Kenali Bahaya Kipas Anginan Saat Tidur Malam Hari

Kipas angin merupakan peralatan elektronik yang dimanfaatkan untuk mendinginkan ruangan saat cuaca sedang panas atau gerah. Seperti yang kita tahu, kipas angin modern digerakkan dengan tenaga listrik yang diubah ke energi gerak sehingga menghasilkan udara yang sejuk dan dapat menyegarkan ruangan.

Negara-negara tropis seperti Indonesia memang dikenal memiliki cuaca yang cukup panas sehingga banyak orang menggunakan kipas angin untuk menjaga ruangan agar tetap sejuk. Namun, tahukah Anda jika penggunaan kipas angin berlebihan dapat membahayakan kesehatan?

Oleh karenanya, untuk menghindari masalah buruk pada kesehatan, sebaiknya kenali bahaya kipas anginan saat tidur malam hari, berikut ini:
Kenali Bahaya Kipas Anginan Saat Tidur Malam Hari
ilustrasi Kenali Bahaya Kipas Anginan Saat Tidur Malam Hari
Bahaya Kipas Anginan Saat Tidur Malam Hari

1.Penyakit Bell Palsy
Penyakit Bell Palsy
Penyakit Bell Palsy
Bell Palsy merupakan suatu kondisi kelumpuhan atau kelemahan pada sebagian otot wajah dan membuat salah satu sisi wajah akan tampak ‘melorot’. Penyakit Bell Palsy ini sifatnya sementara.

Penderita Bell Palsy akan mengalami kesulitan saat tersenyum dan tertawa serta terdapat pembengkakan di area wajah tertentu. Suhu dingin yang dihasilkan oleh kipas angin dan mengenai bagian wajah secara terus-menerus dapat menyebabkan syaraf wajah menegang dan terjadilah Bell Palsy.

lihat juga: rahasia manfaat minyak zaitun bagi kecantikan

2.Berkurangnya Pasokan Oksigen
orang kekurangan oksigen
orang kekurangan oksigen
Jika Anda mengarahkan kipas angin secara terus-menerus ke bagian wajah, Anda akan berpotensi mengalami kekurangan pasokan oksigen. Angin yang dihasilkan oleh hembusan dari kipas angin tak sepenuhnya berupa oksigen. Bahkan kemungkinan juga terdapat gas karbon dioksida yang tidak baik bagi tubuh.

Angin yang dihadapkan ke wajah secara terus-menerus akan membuat Anda kesulitan memperoleh pasokan oksigen yang memadai. Bahkan, bisa juga karbon dioksida yang Anda hembuskan justru Anda hirup kembali karena tertiup kipas angin. Hal ini mengakibatkan sirkulasi udara di sekitar wajah tidak baik.

3.Tubuh Kekurangan Air
takaran air di dalam tubuh
takaran air di dalam tubuh
Dr. Wendra Ali, seorang ahli syaraf, menyatakan bahwa berada di dalam ruangan yang dingin dapat menyebabkan dalam waktu yang terbilang lama dapat menyebabkan tubuh seseorang kekurangan air.

Hal tersebut dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh karena sekitar 70% tubuh memerlukan asupan air. Kekurangan air akan menyebabkan fungsi organ menjadi tidak maksimal. Untuk itu, kurangi penggunaan kipas angin.

4.Kulit Kering
Kulit Kering
Kulit Kering
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berada di ruangan bersuhu dingin dalam waktu yang lama dapat membuat tubuh kekurangan air. Salah satu dampak yang paling terlihat saat tubuh kekurangan asupan air adalah kondisi kulit menjadi kering. Kulit kering merupakan kodisi yang menyebabkan kulit menjadi tidak terlihat sehat.

Untuk menghindari kondisi ini, kurangi penggunaan kipas angin terutama saat Anda tidur di malam hari. Di samping itu, kecukupan asupan air harus selalu Anda perhatikan. Konsumsi air putih sebagai air minum utama secara cukup sangat penting agar kulit juga selalu tampak seat dan tidak kering.

5.Otot Kaku dan Nyeri
Otot Kaku dan Nyeri
Otot Kaku dan Nyeri
Kebiasaan menggunakan kipas angin saat tidur malam hari juga bisa menimbulkan otot terasa kaku dan nyeri. Suhu dingin ruangan dapat menyebabkan terjadinya penurunan produksi cairan lubrikasi. Cairan lubrikasi memiliki peran penting untu menguatkan otot dan persendian dalam tubuh manusia.

Jika produksi cairan lubrikasi semakin berkurang, otomatis otot-otot dalam tubuh akan terasa kaku dan nyeri. Maka, tak heran jika otot kaku dan nyeri banyak dikeluhkan oleh orang yang sering menggunakan kipas angin saat tidur di malam hari.

6.Infeksi Saluran Pernapasan
Infeksi Saluran Pernapasan
Infeksi Saluran Pernapasan
Kipas angin didesain hanya untuk menggerakkan udara di sekitarnya agar menghasilkan hembusan angina. Sayangnya, kipas angin bukanlah didesain untuk menyaring udara yang dihembuskan. Maka, tak ada jaminan apakah udara yang berasal dari kipas angin dan kemudian Anda hirup merupakan udara bersih dan berkualitas serta bebas dari kuman dan penyakit.

Udara yang tidak bersih dan mengandung kuman, virus, serta penyakit justru akan memicu timbulkan penyakit infeksi pada saluran pernapasan, misalnya penyakit asma.

7.Menjadi Kebiasaan Tak Sehat
Kebiasaan Tak Sehat
Kebiasaan Tak Sehat
Otak adalah organ yang mengendalikan syaraf-syaraf perasa yang dapat mempengaruhi kenyamanan. Apabila Anda sering menggunakan kipas angin saat tidur di malam hari, maka hal tersebut akan tertanam di tak Anda dan menciptakan suasana nyaman yang akan berubah menjadi kebiasaan.

Kebiasaan seperti ini merupakan kebiasaan yang tidak sehat karena beresiko memicu datangnya banyak penyakit. Selain itu, kualitas tidur pun akan menurun karena Anda akan cenderung merasa lelah dan nyeri saat bangun dari tidur. Untuk itu, hindari membiasakan diri dengan kipas angin, ya.

8.Mudah Terserang Penyakit
Mudah Terserang Penyakit
Mudah Terserang Penyakit
Salah satu kunci kesehatan seseorang adalah sistem metabolisme yang baik. Metabolisme yang baik ditandai dengan produksi keringat. Menggunakan kipas angin tentunya akan menurunkan produksi keringat tubuh dan berdampak buruk terhadap kerja metabolisme.

Metabolisme yang tidak berjalan dengan baik dapat menurunkan imunitas sehingga akan mudah terserang penyakit.

Nah, semoga ulasan tentang bahaya kipas anginan saat tidur malam hari diatas bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Tidak ada komentar