Arti Kata Gaul SKSD Dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasanya

Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya namun orang tersebut sudah bersikap sok akrab, bahkan sok kenal, sok dekat atau yangpopuler dengan sebutan SKSD? Saat SKSD, biasanya orang tersebut akan berusaha untuk mendapatkan perhatian Anda, bisa dengan cara yang wajar atau cara yang unik dan bahkan aneh.

Saat SKSD sudah mencapai tahap yang lebih serius, biasanya orang tersebut akan berusaha untuk mengorek informasi lebih jauh tentang Anda. Misalnya nomor telepon hingga alamat rumah. Caranya pun bermacam – macam, bisa bertanya kepada Anda langsung atau mendekati orang yang memang dekat dengan Anda.

Arti Kata Gaul SKSD Dalam Bahasa Indonesia

Kata SKSD sendiri merupakan salah satu kata gaul yang pernah booming sejak tahun 90-an. Bahkan hingga saking tenarnya, kata SKSD ini pernah dibuatkan film dan sebuah lagu. Hingga saat ini, istilah ini tetap digunakan bila terdapat orang yang sok akrab padahal baru berkenalan atau baru bertemu satu kali.

SKSD
SKSD

Istilah SKSD ini merupakan kependekan dari Sok Kenal Sok Dekat. Maksunya saat berkenalan untuk pertama kali orang tersebut langsung melancarkan serangan sok akrab, layaknya orang yang sudah kenal lama seperti sahabat dekat. Misalnya seperti di bawah ini.

Bagas : Kenalin, namaku Bagas. Kamu siapa?
Sanset : Aku Sanset. Panggil aja San.
Bagas : Wah bagus ya. Pasti kamu lahir saat matahari terbenam kan?
Sanset : Entah.
Bagas : Pasti iya. Wah nama itu cocok lho soalnya kamu cantik banget. Kamu perawatan di mana sih? Kapan – kapan kuantar lah, gratis kok.
Sanset : Apaan sih. SKSD banget. Baru juga kenalan.

Kira – kira seperti itulah fenomena SKSD yang terjadi di Indonesia. Bagaimana dengan Anda?

Tips Cara Berkenalan Tanpa Terlihat SKSD

Bagi Anda yang ingin menambah pertemanan, tentunya Anda harus berani berkenalan dengan orang lain. Setelah itu Anda juga harus berani untuk membuka percakapan dengan orang tersebut. Namun seringkali langkah kita ini dianggap salah dan dicap SKSD.

Bagi orang yang introvert, berkenalan dengan orang lain dan membuka suatu hubungan tentu sanagt sulit jika tidak SKSD. Lalu bagaimana caranya agar Anda yang introvert maupun ekstrovert bisa berkenalan dengan orang lain tanpa terkesan SKSD ?

1. Mulailah dengan senyuman

Saat Anda bertemu dengan orang baru, usahakan Anda menunjukkan wajah yang ceria, hangat, serta jangan lupa tersenyum. Tersenyum pun jangan dipaksakan, namun tersenyumlah dengan alami dan tanpa paksaan. Dengan begitu, orang lain akan merasa nyaman dan pasti membalas senyum Anda dengan senyum pula atau dengan anggukan sederhana.

2. Mulai dengan topik yang sederhana

Tips untuk berkenalan dengan orang lain agar tidak terlihat SKSD sebaiknya dimuali dengan obrolan yang sederhana, misalnya Anda bertanya tentang arah suatu toko atau bertanya sekarang jam berapa.

Sebenarnya cara ini cukup jitu agar Anda bisa berkenalan denagn orang lain tanpa terkesan SKSD. Selain anda mendapat respon positif dari lawan bicara, anda juga bisa melanjutkan pembicaraan secara mengalir dan tentunya tidak terlihat dibuat- buat.

3. Obrolan seputar lawan bicara

Cara ini cukup banyak dipraktikkan orang banyak saat berkenalan dengan orang baru. Ketika Anda sudah terlihat nyaman dengan obrolan sebelumnya, maka Anda bisa bertanya beberapa hal tentang dirinya. Namun hal tersebut hanyalah hal yang umum saja, hindari pertanyaan yang terlalu privasi. Misalnya:

Bagas : Permisi, mau tanya, sekarang jam berapa? Apa sudah masuk waktu shalat ?
Sanset : Baru pukul 11.30, jadi belum adzan.
Bagas : Oh terimakasih ya. Ngomong – ngomong kamu anak YKPN juga ya ? Kok almamaternya agak sama ?
Sanset : Iya, aku di bagian manajemennya. Kamu juga ?
Bagas :Iya, aku di bagian akuntansi. Wah salam kenal ya. Aku Bagas.
Sanset : Iya, aku Sanset. Panggil aja San. Aku dari angkatan 2015.
Bagas : Kalau aku 2014, jadi sudah semester tua...
Sanset : Iyakah ? Tapi kamu masih terlihat muda kok, wajahmu juga babyface...”

Untuk memancing lawan bicara diperlukan sebuah trik agar cara yang dipakai tidak terlalu murahan dan tidak terkesan SKSD. Oleh karena itu Anda harus pintar mengolah kata agar terliaht berkenalan secara alami.

4. Ajaklah ke ranah pertemanan

Siapa yang tidak mau di ajak berteman? Ketika semua cara di atas sudah berhasil, maka jangan ragu untuk meminta akun Instagramnya atau ID Line dengan alasan komunikasi lebih lanjut jika ada informasi terbaru.

Jangan berpikir jika hal tersebut akan membuat Anda terlihat sangat SKSD, justru lawan bicara Anda yang baru akan menghargai Anda. Karena Anda menghargai pertemuan sehingga Anda pun meminta kontak lawan bicara sehingga silaturahim tidak terputus.

Nah, sekarang jadi lebih paham kan tentang arti kata gaul SKSD dalam bahasa Indonesia dan penjelasannya, setelah membaca ulasan diatas. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar