Arti Kata Gaul Dari Flashback ternyata ini

Ketika Anda berjalan di suatu tempat, pernahkah Anda merasa jika sudah pernah berada di sana, melakukan aktivitas tersebut, bahkan dengan orang – orang itu? Bagi Anda yang anak muda gaul pastinya familiar dengan istilah flashback bukan? Yup, flashback merupakan istilah yang tepat untuk menganalogikan keadaan diatas.

Lantas, apa arti kata gaul flashback sebenarnya? Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Flashback


Makna Dari Kata Gaul Flashback

Bagi anak muda zaman sekarang, kata flashback biasanya dihubungkan dengan mantan pacar dan kejadian di masa lalu saat pacaran. Ketika Anda bertemu dengan mantan pacar di sebuah toko lalu Anda kembali mengenang masa lalu saat masih bersamanya, Anda bisa mengatakan bahwa Anda sedang berflashback.

Namun jika dari segi terminologi, apa makna dari kata flashback yang belakangan ini marak di gunakan anak muda ? Apakah hanya sekedar masa lalu percintaan ?

1. Menurut Kamus Besar Bahas Indonesia, kata flashback sendiri berarti cerita – cerita tentang masa lalu, entah itu cerita cinta atau pun sebuah sejarah.

Misalnya saja :
- Tadi gue ketemu mantan di jalan. Gue jadi langsung flashback ke masa lalu pas dia care banget sama gue.
- Ada pentingnya kita flashback ke masa soekarno, di mana saat itu kita dituntut untuk tegas terhadap kerasnya arus perkembangan dunia.

2. Menurut pakar bahasa, kata flashback berarti mengingat masa lalu. Ini berarti saat Anda mengingat suatu kejadian di masa lalu baik itu sengaja maupun tidak disengaja maka itu termasuk flashback.

Misalnya :
- Dia ganteng ya. Jadi flashback pas dia kecil dulu, orangnya kecil dan tidak terawat.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Mengalami Flashback ?

Mengingat suatu kejadian di masa lalu memanglah sesuatu yang dianggap wajar. Namun bagi beberapa orang yang memiliki masa lalu yang kelam dan suatu ketika flashback tentang hal tersebut sulit untuk menghilangkan pikiran tersebut dikarenakan trauma bahkan terbayang – bayang dalam setiap kegiatan yang ia hadapi.

Setiap orang yang mengalami flashback memang memiliki cara yang berbeda – beda untuk menanggapinya. Jadi bagaimana cara yang baik untuk menanggapi sebuah flashback ?

1. Analisa Segala Permasalahan Yang Ada

Flashback terhadap masa lalu memanglah hal yang wajar. Namun satu hal yang terpenting yaitu bagaimana cara kita menghadapinya. Meskipun masa lalu yang kita ingat itu merupakan sesuatu yang tidak enak untuk diingat, namun Anda harus bisa menganalisa ingatan itu dari sudut pandang yang lain agar bisa mendapatkan suatu kesimpulan yang berbeda.

2. Biarkan Flashback Itu Mengalir Seperti Sungai

Entah itu kenangan yang baik maupun kenangan yang buruk, biarkanlah ingatan itu mengalir seperti apa adanya layaknya sunagi yang mengalir. Setiap kejadian yang terjadi pastilah sesuatu yang sudah ditetapkan oleh Tuhan. Setiap kejadian yang sudah berlalu pasti merupakan akhir dan awal dari sebuah perjalanan.

Mungkin saja Anda berpisah dengan kekasih karena Anda akan dipertemukan dengan seseorang yang lebih baik daripada mantan kekasih Anda. Yang terpenting Anda harus selalu berpikiran positif terhadap apa yang telah terjadi.

3. Menghadapi Masa Lalu Dengan Tegas

Apakah teringat masa lalu membuat Anda kembali lemah ? Jika demikian, maka Anda salah. Memiliki masa lalu seharusnya membuat Anda semakin tegar menghadapi kehidupan karena Anda semakin memperbanyak pengalaman tentang suatu hal.

Cara terbaik untuk melawan masa lalu ialah dengan menghadapinya secara tegas, bukan dengan menangisinya. Hal ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang kuat dan lebih baik lagi.

4. Menerima, Memaafkan, Dan Melupakan

Jika flashback membuat Anda kembali terbayang – bayang oleh masa lalu, baik itu kenangan indah ataupun hitam, Anda harus bisa mengikhlaskannya. Caranya, Anda harus menerima apa yang telah terjadi, baik atau pun buruk..

Kedua, jika Anda melakukan suatu kesalahan di masa lalu yang Anda ingat, Anda harus memaafkan kesalahan tersebut. Dengan memaafkan diri sendiri Anda akan menjadi lebih kuat dan tegar.

Terakhir ialah Anda harus melupakan. Bukan melupakan sepenuhnya, namun Anda harus tetap berjalan ke depan, tidak hanya berdiam diri menangisi masa lalu. Menjadikan masa lalu sebagai guru terbaik dalam kehidupan adalah hal yang mulia.

lihat juga: Arti Kata Naif

5. Memfokuskan Diri Dengan Kehidupan Sekarang

Flashback terhadap kejadian masa lalu memang tidak bisa diprediksi kapan dan di mana itu akan terjadi. Ketika Anda flashback terhadap suatu kejadian yang menyenangkan, misalnya kenangan masa kecil, terkadang Anda bisa menginginkan masa itu kembali.

Ketika Anda hanya tahu main dan makan, belum memiliki sebuah beban yang berat di pundak Anda. Hal ini bisa terjadi ketika Anda mengalami stress dan tekanan di sebuah lingkungan.

Namun Anda juga harus mengingat bahwa kini Anda juga memiliki kehidupan yang sudah di jalani dan merupakan sebuah kelanjutan dari masa kecil Anda. Oleh karena itu, fokus dengan kehidupan sekarang lebih bagus daripada hanya memikirkan masa lalu.

Demikianlah pembahasan mengenai arti kata gaul dari flashback yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat.

demikian Tentang "Arti Kata Gaul Dari Flashback ternyata ini"

Tidak ada komentar