lama kematangan sperma

permatozoa adalah nama yang diberikan pada sel reproduksi pria. Fungsinya melakukan pembuahan melalui penyatuan dengan sel telur.
Pria memproduksi sekitar 400 juta sel sperma dalam setiap ejakulasi. Sperma ini dikelilingi oleh cairan mani, yang melindunginya dari keasaman vagina. Produksi sperma yang mencapai 10-30 biliun setiap bulan terjadi di saluran air mani dalam testis. Kemudian sperma yang baru terbentuk berjalan melalui saluran air mani menuju ke epididimis yang terletak di belakang testis.

 Epididimis ini bertindak sebagai tempat penyimpanan dan perkembangan. Di sini, sperma perlu waktu 60-75 jam untuk mencapai kematangan penuh. Sperma matang ini akan menunggu selama 4 minggu. Bila selama kurun waktu itu tidak digunakan, maka sperma akan diserap kembali oleh tubuh. Sebaliknya dengan tiga atau empat kali ejakulasi dalam tempo 12 jam, epididimis dapat dikosongkan. Dalam waktu dua hari, epididimis akan berisi kembali.


Berapa Lama Sperma dapat Hidup didalam Rahim Wanita?
Jawabannya tergantung pada banyak variabel, baik dari komposisi metabolik (kualitas) sperma, lingkungan vagina (temperatur tubuh, level keasaman (ph), kehadiran lendir serviks/cm, kualitas lendir serviks, kemampuan sperma untuk berenang maju dari vagina menuju saluran sel telur, dan kehadiran antibodi sperma dalam tubuh wanita. Pada kondisi yang ideal, sperma dapat hidup antara 3 – 6 hari.  Dalam banyak kasus, beberapa faktor dapat mengurangi usia hidup sperma.

Sperma sangat kecil, tak terlihat oleh mata telanjang, dan perjalanan yang harus dilakukannya dapat diperbandingkan dengan manusia yang harus berenang dari Los Angeles ke Hawaii. Bukanlah perjalanan yang mudah, dibandingkan jauhnya jarak tempuh dengan ukurannya yang sangat mikroskopik. Perjalanan dimulai dari tubuh pria – butuh beberapa bulan bagi sel sperma untuk terbentuk dan matang. Untuk meningkatkan kesehatan sperma dan perkembangannya yang normal, kecukupan nutrisi dan antioksidan adalah hal yang sangat vital.  Gaya hidup sehat, menghindari kebiasaan yang memperburuk kondisi sperma seperti merokok dan alkohol, adalah penting untuk menciptakan sel-sel sperma yang kuat untuk dapat mengarungi perjalanan beratnya kelak.

Saat penetrasi dan pria mengalami puncak ejakulasi, sperma akan masuk ke dalam vagina wanita. Perjalanan berlanjut, sperma berenang melalui rahim dengan bantuan lendir serviks dalam rahim wanita, dan terus bergerak menuju saluran sel telur. Jika ia tidak segera tiba disana dalam beberapa jam, sebagian besar akan berakhir mati.

Jika lendir serviks wanita ada dan baik, usia sperma akan lebih panjang. Lendir serviks adalah bagian penting dari proses kehamilan. Lendir serviks (CM/Cervical Mucus) melindungi sperma dari Acid (keasaman) vagina. Lingkungan Acid vagina dapat menghentikan pergerakan sperma. Lendir serviks yang diproduksi tubuh dapat melindungi sperma dari acid tersebut. Lendir serviks juga membantu sperma untk berenang ke tuba falopi dari rahim untuk mencapai telur. Lendir serviks yang baik juga dapat mendeteksi sperma yang abnormal dan mencegah mereka mendekati sel telur. FertileCM membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas lendir serviks yang baik untuk membantu sperma melaksanakan tugasnya. oleh  +Rinal Purba

Bila si sperma beruntung, ia masuk ke saluran telur yang benar, pada saat yang tepat ketika wanita berada pada kondisi paling subur, telur matang, dan pembuahan dapat terjadi. Namun bila belum ada telur yang matang, mereka harus menunggu sekitar waktu ovulasi, saat telur jatuh. Dalam beberapa kasus, sperma sehat dapat bertahan di rahim sekitar 3 hari. Bisa sampai 5 hari pada sperma yang sangat kuat dan sehat, namun jarang.

terima kasih

Tidak ada komentar