Mengapa Perusahaan Harus Menerapkan Competency Management System?

Karyawan sebagai sumber daya manusia di dalam perusahaan menjadi elemen paling penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Oleh sebab itu, penting pula bagi perusahaan untuk mengetahui kompetensi karyawan secara detail sehingga dapat memaksimalkan keterampilan yang dimiliki karyawan dengan tepat. Visi dan misi perusahaan akan sulit tercapai jika kompetensi karyawan tidak dikembangkan sesuai dengan bidangnya atau perusahaan tidak memiliki karyawan yang kompeten sesuai bidang usahanya.

Untuk mengetahui kompetensi karyawan dengan tepat, akurat, dan efektif, perusahaan membutuhkan sistem manajemen kompetensi atau Competency Management System. Sistem inilah yang akan mempermudah perusahaan mengetahui kompetensi karyawannya dan memaksimalkan dengan strategi yang tepat.

Pentingnya Competency Management System

Ada beberapa alasan mengapa sistem kompetensi manajemen ini sangat penting bagi perusahaan, diantaranya:

1. Memudahkan Perusahaan Mengidentifikasi Kinerja Karyawan

Sistem kompetensi manajemen ini mempermudah perusahaan untuk melakukan identifikasi kinerja yang dimiliki karyawan. Hal ini dikarenakan, database sistem akan menampilkan informasi secara rinci mengenai kinerja dan kompetensi yang dimiliki karyawan. Perusahaan dapat melihat keterampilan kerja yang dimiliki karyawan sehingga bisa mencarikan posisi yang lebih tepat lagi untuk memaksimalkan keterampilan yang dimiliki, demi pengembangan diri dan pencapaian tujuan perusahaan.

2. Memilihkan Pelatihan yang Tepat

Dengan sistem kompetensi manajemen yang ada, perusahaan bisa mengatur ulang jadwal pelatihan yang akan diberikan pada karyawan sesuai dengan minat dan kompetensi yang dimiliki karyawan. Dengan demikian, perusahaan bisa memilihkan tempat pelatihan terbaik yang tepat untuk karyawan yang bisa meningkatkan keterampilan dan pengembangan diri. Perusahaan juga bisa menghapuskan atau meniadakan pelatihan yang ternyata tidak diperlukan karyawan.

3. Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Perusahaan

Penggunaan sistem kompetensi manajemen akan membantu meningkatkan kinerja individu maupun tim dalam perusahaan. Karyawan dan perusahaan akan lebih bersinergi meningkatkan kinerja yang lebih baik sehingga tujuan perusahaan lebih mudah tercapai. Dengan sistem inilah, akan membantu perusahaan memutuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas kinerja karyawan.

Baca Juga : 8 Langkah Praktis dalam Menerapkan Sistem Manajemen Kompetensi

4. Menjamin Jenjang Karir Karyawan

Tak hanya menguntungkan bagi perusahaan, sistem kompetensi manajemen juga menguntungkan karyawan. Sistem manajemen tersebut akan membantu perusahaan memberikan dukungan yang sesuai kepada karyawannya, khususnya berkaitan dengan jenjang karir karyawan ke depan. Karyawan tidak hanya bekerja untuk kepentingan perusahaan, namun bisa mengembangkan diri secara pribadi melalui dukungan perusahaan sesuai bidang yang dimintai.

5. Mengurangi Resiko Kesalahan Perekrutan Karyawan Baru

Penting bagi perusahaan menggunakan sistem kompetensi manajemen untuk meminimalisir resiko kesalahan saat perekrutan karyawan baru. Hal ini karena perusahaan sudah memiliki standar kompetensi karyawan yang dibutuhkan perusahaan. Perusahaan akan berfokus mencari karyawan baru yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Demikianlah beberapa alasan mengapa perusahaan harus menerapkan sistem kompetensi manajemen untuk perusahaannya.

Salah satu competency management system yang sudah teruji kemampuan nya adalah Software competency management system dari LinovHR, Dengan competency management system LinovHR manajemen akan dapat dengan mudah mengukur secara komperhensif kompetensi apa saja yang harus dikuasai berdasarkan kebutuhan masing-masing unit kerja.

Tidak ada komentar