Pengertian kelincahan dalam olahraga

Pengertian Kelincahan adalah merupakan salah satu komponen fisik yang banyak dipergunakan dalam berbagai olahraga. Kelincahan pada umumnya didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengubah arah secara efektif ,cepat dan tepat, sambil berlari hampir dalam keadaan penuh (dengan sekuat tenaga). Kelincahan terjadi karena gerakan tenaga yang sangat ekplosif. Besarnya tenaga ditentukan oleh kekuatan dari kontraksi di serabut otot. Kecepatan otot tergantung dari kekuatan dan kontraksi serabut otot. Kecepatan kontraksi otot tergantung dari daya rekat serabut-serabut otot dan kecepatan transmisi impuls saraf. Kedua hal ini merupakan pembawaan atau bersifat genetis, atlet tidak akan dapat merubahnya ( menurut Baley, James A,  tahun 1986: 198).

kelincahan dalam olahraga itu sangat penting baik di dalam permainan sepak bola, bola voli, basket dan olah raga lainya, secara sederhana kelincahan dalam sehari-hari kita sering mengatakanya dari kata dasarnya lincah

Lincah sinonim dengan Gesit dan bahasa inggrisnya adalah Agility. Setiap orang ingin mempunyai kelincahan yang lebih tinggi dari pada teman-temanya. dari hal tersebut berarti kelincahan orang berbeda-beda tergantung cara dia termasuk keteraturan dia, disiplin, di tergantungan oleh makanan dan gizi dan faktor-faktor lainya.

Kelincahan akan berkurang jika kita dalam keadaan sakit, jika kita sakit kita tidak akan bisa lincah di dalam apapun itu, oleh karenan olahragapun kita akan menjadi malas.

Ciri-Ciri Latihan Kelincahan ( Agility ) : Dari pengertian latihan kelincahan diatas setiap latihannya memiliki ciri-ciri sebagai berikut;
  • Bentuk-bentuk latihannya harus ada gerakan merubah posisi dan arah badan.
  • Rangsangan terhadap pusat saraf sangat menentukan berhasil tidaknya suatu latihan kelincahan, mengingat koordinasi dan kecepatan merupakan unsur yang urgen bagi baiknya kelincahan.
  • Adanya rintanga-rintangan untuk bergerak dan mempersulit kondisi-kondisi alat,lapangan dsb.
  • Ada pedoman waktu yang pasti dalam latihan.
  • Cara Latihan Kelincahan / Bentuk Latihan Kelincahan
Menurut Kirkendall dkk (1980:243) kelincahan adalah kemampuan badan untuk mengubah arah tubuh atau bagian tubuh lainnya dengan sangat cepat dan efisien. Jadi kelincahan tidak hanya memerlukan suatu kecepatan saja, Bentuk latihan kelincahan dapat dilakukan dalam bentuk lari bolak-balik (shuttle-run), lari kulak-kelok (zig-zag run), jongkok-berdiri (squat-thrust), dan sejenis lainnya.

Kelincahan (agility) menurut Ngurah Nala (1998: 74) adalah merupakan kemampuan untuk mengubah posisi tubuh atau arah gerakan tubuh dengan cepat ketika sedang bergerak cepat tanpa kehilangan keseimbangan atau kesadaran terhadap posisi tubuh. Dalam komponen kelincahan ini sudah termasuk unsur mengelak dengan cepat, mengubah posisi tubuh dengan cepat, bergerak lalu berhenti dan dilanjutkan dengan bergerak secepatnya. Pendapat senada seperti yang diungkapkan oleh Sajoto (1995: 9) bahwa : “Kelincahan adalah kemampuan seseorang mengubah posisi di area tertentu. Seseorang yang mampu mengubah satu posisi yang berbeda dalam kecepatan tinggi dengan koordinasi yang baik, berarti kelincahannya cukup baik.

Zig Zag
Cara latihan kelincahan lari zig zag sambil menggiring bola agar kelincahan anda lebih terasa.kombinasikan kelincahan dan kecepatan dgn lari zig zag tanpa bola. Lakukan juga lari dgn loncatan agar dapat mendukung kekuatan pergelangan kaki anda, karena percuma aja kecepatan dan kelincahan tanpa kekuatan. Catatan: Gunakan stopwatch setiap kali latihan Lari zig zag menggunakan kerucut plastik. Jaraknya 2-3m.. -Istirahat dan makan harus teratur.

Melatih keseimbangan utnuk mempercepat kelincahan sangatlah di perlukan, oleh karenanya mulai sekarang jadilah orang yang teratur jika kamu ingin berhasil di dalam memelira kerutinan olahragamu.

Tidak ada komentar