-->

BangPurba.com

Tutorial, informasi, pendidikan, ilmu pengetahuan pendidikan hiburan lirik lagu, gambar dan animasi dan lain-lain

cara berternak kambing etawa cepat menghasilkan

 Sobat Bangpurba.com dizaman yang serba modern ini wirausaha yang cukup menjanjikan sangatlah banyak bisa kita pelajari untuk mendapatkan peluang usaha, dan dapat menghasilkan pundi pundi rupiah bukan.dan kali ini kami akan membahas peluang usaha yang cukup menjanjikan yang dapat dilakukan oleh kelompok atau pun perorangan.

cara berternak kambing etawa cepat menghasilkan


Ada beberapa peluang yang cukup mudah untuk kita jalankan salah satunya adalah berternak kambing etawa. Kambing etawa sendiri berasal dari persilangan antara kambing jamnapari dari india dan kambing lokal dari indonesia. biasanya sering disebut kambing (PE).

1. keunggulan kambing etawa 

Bukan hanya memiliki nilai jual yang tinggi kambing etawa sendiri memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kambing yang lainya antara lain sebagai berikut

  • Postur besar dan tinggi
  • Harga jual tinggi 
  • Mudah beradaptasi dilingkungan baru
  • Memiliki tubuh yang tebal
  • Dapat menghasilkan bibit unggul
  • Bulu pelindung tebal
  • Mudah dalam urusan pakan

2. Cara perawatan Kambing Etawa

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam berternak kambing etawa ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan yaitu dalam masalah perawatan . apapun usaha anda langkah ini sangat penting untuk diperhatikan.

A.Pemberian Pakan kambing Etawa


Pemberian pakan ini tergantung dari jenis apa pakan yang anda berikan ,Jika pakan yang anda berikan pakan hijauan anda dapat memberinya cukup 2x sehari saja. kemudian anda dapat memberikan selingan sentrat disore hari. komboran diberikan setiap sore, hal ini perlu diperhatikan untuk pemenuhan kebutuhan.


B. Perawatan kambing 


Hal lain yang perlu diketahui adalah anda harus rajin memperhatikan keadaan kambing dan kandang kambing tersebut. ada beberapa tahapan dalam perawatan kambing anda yaitu menjaga kebersihan kambing, mencukur bulu, membersihkan kuku kambing, memberikan minuman vitamin penunjang bagi kesehatan kambing.

C. Memandikan Ternak Kambing


Kambing dimandikan sebanyak dua kali dalam sebulan. ternak yang tidak pernah dimandikan akan lebih mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Tujuan memandikan ternak anda juga mengurangi bau pada kambing dan menghilangkan kotoran yang menempel ditubuh kambing.

Tujuan dari perawatan kambing adalah supaya bisa mencegah penyakit yang ingin bersarang pada kuku atau bulunya. Selain itu, ternak yang bersih akan terlihat lebih sehat dan menarik, sehingga memiliki harga jual yang lebih tinggi.

3. Produksi Kambing Etawa


Kambing etawa mampu melahirkan dua sampai tiga kali dalam waktu dua tahun dimana sekali masa kehamilan rata-rata melahirkan 1–3 anak kambing. Ketika kambing memasuki musim kawin, kambing etawa betina bisa dikategorikan cukup dewasa setelah berumur 6 bulan, dan siap dikawinkan ketika telah berumur 10–12 bulan.

Pada Umumnya lama waktu birahi kambing etawa sekitar 1–2 hari, dengan siklus birahi yang berselang selama 2–3 minggu.

Adapun Ciri-ciri kambing yang sedang memasuki musim kawin bisa dilihat dari tingkah lakunya, yaitu terlihat gelisah, nafsu makan dan minum turun, selalu mengibaskan ekornya, sering kencing, serta organ kemaluannya akan bengkak dan basah.

Jika tanda — tanda di atas terlihat, maka anda harus segera mengawinkan kambing betina, baik dengan cara langsung maupun dengan suntik kawin atau inseminasi buatan (IB).

4.Panen Hewan Ternak


Kambing etawa dapat diproduksi kisaran umur 1 sampai dua tahun untuk hewan kurban harganya pun berfariasi, paling murahnya kisaran 1,8juta rupah hingga dengan 4juta rupiah. jadi dalam 1 tahun kita juga sudah bisa mendapatkan uang dari berternak kambing etawa tersebut, namun dalam ilmu berternak tidak semudah yang kita bayangkan perlu kesabaran dan keuletan dalam memelihara ternak.

kambing etawa ini sangat banyak yang berminat terutama menjelang hari raya qurban, dan bagi para pedagang sate kambing. Jika anda ingin mencobanya ada baiknya anda memperhatikan hal hal diatas.


Bukan hanya kambingnya yang dapat menghasilkan uang namun juga kotorannya juga dapat kita gunakan menjadi pupuk tanaman seperti sayuran dan tanaman lainya, bahkan kotoran kambing ini juga memiliki harga yang cukup tinggi. jadi ada banyak keuntungan jika kita mulai usaha berternak kambing etawa bukan.

sekian tentang usaha berternak kambing etawa yang bisa kita lakukan dirumh
Author Profile

About ADMIN

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

1 komentar:

  1. Unik gan,,😁😁😁
    nyari info film bisa di https://www.cinematechno.com

    BalasHapus

Follow by Email

close