Arti Kata Vroh Dalam Sosmed, Kitab Kamus Gaul Serta Facebook

Saat ini banyak anak-anak remaja yang sering kali menggunakan berbagai bahasa gaul yang kadang kita tidak mengerti maksudnya. Salah satunya adalah kata gaul ‘Vroh’. Tentunya sudah cukup familiarkan dengan kata/istilah ini? Terutama bagi mereka yang aktif di facebook, twitter atau aplikasi berbasis chat lainnya sepeti BBM, Line.

Lantas, tahukah anda, apa definisi atau arti kata Vroh yang sebenarnya? Nah, jika anda belum tahu, silahkan baca ulasan kami berikut ini.

vroh

Pengertian Bahasa Gaul

Kata Vroh yang seringkali kita temui dalam sosmed, kitab gaul serta facebook, adalah bahasa gaul kekinian yang seringkali populer dengan cepat di kalangan anak muda. Nah, Sebelum membahas arti kata Vroh, kita bahas dulu ya apa itu bahasa gaul. Pasti kata bahasa gaul sudah tak asing di telinga anda kan ? Bahasa Gaul adalah bahasa Indonesia nonformal yang digunakan oleh komunitas tertentu atau di daerah tertentu untuk tujuan pergaulan.

Bahasa gaul pada umumnya digunakan sebagai sarana komunikasi di antara remaja bersama kelompoknya selama kurun tertentu. Alasan mengapa hanya populer dalam kurun tertentu karena remaja memiliki bahasa tersendiri dalam mengungkapkan ekspresi diri. Sarana komunikasi tersebut diperlukan oleh kalangan remaja untuk menyampaikan hal-hal yang dianggap tertutup bagi kelompok usia lain atau agar pihak lain tidak dapat mengetahui apa yang sedang dibicarakannya. Masa remaja memiliki karakteristik antara lain petualangan, pengelompokan, dan kenakalan yang tercermin juga dalam bahasa mereka. Keinginan untuk membuat kelompok eksklusif menyebabkan mereka menciptakan bahasa rahasia (Sumarsana dan Partana, 2002:150).

Lihat juga arti bahasa gaul palkor

Asal Mula Kata Vroh

Nah, jadi seperti ini awal mula populernya kata Vroh. Kata Vroh berasal dari kata bro (dalam bahasa Inggris brother) yang artinya saudara laki-laki. Menurut beberapa komunitas anak gaul, ternyata perubahan huruf “B” pada kata “Bro” menjadi “V” itu ada hubungannya dengan kecanggihan teknologi yang lagi ramai saat ini.

Kecanggihan teknologi tersebut yaitu terlihat pada touchscreen pada smartphone. Seringkali seseorang mengetik sebuah kata dengan terburu-buru dengan jempol yang besar sedang layar keyborad yang kecil sehingga huruf yang di sentuh salah jadi sering terjadi typo. Contoh seringnya tpypo menulis kata yaitu pada kata “Bro ”, karena terlalu kecil ukuran keyboardnya dan juga buru-buru, sehingga huruf yang tersentuh bukan huruf “B”, melainkan huruf “V”, huruf yang ada persis di sebelah huruf “B” tanpa disadari salah mengetik. Memang jika dilihat dari posisi keyboard pada smartphone, alasan awal terjadinya typo dan populernya kata Vroh tersebut masuk akal. Posisi huruf “B” dan “V” pada keyboard Smartphone adalah berdampingan.

Arti kata Vroh Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

• Vroh

Kata vroh memiliki arti yg sama dengan bro (brother) yang artinya saudara laki-laki. yg sedikit di alay kan

• Vroh

Kata ini plesetan dari kata (bro) sejarah kata ini berawal dari seorang hacker yang salah ketik.

Faktor penyebab Populernya Kata Vroh

Fenomena kata Vroh ini pepuler karena kata tersebut digunakan pada media sosial. Seringkali kata Vroh tersebut digunakan pada gambar Meme untuk berkomentar. Kata Vroh juga semakin populer karena digunakan pada sebuah group atau komunitas yang anggotanya ribuan orang juga digunakan pada media sosial seperti facebook.

Dengan munculnya bahasa-bahasa gaul seperti Vroh tersebut menambah keramaian di dunia maya, di tambah lagi dengan fenomena komentar yang menggunakan gambar lucuyang ditambahkan dengan kata-kata yang sesuai dengan expresi yang ada pada gambar yang dikenal dengan meme.. Nah, yang sering menjadi korban meme dengan bahasa gaul tersebut adalah beberapa tokoh pejabat, artis, atlet. Biasanya meme tersebut dibuat dengan dengan tujuan untuk mengkritik orang lain, mengejek orang lain, namun tentunya meme yang dibuat tersebut hanya untuk lucu-lucuan dan memberikan kesan komedi.

Nah, apa itu meme ? Bagi anda yang belum tahu meme kami jelaskan dulu ya apa arti meme tersebut. Jadi meme itu kartun atau animasi yang menunjukkan ekspresi pembuat ragecomic tersebut. Nggak ngerti ragecomic juga? Okay, ragecomic di sini di artikan sebagai komik strip yang isinya pengalaman-pengalaman pribadi si pembuat dan di dalam ragecomic itu terdapat berbagai macam meme yang mewakili ekspresi dari pengalaman pembuat.

Contoh Kata Vroh Dalam Bahasa Gaul

Vroh masuk ke dalam bahasa gaul atau bahasa ABG yaitu ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak muda. Sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia. Berikut adalah contoh penggunaan kata Vroh yang saat ini populer :

Contoh :
Gimana vroh, jadi berangkat kemana kita?

Arti:
Vroh Adalah kalimat gaul anak meme yg di definisikan dari kata Bro/Broh.

Contoh:
Lu lagi ngapain vroh? Lagi buka 1cak
"Hari besok ada acara gak vroh ?Kalo gak ada acara maen yok"

Arti:
Vroh itu biasa disebut oleh anak meme yang diartikan sebagai kata panggilan Bro atau saudara laki-laki.

Contoh:
A : "lagi apa lu vroh?"
B : "lagi mandi nih bro."

Contoh:
apa kabar vroh ?

Arti:
bro (dalam bahasa inggris "brother")

Nah, itulah penjelasan lengkap kami tentang arti kata Vroh dalam sosmed, dan seluk beluknya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar