Arti Kata Gaul PMS

Ketika Anda memiliki teman perempuan, dan mendadak dia suka marah tidak jelas atau menangis tiba – tiba tanpa sebab, pastinya anda merasa panik atau bingung bukan? Nah, sebenarnya apa yang sedang terjadi, mengapa ia bisa begitu? Nah, itulah yang disebut dengan PMS. Mau tahu apa arti kata gaul PMS ini?

orang lagi PMS
orang lagi PMS
Arti Kata Gaul PMS:

Kemajuan teknologi, nyatanya membuat perkembangan kata gaul juga semakin berkembang. Kebanyakan kata gaul berasal dari kebiasaan-kebiasaan anak muda atau pun kata-kata yang sedang trending, baik itu di media televisi, ataupun internet. Contohnya adalah istilah PMS yang notabene merupakan kata di bidang kesehatan.

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata PMS merupakan singkatan dari Pre Menstruasi Syndrom, di mana masa menjelang datang bulan, yang ditandai dengan pemarah, tekanan darah naik, sakit kepala.

2. Menurut kitab gaul masa kini, PMS merupakan pre menstruasi dimana sering digunakan para perempuan sebagai alasan ketika marah – marah tidak jelas.

Misalnya :
Wiwi : minggir minggir. Kalau duduk jangan di tengah jalan. Ini tempat umum.
Tono : santai dikit kenapa sih ? PMS ya ?
Wiwi : iya kenapa ? Udah tau nanya. Minggir sana.

3. Menurut seorang ahli, Proverawati, PMS atau Pre Menstruasi Syndrom adalah berbagai gejala fisik, psikologis, dan emosional yang terkait dengan perubahan hormonal karena siklus menstruasi.

Setelah mengetahui apa makna sebenarnya dari PMS, ada baiknya Anda mengetahui ciri – ciri seorang wanita saat sedang mengalami PMS dan bagaimana cara terbaik untuk menghadapinya.

Ciri – Ciri Seorang Wanita Yang Sedang PMS

Jika Anda seorang wanita, ada baiknya Anda mengetahui ciri – ciri PMS agar ANDA bisa memposisikan diri saat sedang mengalaminya. Biasanya saat seorang wanita sedang mengalami PMS, ada dua gangguan yang terjadi yaitu :

1. Gangguan fisik

Saat Anda mengalami PMS, terkadang banyak yang dikeluhkan oleh para wanita. Mulai dari payudara sakit, perut kembung, sakit punggung dan pinggang, sembelit, pusing, pingsan, sakit kepala, tidak nafsu makan, muntah – muntah, pucat, mudah merasa lelah, hingga masalah kulit yang biasanya berupa jerawat yang tumbuh tidak terkendali.

2. Gangguan psikologis

Pada kalimat sebelumnya, telah dijelaskan jika Anda melihat seorang wanita marah – marah tanpa sebab Anda langsung mengira jika ia sedang mengalami PMS. Untuk lebih jelasnya, PMS juga menyebabkan seseorang mengalami gangguan psikologis. Apa saja hal tersebut ?

- Ketegangan. Hal ini sering terjadi pada wanita yang mengalami PMS. Ketika Anda tegang ketika sedang menghadapi dosen killer di kelas, Anda akan merasa sangat panas dan kaku.

Pada saat itu, Anda sedang mengalami ketegangan mental yang menyebabkan otot – otot di tubuh terasa kaku dan tegang, sendi tubuh sulit digerakkan sehingga anggota gerak serasa lumpuh.

- Pemarah. Gangguan psikologis yang satu ini sangat mudah dijumpai pada sebagian wanita yang sedang mengalami PMS. Ketika Anda sedang berjalan tiba – tiba Anda akan merasa jengkel dengan teman Anda yang sedang duduk santai di depan pintu.

Sifat marah tanpa sebab ini merupakan luapan emosi yang terbentuk dari rasa tegang dalam tubuh. Dalam kondisi yang buruk, rasa marah bisa berakhir dengan kekerasan fisik misalnya menarik rambut seseorang.

- Lesu. Sikap ini sangat mudah terlihat bagi wanita yang sedang mengalami PMS. Selama beberapa hari mungkin Anda akan merasa lesu, lemas, dan tidak bertenaga. Hal ini dikarenakan banyak darah kotor yang keluar dari tubuh Anda sehingga membuat cadangan darah di tubuh berkurang.

- Depresi. Ini merupakan gejala umum dari PMS. Saat PMS Anda bisa menjadi seorang yang labil. Di hari biasanya Anda merupakan seseorang yang tenang, tapi ketika PMS bisa saja menjadi seseorang yang berantakan.

lihat juga: Cara Mengaktifkan ads.txt kustom untuk Blogger Monetisasi

Meredakan Gejala PMS

Untuk mengurangi gangguan – gangguan di atas, ada baiknya Anda melakukan sesuatu agar bisa mengontrol fisik atau pun emosi dengan baik. Lantas apa yang harus Anda lakukan ?

1. Anda bisa mengkonsumsi obat – obatan pereda emosi. Ketika Anda merasa depresi berlebihan seperti sedih yang berlarut – larut tanpa penyebab yang pasti Anda bisa mengkonsumsi obat pereda emosi. Ketika Anda merasa sakit perut dan lemas, Anda bisa mengkonsumsi jamu- jamuan pereda sakit hingga pil penambah darah.

2. Melakukan diet. Jika Anda merasa mudah tersinggung dan gelisah, Anda bisa mengurangi konsumsi kafein. Jika mengalami kembung saat PMS, maka Anda bisa mengkonsumsi garam pada makanan ringan.

Mengurangi konsumsi makanan ringan yang mengandung garam. Jika merasa lesu dan tidak bertenaga Anda bisa memeperbanyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi atau pun roti.

3. Senam aerobik. Ada baiknya Anda melakukan senam ini selama 30 menit selama anda mengalami PMS. Saat senam, otot – otot Anda yang semula tegang akan menjadi lebih rilex.

Demikianlah ulasan singkat mengenai arti kata gaul PMS dan cara menghadapinya. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat.

Tidak ada komentar