Nama sungai di simalungun sumatera utara

Di simalungun banyak namanya sungai, namun kebanyakan sungai di dahului dengan kata Bah, Bah itu sendiri bahasa Simalungun yang mempunyai arti Air. di beberapa daerah sungai menjadi peran penting untuk kehidupan masyarakat simalungun dalam memaksimalkan mata pencaharianya. Sungai dimanfaatkan sedemikian rupa sama halnya dengan di daerah-daerah lain di Indonesia seperti Untuk memelihara ikan, sebagai sarana transportasi dan lain-lain.

Sungai di simalungun juga di menfaatkan oleh banyak nelayan untuk menghasratkan hobi mereka, banyak ikan yang berada di bah simalungun dimana yang paling terkenal adalah Ikan Ihan. Ihan harganya sangat mahal dan biasa di pakai untuk Surduk-surduk dalam acara memberi berkah, atau sekedar seremonial mengharap kebaikan pada seseorang.

Dikota pematang siantar contohnya ada namanya Sungai bah bolon yang menyebrangi tengah kota. Namun kurangnya perwatan terhadap sungai ini sering menimbulkan petaka bagi warganya sendiri. terlebih lagi peran masyarakat di alam merawat sungai masih kurang seperti membuang sampah sembarangan. padahal peran sungai bagi masyarakat itu sendiri sangat penting contoh nya seperti pengairan sawah. Ayukkk kita Pelihara Sungai kita agar lebih bermanfaat lagi untuk sendiri.

Nama sungai di simalungun sumatera utara :

Sungai Lobang Kerasaan Simalungun
SUNGAI BAhJUKKAT
Bah bolon
Bah Tongguran
bah sidua ruang,
bah binoman,
bah kuwo,
bah hutailing,
bah biak,
Bah kayungan...
Bah birong,
Bah kapul
bahbutong,
bah aren,
bahjambi...
Bah pollung
Bah Mayu..
Bah Biag..
Bah Sigari.
Bah Karei.
Bah Kuwou .
Bah karei
Bah batuhu,
bah basini
bah sinanga
bah gumar
bah ambalotu
Bah aya..
Bah hassur
BAH SIGARI
Sungai Ular.
Bah sigari
sungai SIBAGARI !
Bah sinuan
Bah butong,
bah atturang,
bah birongulu
Bah Pacuncang,
 Bah Tapian.......
Bahbasini.
bah batuhu
bahsola
Bah sigulang-gulang

Anggo adong pe ibotoh nasiam sungai i simalungun boi do itambahi nasiam, Porini dong na ibotoh nasioan na donok ihuta nasiam tene dear Hita ase marbagi.

Tidak ada komentar