat kami jabarkan. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Tidak ada komentar