Penyebab dan Cara Mengatasi Printer EPSON L220 Berkedap-Kedip Merah

Printer adalah sala satu hardware atau perangkat yang memiliki peranan penting untuk menyelesaikan pekerjaan, khususnya yang berkaitan dengan cetak dokumen maupun gambar dan foto. Fungsi printer tak hanya dimanfaatkan oleh pekerja kantoran, namun juga oleh mahasiswa ataupun pelajar dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dosen atau guru.

Printer yang sering digunakan tak jarang mengalami kerusakan atau error. Salah satu yang sering terjadi pada printer EPSON L220 adalah lampu indikator merah yang berkedap-kedip. Ini menandakan adanya gangguan pada printer tersebut. Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Nah, berikut telah kami rangkum ulasan terkait penyebab dan cara mengatasi printer EPSON L220 berkedap-kedip merah.

Beragam Penyebab dan Cara Mengatasi Priter EPSON L220 Berkedap-Kedip Merah

1. Persediaan Kertas Habis

Penyebab umum yang sering terjadi jika lampu indikator berkedap-kedip merah adalah persediaan kertas yang sudah habis pada tray paper (tempat menampung kertas). Kemudian, layar komputer atau laptop akan menampilkan kotak dialog yang intinya memberi informasi bahwa kertas habis.

Cara Mengatasi: untuk mengatasi gangguan ini, tekan tombol merah yang berkedap-kedip tersebut selama beberapa detik sampai lampu tersebut mati. Selanjutnya letakkan beberapa lembar kertas di tray paper dengan posisi yang tepat.

Selanjutnya, print halaman yang belum sempat tercetak dengan cara merestart status print. Caranya yaitu dengan klik devices and printers > double klik pada status printer yang aktif (print yang Anda gunakan) > klik kanan status dokumen yang muncul > klik restart. Selanjutnya, proses printing akan berlanjut.

Agar hal ini tak terjadi, usahakan supaya Anda menyiapkan kertas sejumlah dokumen yang ingin dicetak. Untuk berjaga-jaga, Anda juga bisa menyiapkan kertas dengan jumlah lebih.

2. Paper Jam

Apa itu paper jam? Paper jam adalah kertas yang tersangkut. Paper jam bisa disebabkan karena cara meletakkan kertas pada tray paper yang kurang tepat, kertas kusut atau terlipat, kertas lembab, atau menempel dengan kertas lainnya. Kertas yang tidak diletakkan dengan benar pada tray paper akan keluar jalur sehingga proses printing tidak bisa sempurna.

Cara Mengatasi: matikan printer dengan menekan tombol power. Selanjutnya, bukalah penutup printer lalu ambil kertas yang tersangku tersebut dengan hati-hati. Perhatikan apakah tidak ada sisa sobekan kertas yang masih tersangkut di dalam printer. Jika ada sobekan kecil, segera ambil karena kemungkinan printer Anda masih berkedap-kedip merah dan tidak berfungsi maksimal.

Sebaiknya Anda juga memeriksa kondisi printer bagian dalam yang termasuk roller kertas (penggulung dan pemutar kertas) dan juga tabung cartridge. Usahakan agar Anda juga selalu membersihkan bagian dalam printer EPSON L220 Anda dari debu yang menempel menggunakan tissue agar performa printer tetap maksimal.

Kemudian, jika sudah tidak ada sisa kertas yang tersangkut dan kondisi printer sudah bersih, nyalakan kembali printer EPSON L220 Anda. Tunggu beberapa menit sampai printer tersebut sudah berstatus ‘ready’. Lalu, cobalah mencetak ulang dokumen Anda. Semoga berhasil.

3. Kertas Tidak Tepat pada Tempatnya (Tray Paper)

Penyebab ketiga mengapa printer EPSON L220 berkedap-kedip merah adalah karena peletakan kertas yang tidak sesuai pada tray paper (tempat menaruh kertas).

Cara Mengatasi: Periksa ulang apakah Anda sudah meletakkan kertas dengan posisi yang benar. Angkat semua kertas terlebi dahulu, lalu rapikan tumpukan kertas tersebut. Selanjutnya taruh pada tray paper dengan baik dan teratur.

Nah, itu dia penyebab dan cara mengatasi printer EPSON L220 berkedap-kedip merah. Printer EPSON L220 memang banyak dijadikan pilihan karena kualitas cetakannya yang bagus, terutama untuk cetak foto. Namun, apabila cara-cara diatas tetap tidak memecahkan permasalahan pada printer EPSON L220 milik Anda, ada baiknya Anda melakukan pengaturan ulang atau reset printer Anda.

Printer EPSON L22
Printer EPSON L22
Cara Reset Printer EPSON L220 secara Manual

Memperbaiki printer EPSON L220 dapat Anda lakukan dengan cara yang mudah. Berikut ini adalah langkah-langkanya:
  • Pertama, matikan printer EPSON L220 Anda terlebi dahulu
  • Selanjutnya, lepas kabel printer tersebut dan tunggu hingga kurang lebih 5 menit lamanya
  • Berikutnya, nyalakan kembali printer Anda. Jika masih mengalami error, coba lanjutkan ke langkah berikutnya
  • Tekan tombol resume pada printer, lalu tekan hingga kurang lebih 5 detik, lalu lepaskan
  • Kemudian, tekan tombol tersebut kembali, tahan selama 3 detik dan tekan dengan cepat
  • Nah, selanjutnya printer akan melakukan pengaturan kembali atau reset secara manual
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Terakhir, lakukan uji coba dengan mencetak satu halaman dokumen.
Di samping itu, Anda juga bisa melakukan reset pada printer EPSON L220 dengan cara lain, yaitu dengan menggunakan bantuan software resetter. Software resetter untuk printer EPSON L220 sendiri sudah banyak beredar dan dapat Anda temukan dengan mudah di internet.

Hal ini sebagai langkah perawatan printer Anda agar selalu dpaat bekerja dengan maksimal dan membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar