Arti Istilah Gaul 'Y X G Kuy'

Perkembangan dunia teknologi saat ini begitu pesat. Tak terkecuali dengan teknologi informasi dan komunikasi yang mendorong terciptanya berbagai media sosial yang saat ini sedang booming. Tak hanya itu, perkembangan teknologi pun turut menciptakan bahasa – bahasa yang dibilang bahasa gaul dan sulit untuk dipahami.

Pengertian Istilah Gaul 'Y X G Kuy'

Kemunculan media sosial yang sangat digemari anak muda saat ini seperti media Facebook, Twitter, Instagram, Path, hingga Kaskus. Dalam perkembangan tersebut, tak jarang juga muncul beberapa istilah yang sedikit membingungkan. Banyak anak muda yang menyebut bahasa tersebut dengan bahasa gaul.

Saat ini ada lagi istilah bahasa gaul yang baru, yaitu 'Y X G Kuy'. Jika dilihat bahasa ini sangat aneh, namun amat sering di gunakan oleh anak muda. Kata – kata seperti ini bisa Anda temukan dengan mudah di Facebook dan lainnya. Namun tahukah anda apa makna di balik kata – kata tersebut ?

Menurut informasi di internet, kata 'Y X G Kuy' sendiri berarti sebuah kalimat ajakan. Seperti kata kuy, yang berarti ayo atau mari. Kata 'Y X G Kuy' sendiri berarti ya kali ga kuy? Ketika seseorang berbicara seperti itu dengan Anda, berarti dia sedang mengajak Anda untuk melakukan sebuah aktivitas tertentu.

Misalnya ketika Anda sedang asyik membaca sebuah novel. Lalu teman Anda berbicara “kuy ke toko buku. Ada edisi baru dari serial trilogi ini”. Anda bisa menjawab “kuy yok. Ya kali ga kuy ?”
Atau contoh yang lainnya :

Siti : hari ini sangat panas bukan ? Beli es cincaulah, kuy.”
Amir : kuy kuy, yxg kui siti.”

Penggunaan kata ini termasuk hal yang biasa di kalangan anak muda. Namun jika Anda mengajak sesorang yang lebih tua dengan kalimat di atas sangatlah tidak sopan. Orang lain yang tidak pernah mendengar kalimat tersebut pastilah tidak mengetahui apa maksud dari percakapan Anda dan bagaimana harus menanggapi.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memillah-milah dengan siapa Anda bicara. Tidak semua orang mengerti maksud dari kata tersebut. Mungkin jika teman Anda adalah anak yang terbiasa menggunakan bahasa gaul, maka dia telah terbiasa dan mengerti maksud ajakan Anda itu.

Cara Yang Sopan Untuk Menolak Ajakan Seseorang

Ketika seseorang sedang mengajak Anda, entah dengan ucapan yang biasa atau dengan kalimat 'Y X G Kuy' maka Anda harus bisa menentukan sikap. Apakah Anda akan menyetujui ajakan tersebut atau lebih baik menolaknya saja.

Dalam menolak tawaran seseorang, Anda juga harus menolak dengan cara yang baik. Jangan sampai Anda menolak ajakan seseorang dengan kalimat yang tidak baik dan sampai menyinggung perasaan orang tersebut.

Untuk mencegah hal tersebut, di artikel ini kami akan memberikan tips – tip bagaimana cara terbaik untuk menolak ajakan seseorang tersebut, entah itu teman atau pun pacar.

KUY
KUY

1. Pastikan terlebih dahulu teman anda mengajak untuk apa
Apabila teman Anda mengajak untuk melakukan sesuatu, Anda harus memastikan kegiatan apa itu. Di mana kegiatan itu dan dengan siapa kegiatan itu. Apabila teman Anda mengajak menggunakan bahasa 'y x g kuy' maka Anda harus memastikan maksud teman Anda.
Jika hak tersebut positif Anda bisa menyetujuinya. Namun jika Anda tidak menyukainya, maka Anda baru bisa menolaknya saat itu juga.

2. Menolak ajakan disertai dengan pujian
Agar teman Anda tidak tersinggung dengan tolakan, Anda bisa menolaknya dengan pujian. Hal ini dimaksudkan agar teman Anda tidak kecewa dengan tolakan Anda tersebut sehingga suasana tetap terasa nyaman. Misalnya saja :

Siti : Amir ayo makan ayam di warung sebelah kampus itu. Kudengar ayamnya enak. Kuy kuy.
Amir : wah sepertinya enak ya. Tapi tugasku belum selesai ini, harus dikumpulkan nanti jam satu. Mungkin lain hari saja siti.

Atau ketika Anda di ajak untuk bergabung ke sebuah organisasi, Anda juga bisa menolaknya walaupun Anda aktif berorganisasi. Anda bisa mengatakan, “ Kedengarannya bagus. Kudengar IPP berhasil menjaring anggota paling banyak tahun ini, tapi maaf aku belum bisa ikut malam keakraban. Aku ada acara di malam itu. Aku sedih tidak bisa ikut.”

3. Menolak dengan tegas disertai alasan yang meyakinkan
Untuk cara ini bisa Anda lakukan ketika teman Anda terus menerus untuk mengajak Anda. Jika tolakan halus selalu gagal, maka Anda bisa menolaknya dengan tegas. Seperti contoh di bawah ini :

Amira : wah, film ini bagus sekali ya. Kuy Mira kita ke bioskop nanti siang. Tak sabar melihat film ini.
Siti : iya, kelihatannya sangat bagus. Tapi maaf aku tak bisa, aku sudah ada janji.
Amira : ayolah Siti. Setelah janjianmu itu selesai. Kuy lah ?
Siti : maaf Amira. Aku tidak bisa nanti sore, aku sudah ada janji dengan saudaraku.

Tidak ada komentar