BangPurba.com

Tutorial, informasi, pendidikan, ilmu pengetahuan pendidikan hiburan lirik lagu, gambar dan animasi dan lain-lain

proses pembentukan janin hingga jadi bayi dalam kandungan


Diupload pada 19 Mei 2011
Pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim sangat dipengaruhi oleh kesehatan ibu, keadaan janin itu sendiri, dan plasenta sebagai akar yang akan memberikan nutrisi. Umur janin yang sebenarnya dihitung dari saat fertilisasi atau sekurang-kurangnya dari saat ovulasi.
Pertumbuhan hasil konsepsi dibedakan menjadi tiga tahap penting, yaitu:
1). Tingkat ovum (telur) umur 0-2 minggu, dimana hasil konsepsi belum tampak berbentuk dalam pertumbuhan,
2). Embrio (mudigah) antara umur 3-5 minggudan sudah terdapat rancangan bentuk alat-alat tubuh,
3). Janin (fetus) sudah berbentuk manusia dan berumur di atas 5 minggu.
Secara rinci pertumbuhan dan perkembangan janin hasil konsepsi adalah sebagai berikut :
1). Minggu 0, sperma membuahi ovum yang kemudian masuk ke dalam uterus menempel sekitar hari ke-11.
2). Minggu ke-4 atau bulan ke-1, bagian tubuh pertama muncul yang kemudian akan menjadi tulang belakang, otak, dan saraf tulang belakang, jantung, sirkulasi darah dan saluran pencernaan terbentuk. Embrio kurang dari 0,64 cm.
3). Minggu ke-8 atau bulan ke-2, perkembangan cepat. Jantung mulai memompa darah. Anggota badan terbentuk dengan baik. Perut muka dan bagian utama otak dapat dilihat. Telinga terbentuk dari lipatan kulit tulang dan otot yang kecil terbentuk di bawah kulit.
4). Minggu ke-12 atau bulan ke-3, embrio menjadi janin. Denyut jantung dapat terlihat dengan USG. Diperkirakan lebih berbentuk manusia karena tubuh berkembang. Gerakan pertama dimulai selama minggu ke-12. Jenis kelamin dapat diketahui. Ginjal memproduksi urin.


Diupload pada 31 Agt 2011

proses terbentuknya janin, dimana ribuan sel sperma berlomba-lomba menuju ke sel telur untuk membuahi,tapi hanya satu saja pemenangnya

Diupload pada 6 Nov 2011

Animasi pengenalan sistem reproduksi wanita yang menerangkan secara audio visual mengenai alat reproduksi wanita dan proses-proses didalamnya seperti:
- Proses pembentukan sel telur
- Proses menstruasi
- Siklus reproduksi wanita
- Proses pembuahan
- proses kehamilan dan persalinan

Video ini disarikan dari VCD Animasi 3D Alat Reproduksi Wanita oleh BKKBN.

Wanita peduli kesehatan

bagaimanakah janin memperoleh makanan??
Jauh sebelum kita dilahirkan ke dunia, ibu yang mengandung kita telah memenuhi kebutuhan kita ketika itu kita masih dalam janin. Seorang ibu berjuang kurang lebih selama Sembilan bulan memenuhi kebutuhan makanan dan minuman yang kita butuhkan. Dan setelah kita lahir ibu merawat kita tidak kenal lelah demi menjaga buah hatinya.

Kali ini kita akan focus membahas bagaimana proses ibu kita memberikan makanan dan minuman kepada kita, saat kita masih janin. Dengan mengetahui bagaimana janin memperoleh makanan akan membuat kita lebih sadar dan lebih menyayangi ibu yang mengandung kita kurang lebih Sembilan bulan lamanya.

Janin menerima semua zat hara dan oksigen dari pasokan darah ibunya. Tetapi, darah janin itu tak pernah langsung bercampur dengan darah ibunya. Janin membuat darah sendiri, yang mengalir lewat tali pusar menuju plasenta.

Bagian bawah plasenta tertanam ke dinding rahim. Pembuluh darah menghubungkan plasenta dengan jaringan rahim lewat tonjolan-tonjolan mirip jari yang disebut vilus korion. Di sekitar vilus korion, yaitu di sela intervilus, terdapat darah ibu. Melalui suatu lapisan jaringan tipis yang disebut trofoblas, ibu dan janin mempertukarkan zat hara, gas-gas dan sisa buangan.

Makanan dan oksigen dari ibu merembes lewat trofoblas ke vena janin, dan sisa metabolisme disalurkan dari janin ke darah ibu untuk dibuang.

Tali Pusar

Di dalam tali pusar terdapat dua arteri dan satu vena yang menghubungkan janin dengan plasenta. Tali ini berbentuk spiral (tidak lurus seperti selang), panjang, dan cukup lentur sehingga tetap aman sewaktu janin bergerak. Ketika bayi itu lahir dan dapat bernapas serta makan sendiri, tali itu dipotong, dan meninggalkan bekas di perut, disebut pusar.a
Author Profile

About Admin

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar

Follow by Email