Arti Kata Gaul Ilfil Dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasanya

Saat Anda melihat orang yang mengupil langsung di depan Anda, apa yang akan Anda lakukan? Memarahinya atau langsung pergi begitu saja tanpa berkata sepatah kata pun? Yup, tentu saja. Karena hal tersebut sangat menjengkelkan, dalam hati pun kita biasanya akan memaki – maki orang tersebut dan merasa ilfil dengannya.

Ilfil

Berbicara tentang ilfil, tentunya Anda sudah akrab dengan salah satu kata gaul Indonesia tersebut, bukan? Mungkin tidak jarang juga teman – teman Anda bicara dengan kata ilfil saat merasa marah dengan orang lain. Namun tahukah Anda apa sebenarnya arti dari ilfil itu? Apakah kata tersebut sebenarnya baik untuk kita ucapkan atau hanya kata – kata biasa saja?

Arti Kata Gaul Ilfil

1. Ilfil merupakan salah satu bahasa gaul saat ini yang berasal dari kata “hilang feeling”. Jika diucapkan maka akan terdengar menjadi “ilfil”.

Kata “ilfil” sendiri berarti luapan perasaan seseorang ketika merasa marah, jengkel, atau muak dengan kelakuan seseorang yang dianggap aneh atau jorok. Misalnya saat melihat orang yang mengupil, maka Anda akan bergidik ngeri dan merasa tidak nyaman.

2. Ilfil bisa juga berasal dari bahasa inggris, dari kata “ill feel” yang berarti perasaan yang sakit. Lebih jelasnya ialah perasaan yang membuat muak, biasanya jika anda melihat sesuatu yang menurut anda jorok, aneh, atau pun tingkah yang tidak pada tempatnya.

Misalnya :
Sanset : Lihat lihat. Ada bapak – bapak yong merokok sambil minum kopi panas.
Yuli : Ini kan area no smoking? Bapak itu tidak membaca ya?
Sanset : Ihh kok bikin ilfil ya. Ayo cari tempat yang lain saja. Asap rokok membuatku tidak nyaman.

3. Kata ilfill berasal dari bahasa jawa “ ilang prasaan” yang berarti hilang perasaan. Maksudnya menunjukkan suasana yang menyebalkan di mana perasaan tiba- tiba tidak jelas karena sesuatu hal.

Misalnya :
Sanset : Aku mau duduk di dekat jendela itu.
Yuli : Jendela ? Janganlah.
Sanset : Iya. Ada apa?
Yuli : Ada Aagas. Aku benci. Ilfil. Ayo pergi.

Kata ilfil merupakan kata gaul yang sudah terdaftar dalam kamus gaul Bahasa Indonesia. Kata ini seringkali diucapkan oleh anak muda bahkan ibu- ibu gaul yang berjiwa kekinian. Terlebih bagi anda yang senang menggunakan media sosial, entah itu Instagram, Facebook, Telegram, Whatsapp atau lainnya, tentunya sudah sangat familiar mendengar melihat kata ini di tulis.

Penyebab Orang Bersikap Ilfil

Tidak mungkin orang lain bisa bersikap ilfil terhadap Anda secara tiba- tiba. Tentunya semua itu terdapat sebabnya, sikap yang Anda sadari mau pun yang tidak Anda sadari. Untuk alasan lengkapnya bisa Anda simak penjelasan berikut ini.

1. Over narsis

Siapa yang tidak akan ilfil terhahap Anda jika setiap kali ada objek yang bagus Anda langsung mengambil samrtphone dan asal jepret. Atau bisa juga Anda terlalu membanggakan diri sendiri dengan mengatakannya berkali- kali kepada orang lain, maka orang tersebut akan langsung sebal dan menjadi ilfil.

2. Over bossy

Tentunya tak ada yang mau jika hidupnya dicampuri oleh orang lain. Orang- orang sangat benci jika Anda bersikap sok tahu atau pun sok care sehingga selalu mencampuri setiap urusan yang dimiliki. Orang juga tidak suka diperintah terus menerus tanpa alasan yang jelas.

Lama- lama orang lain akan merasa enggan berada di dekat Anda. Sikap tersebut akan membuat orang lain merasa tidak memiliki privasi ketika bersama Anda. Oleh karena itu, batasi sikap Anda mulai sekarang dengan bersikaplah sewajarnya.

Baca Juga : maksud arti kata bucin

3. Terlalu kompetitif

Jika Anda bersikap seperti ini tentunya orang lain tidak akan suka. Pembawaan yang selalu serius dan ambisius untuk mengalahkan orang lain serta sikap yang berusaha menonjolkan diri sangat dibenci orang. Oleh karena itu dalam bersosialisasi bersikaplah sewajarlah dengan berkompetisi secara sehat.

4. Suka melakukan hal aneh

Hal ini sering menjadi alasan kenapa orang lain merasa ilfil terhadap seseorang. Setiap orang memang memiliki kebiasaan yang sering dilakukan sehingga menjadi suatu kebiasaan, namun bagi orang lain hal tersebut bisa menjadi sangat aneh dan menyebalkan. Oleh karena itu, perhatikan sekitar dalam bersikap dan pandai- pandailah dalam menempatkan diri.

5. Tidak bisa diandalkan dan suka bergantung

Sikap seperti ini sangat dibenci oleh banyak orang. Kedua sikap di atas seringkali membuat orang lain kecewa karena pada awalnya mengendalikan Anda namun Anda tidak bisa menyelesaikannya. Sikap terlalu tergantung pada orang bisa membuat Anda dipandang sebagai orang yang tidak mandiri.


Nah, itulah penjelasan detail terkait arti kata gaul ilfil, semoga ulasan ini bermanfaat sehingga Anda bisa bersikap lebih baik lagi.

Tidak ada komentar