Mengapa Hp Saya Tidak Bisa Menerima SMS? Dibawah Ini jawabanya

Pernahkah mengalami masalah pada handphone kesayangan anda, misalnya tidak dapat menerima SMS? Dibawah Ini jawabanya, Jika hal ini terjadi, tentunya sangat mengganggu dan membuat jengkel bukan? Meski kini telah banyak aplikasi chat seperti WhatsApp, BBM, Line, dan sebagainya, namun layanan SMS tetap penting terutama saat menunggu kabar penting dari keluarga atau rekan yang tidak menggunakan platform messenger online.

Masalah hp tidak bisa menerima SMS bisa terjadi pada semua jenis hp baik itu android atau bukan. Nah untuk Anda yang saat ini sedang kebingungan dan bertanya-tanya ‘mengapa hp saya tidak bisa menerima SMS?’ maka sebaiknya simak ulasan berikut ini. memiliki

Mengapa Hp Tidak Bisa Menerima SMS?

Tak hanya pesan dari keluarga atau rekan saja yang penting untuk diketahui. SMS berisi notifikasi atau pemberitahuan seperti dari provider sim card atau SMS banking juga sangat penting untuk mengetahui informasi pengisian pulsa atau aktivitas transaksi banking dan lain sebagainya.

Nah, sebelum membahas cara mengatasi hp yang tidak bisa menerima SMS, alangkah baiknya Anda mengetahui dulu penyebab gagalnya SMS masuk ke hp Anda. Nah, langsung saja kita simak informasi selengkapnya.

Penyebab Hp Tidak Bisa Menerima SMS

⇒Sinyal buruk. Coba periksa ketersediaan jaringan atau sinyal di daerah Anda. Masalah utama hp gagal menerima SMS biasanya karena sinyal yang buruk. Sinyal buruk bisa jadi disebabkan cuaca buruk seperti hujan lebat dan badai atau tidak tersedianya jaringan provider yang Anda gunakan di daerah tersebut.

⇒Memori SMS penuh. Penyebab lainnya adalah memori SMS yang sudah penuh. Jika memori penuh tentunya SMS yang baru dikirim ke nomor Anda tidak akan masuk. Untuk itu, sebaiknya hapus SMS yang dirasa sudah tidak penting lagi. Jika ruang memori tersedia, secara otomatis SMS baru akan masuk ke hp Anda.

⇛Belum diregistrasi dengan benar. Sesuai dengan adanya perintah registrasi ulang untuk semua nomor seluler oleh pemerintah, maka Anda juga harus melakukan registrasi ulang nomor yang Anda gunakan. Siapkan kartu identitas dan juga nomor KK untuk registrasi sim card Anda.

⇛Salah memasukkan nomor pusat layanan SMS. Meskipun biasanya nomor pusat layanan SMS sudah tersetting secara otomatis di hp Anda, tak ada salahnya Anda memeriksa nomor tersebut kembali. Jika ada kesalahan, tentunya Anda harus segera memperbaikinya karena SMS yang dikirim ke nomor Anda tentu tidak akan masuk ke hp.
Mengapa Hp Saya Tidak Bisa Menerima SMS
Mengapa Hp Saya Tidak Bisa Menerima SMS
Solusi Mengatasi Hp Tidak Bisa Menerima SMS

Jika sumber permasalahan terletak pada kesalahan memasukkan nomor pusat layanan SMS, maka segera perbaiki dengan cara-cara berikut ini.

1. Langkah pertama, cari tahu nomor pusat layanan SMS sesuai dengan provider sim card yang Anda gunakan. Berikut adala daftar nomor pusat layanan SMS pada beberapa provider operator seluler:
  • Simpati atau kartu AS : +6281100000
  • Mentari : +62816124
  • IM3 : +6285500000
  • XL : +62818445009
  • AXIS : +628315000032
  • Tri : +6289644000001
2. Langkah kedua, buka handphone Anda lalu masuk ke menu ‘Pesan’ atau ‘Messaging’
3. Langkah berikutnya, scroll ke bawah hingga Anda menemukan menu ‘Pengaturan’, lalu masuk ke menu tersebut, kemudian masuk ke pilihan menu pesan teks (SMS)
4. Setelah itu, akan terdapat menu pilihan lagi yang muncul pada layar, pilihlah menu ‘Pusat Layanan SMS’ atau ‘SMS Service Center’
5. Berikutnya, periksa apakah nomor tersebut sudah sesuai, jika belum segera masukkan ulang nomor pusat layanan SMS sesuai dengan penyedia kartu sim yang Anda gunakan. Pastikan nomor tersebut sudah betul ya.
6. Langkah terakhir, klik ‘Ok’. Bila perlu, matikan hp Anda terlebih dahulu, kemudian nyalakan kembali.
7. Nah, kini hp Anda sudah bisa menerima SMS lagi.

8. Namun, jika cara di atas masih belum bekerja, coba periksa kembali hp Anda. Pengguna smartphone android terkadang tidak bisa menerima SMS dikarenakan adanya aplikasi My Telkomsel yang terinstall di hp. Nah, untuk mengatasinya sebaiknya Anda uninstall aplikasi My Telkomsel di smartphone android Anda.
9. Akan tetapi, jika hal tersebut tidak membantu, lakukan pengaturan ulang dengan reset factory atau kembali ke pengaturan pabrik. Sebelumnya, pastikan Anda telah melakukan back up data-data penting agar tidak hilang.
10. Langkah terakhir, coba hubungi call center operator yang Anda gunakan dan beritahukan secara langsung permasalahan Anda ke customer service.

lihat juga: manusia teraneh di dunia nyata

Nah, kini pertanyaan Anda ‘mengapa hp saya tidak bisa menerima SMS?’ akhirnya terjawab bukan? Lakukan cara-cara di atas untuk memperbaiki setting atau setelan hp dan mengatasi permasalahan di hp Anda agar SMS yang baru bisa masuk. Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba tips diatas.

1 komentar

Bagai mna cara mngatasi hp tidak bisa menerima sms tapi kirim atau nelvon bisa