Arti Kata Japri di WA, BBM, Pada Sosmed, Jual Beli Online atau Online Shop

Arti Kata Japri di WA, BBM, Pada Sosmed, Jual Beli Online atau Online Shop - bangpurba.com -
Perkembangan teknologi informasi tentu saja dibarengi dengan pekembangan media sosial serta aplikasi messager. Dalam berbagai aplikasi komunikasi entah itu Whatsapp, BBM, Online Shop, Instagram, Facebook, dan media sosial yang lain biasanya komunikasi dilakukan secara tertutup, artinya percakapan hanya diketahui oleh orang di dalamnya.

Japri

Namun saat Anda sedang berchatting ria di grup, apakah ada seseorang yang menyuruh Anda menjaprinya ? Yang kita tahu japri juga termasuk chat. Lalu apa sebenarnya japri itu ?

Pengertian Japri di Aplikasi Messager dan Media Sosial

Saat Anda sedang asyik berinternet atau berbalas pesan di grup kampus atau bahkan grup jual beli, ada seserang yang menyuruh Anda untuk menjaprinya. Apakah Anda tahu apa itu japri? Sebenarnya japri termasuk bahasa gaul yang marak digunakan ketika banyak aplikasi chatting sudah bisa kita unduh dengan gratis seperti sekarang. Kata japri sendiri merupakan kependekan dari jalur pribadi.

Untuk pengertian lebih lanjutnya, japri adalah suatu keinginan di mana orang lain ingin kita melakukan chat secara pribadi tanpa orang lain yang tahu karena hal yang dibahas merupakan hal yang privasi. Misalnya saat Anda sedang asyik membahas sesuatu di grup, ada seserang yang mengirimi anda pesan “tolong japri saya saja.”.

Hal itu berarti bahwa orang tersebut ingin melakukan pembicaraan pribadi tentang hal penting, baik itu di BBM, Whatsapp, di akun online shop, atau pun di media sosial yang lain. Intinya di japri ini, Anda perlu memakai jalur privat agar tidak diketahui orang lain.

Tips – Tips Agar Japri (Jalur Pribadi ) Tetap Sopan

Biasanya ada beberapa orang yang japri dengan seenaknya bahkan tidak memperhatikan etika yang berlaku. Begitu pun dengan si pembalas pesan, hanya membalas pesan sekenanya saja.

Namun jika yang memberi pesan adalah seorang yang penting, misalnya saja kolega bisnis, ingin membicarakan sesuatu yang penting dengan Anda, apa yang harus Anda lakukan agar chat pribadi tersebut tetap terdengar sopan sehingga chat tersebut tetap berjalan lancar dan menyenangkan?

1. Memulai chat dengan sapaan

Entah yang Anda japri itu gebetan, pacar, orang tua, atau bahkan rekan bisnis, biasakan agar selalu memulai chatting dengan salam. Bisa selamat pagi, siang, atau salam sesuai agama masing – masing.
Contoh awal japri yang sopan adalah :

“Assalamualaikum Bu Dini. Selamat siang, maaf mengganggu. Perkenalkan saya Dina, mahasiswa Manajemen angkatan 2015. Mengenai lowongan pekerjaan di bagian admisi yang ditempelkan minggu lalu, apakah masih dibuka ?
Terimakasih.”

2. Gunakan bahasa yang halus

Saat menjapri orang, gunakanlah bahasa yang halus dan enak didengar. Jangan menjapri orang dengan menggunakan bahasa yang kasar secara langsung. Hal ini tentunya bisa menimbulkan perselisihan serta salah paham, mengira bahwa Anda tidak menghargainya.

Oleh karena itu, siapa pun yang Anda japri itu lebih muda atau pun lebih tua, usahakan bahasanya halus, mengalir, dan mudah dipahami. Hal tersebut akan membuat chatting terasa lebih enak serta membuat orang lain nyaman.

3. Jangan keluar dari topik yang dibicarakan

Jika hal yang dibahas merupakan hal yang penting, seperti masalah kantor, kampus, apalagi bisnis. Jangan sekali – kali mengalihkan topik pembicaraan. Hal ini akan membuat Anda terlihat tidak profesional, seolah – oleh lari dari permasalahan. Oleh karena itu saat sedang membahas sesuatu yang penting, pahami alur permasalahannya dan berikan jawaban yang terbaik yang bisa Anda berikan.

4. Membahas topik yang menarik

Berbeda halnya jika Anda japri adalah seseorang dengan tujuan untuk pendekata. Saat memulai chatting usahakan kalimat yang dikirim jangan terlalu kaku. Kalimat yang kaku akan membuat Anda terlihat kaku juga. Buatlah kalimat yang menarik dan sesopan mungkin, sehingga lawan chatting merasa dihargai.

Untuk topiknya sendiri, pilihlah topik yang berkualitas. Biasanya orang yang melakukan pendekatan terhadap yang disuka terdapat kalimat yang dianggap harus ditanyakan, misalnya “kamu sedang apa?”, “sudah makan?”, “baru apa sekarang?”, dan lainnya. Usahakan kurangi kalimat – kalimat tidak penting seperti itu.

Bahaslah hal – hal yang menarik, seperti hal yang dia sukai, hal – hal yang sedang menjadi trending topic, dan lainnya. Untuk kalimat di atas boleh Anda sampaikan, namun jangan terlalu sering karena hal tersebut akan membuat chatting menjadi membosankan jika terus ditanyakan.

5. Chat dua arah

Dalam japri yang baik, tentunya percakapan harus dua arah. Maksudnya kedua belah pihak aktif bertanya serta aktif pula menjawab dengan porsi yang seimbang. Jika hanya salah satu yang selalu bertanya maka orang tersebut bisa dianggap memiliki sifat suka kepo, meneror, bahkan suka mendominasi.

Untuk menghindari hal tersebut, usahakan pada saat chat melalui jalur personal kedua belah pihak bersifat sportif. Maksudnya sama – sama bertanya maupun menjawab, jangan hanya satu pihak saja.


Demikianlah penjelasan mengenai arti kata japri di WA, BBM, pada sosmed, jual beli online atau online shop yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat ya.

Tidak ada komentar