Tips menjawab soal UNBK dengan cepat dan tepat agar lulus Ujian

Mulai dari tahun 2016-2017 UNBK hampir mengganti seluruh sistem ujian yang ada di Indonesia. Dari SD, SMP, SMA dan SMK perlahan-lahan mulai menggunakan UNBK ini. Hal ini merupakan wujud nyata dari perubahan sistem ujian yang tradisional dimana peserta ujian menggunakan pensil untuk mengerjakan ujian. Ujian tradisional juga biasanya memakan korban dimana jika seseorang salah memasukkan nama atau identitas maka nilainya tidak akan muncul sama sekali. Tetapi dengan menggunakan sistem UNBK ini akan meminimalisir hal tersebut, karena sistem login yang digunakan menggunakan sistem komputer.


Apa itu UNBK
UNBK atau kepanjangan dari Ujian Nasional Berbasis Komputer pertama kali di selenggarakan pada tahun 2014. UNBK merupakan inovasi dari UN yang telah lama berjalan hingga di gantikan oleh UNBK ini. UNBK mempunyai banyak perbedaan dengan UN karena menggunakan komputer, membuat sistem lebih cepat berjalan. Selain mempercepat waktu dengan menggunakan sistem UNBK, Kemdikbud dapat memperkecil kecurangan yang terjadi pada saat ujian berlangsung.

Dimana UNBK di terapkan
UNBK mulai mengubah ujian tradisional mulai dari awalnya tahun 2014 sampai sekarang. UNBK mulai masuk ke SD,SMP,SMA,SMK,Ujian Beasiswa Perusahaan dan Ujian lainnya. Untuk menyelenggarakan UNBK pada sekolah yang belum mempunyai komputer ujian, biasanya pemerintah akan memberikan dana pada sekolah untuk pembelian komputer dan keperluan lainnya. Tetapi bagi sekolah yang belum mempunyai komputer ujian, akan menumpang pada sekolah lainnya.

Mengapa UN di ganti oleh UNBK
UN di gantikan oleh UNBK karena mempunyai banyak nilai positif seperti kecepatan memeriksa soal, meminimalisir kecurangan, meminimalisir kesalahan dan banyak yang lainnya. Selain itu hal ini membuat calo jawaban ujian juga akan menjadi berkurang dan siswa akan menjadi terpacu belajar. Karena kemungkinan untuk berbuat curang menjadi kecil.

Bagaimana Cara menjawab soal UNBK
Agar dapat menjawab soal UNBK sangat mudah, tetapi untuk mendapatkan nilai yang tinggi itulah yang sulit. Nah berikut ini adalah Tips menjawab soal UNBK dengan cepat dan tepat agar lulus Ujian dengan nilai tinggi dengan cara yang jujur:

1. Belajar dengan soal tahun lalu
Kebanyakan soal Ujian itu berasal dari soal ujian lama atau tahun lalu yang di poles kembali. Mulai dari sekolah, tempat les dan banyak pengamat ujian setuju dengan hal ini. Oleh karena itu perbanyak membahas soal ujian tahun sebelumnya, di tambah lagi mencari-cari bahan pelajaran dari kisi-kisi yang di bagikan oleh pusat agar menambah update soal ujian nantinya. Baca juga: Kumpulan soal UNBK SD,SMP,SMA dan SMK Terbaru

2. Membawa perlengkapan dan persiapan
Walaupun Ujian Nasional Berbasis Komputer bukan berarti peserta tidak membawa pensil dan pulpen. Karena nantinya peserta akan mengisi form kertas juga seperti absen, tanda tangan dan lainnya, jadi bawalah alat tulis. Selain itu jangan lupa untuk membawa kartu ujian, karena tanpa itu peserta tidak bisa ujian nantinya.

3. Mengisi form Ujian
Karena peserta sudah belajar menggunakan metode pada point 1 tadi, penjelasan point ini sangatlah singkat. Peserta harus mengisi jawaban yang tertera pada komputer ujian mu dengan apa yang telah Peserta pelajari dan percaya dirilah.

4. Periska kembali dan Selesaikan Ujian
Sebelum menyelesaikan ujiannya periksa kembali apa yang sudah Peserta isi di form ujian tersebut. Jika semua sudah Peserta periksa dan Peserta rasa benar, tunggu ada teman ujian yang selesai juga lalu selesaikan ujian.

Tidak ada komentar